Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI "PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL"


Disusun Oleh :
Annisa Apriliani (XI AP 2)



Pernyataan Umum :
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunaannya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk majalah, forum, internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat, dan bookmark sosial.


Urutan Sebab-akibat :
Media sosial mempunyai ciri-ciri yaitu pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang karena bisa disampaikan bebas dan cenderung lebih cepat di banding media lainnya dan penerima pesan bisa menentukan waktu interaksi.


Urutan Sebab-akibat :
Dunia maya atau media sosial pada zaman sekarang ini sudah menjadi sebuah dunia yang paling sering dikunjungi oleh para remaja zaman sekarang. Dampak positif sosial media yaitu internet sebagai komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan karena dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Akibat dari pengaruh yang begitu besar terhadap penggunaannya membuat para pendidik harus memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan para generasi menjadi pengguna internet yang bijak serta baik. Dampak negatifnya yaitu merusak moral, mental, cara berpikir dan kerugian finansial.


Urutan Sebab-akibat :

Untuk mengatasi dampak negatif, situs pertemanan di media sosial yaitu mengatasi efek candu dan tidak realistis, mengatasi efek lupa diri, mengatasi efek kebohongan, mengatasi efek pikiran negatif dan mengatasu efek berbangga diri. Untuk memanfaatkan media sosial bisa dengan membuat blog karena blog jauh lebih menarik untuk digeluti dan ternyata blog lebih bisa memberikan wawasan yang luas dan bisa belajar dengan sesama blogger ntuk berbagai hal.



Sumber : 
- https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
- http://freenzynia.blogspot.co.id/2011/02/makalah-tentang-dunia-maya-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar