Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 16 Mei 2016

Teks Eksplanasi 'Lumpur Lapindo Sidoarjo'



LUMPUR LAPINDO SIDOARJO
DISUSUN OLEH: SITI NURUL AINI
Banjir lumpur panas Sidoarjo, juga dikenal dengan sebutan Lumpur Lapindo (LuLa) atau Lumpur Sidoarjo (LuSi) adalh peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. semburan lumpur panas tersebut diakibatkan oleh aktivitas pengeboran.
Ada 3 aspek yang menyebabkan terjadinya semburan panas lumpur diakibatkan oleh aktivitas pengeboran yaitu :
Pertama, adalah aspek teknis. menyatakan bahwa pemicu semburan lumpur adalah gempa yogyakarta yang menyebabkan kerusakan sedimen.
Kedua, aspek ekonomis. Lapindo Brantas Inc, adalah perusahaan yang melakukan pengeboran minyak dan gas bumi. Lapindo sengaja menghemat biaya operasional dengan tidak memasang casing. Pada saat terjadi underground blow out mata bor berusaha ditarik ke luar sehingga lumpur yang ada di perut bumi menyembur keluar tanpa kendali.
Ketiga, aspek politis. sebagai legalitas usaha, Lapindo telah mendapatkan izin usaha kontrak bagi hasil/production sharing contract dari Pemerintah sebagai otoritas penguasa kedaulatan atas sumberdaya alam.
Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini telah banyak mengakibatkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya. tidak berfungsinya sarana pendidikan, kerusakan lingkungan wilayah yang tergenangi, rusaknya sarana dan prasaranan infrastruktur, serta terhambatnya jalan tol Malang – Surabaya. Lumpur juga berbahaya bagi kesehatan masyarakat. hal ini menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, kanker dan membahayakan organ tubuh seperti jantung dan gangguan ginjal.
Pada dasarnya lumpur bisa diatasi atau ada upaya penganggulangannya yaitu dengan membuat tanggul, membuat waduk dengan beton dan dengan menggunakan Snubbing Unit pada Sumur Banjar Panji – 1. Snubbing Unit adalah suatu sistem peralatan bertenaga hidraulik digunakan untuk melakukan pekerjaan ke dalam dengan membuat tiga sumur baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar