Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Mei 2016

ABORSI

Oleh Amar Apriar

Aborsi sampai saat ini tetap menjadi isu yang hangat dibicarakan. Hampir seluruh negara berkembang aborsi adalah ilegal untuk alasan apapun sehingga prosedur aborsi banyak dilakukan secara tidak aman. Bahkan di negara dimana aborsi tidak secara ketat dilarang. Dimana Amerika Serikat sendiri isu ini telah terpolarisasi menjadi 2 kubu yaitu kubu Pro-life yang melarang aborsi demi kehidupan janin dan meneruskan kehamilan. Aborsi bukan persoalan baru, ia persoalan lama yang selalu menuai kontroversi. Pegertian aborsi adalah tindakan penghentian kehamilan sebelum janin dapat hidup diluar kandugan, bukan semata untuk menyelamatkan jiwa ibu hamil dalam keadaan darurat tapi juga bisa karena sang ibu tidak menghendaki kehamilan itu.
Ada dua macam aborsi yaitu, aborsi spontan dimana aborsi terjadi secara alami, tanpa intervensi tidakan medis, dan aborsi yang direncanakan dimana melakukan tidakan medis dengan obat-obatan saja atau tindakan bedah atau tindakan lain yang menyebabkan pendarahan lewat vagina. Berdasarkan perkiraan BKKBN, kejadian aborsi di Indonesia mencapai angka yang amat fantastis yakni sekitar 2 juta kasus aborsi pertahun.
Ada 2 macam risiko kesehatan terhadap wanita yang melakukan aborsi yaitu, risiko pada fisik adalah kematian mendadak saat pendarahan hebat, rahim yang sobek, kanker  indung telur, kanker hati, dan sebagainya. Selanjutnya ada juga risiko kesehatan mental yaitu, kehilangan harga diri, berteriak-teriak sendiri, ingin melakukan bunuh diri, dan sebagainya. Masalah kultur, pola komunikasi serta kurangnya pengetahuan menyebabkan para remaja sulit berkomunikasi dengan orang disekitarnya bahkan dengan orang tuanya sendiri. Kondisi kurangnya pengetahuan yang dimiliki remaja maupun orang disekitar yang berpengaruh pada kehidupan mereka tidak seimbang dengan gencarnya pemberitaan atau pesan yang bersifat menonjolkan seks, yang dapat mengilhami para remaja untuk mencoba meniru isi pesan yang mereka terima.
Untuk seorang wanita jika Anda sedang memikirkan untuk melakukan aborsi, tenangkan pikiran. Aborsi bukanlah suatu solusi sama sekali. Aborsi hanya akan membuahkan masalah-masalah baru yang bahkan lebih besar lagi bagi Anda di dunia dan akhirat. Jadi, janganlah melakukan aborsi, karena itu bisa menyebabkan kerugian bagi diri sendiri atau mungkin juga orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar