Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 16 Mei 2016

Teks Eksplanasi 'Angin Topan

Angin Topan
Disusun Oleh: Riska Aprilia

Pernyataan Umum
          Secara singkat dapat dijelaskan bahwa angin adalah udara yang bergerak. Menurut Buys Ballot, ahli ilmu cuaca dari Perancis, angin adalah massa udara yang bergerak dari daeah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum. Gerakan massa udara yang arahnya horizontal dikenal dengan istilah angin. Angin topan terjadi di Samudera Pasifik bagian barat.
Urutan Sebab-Akibat
Penyebab Terjadinya Angin Topan
          Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca. Angin paling kencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusat dengan radius ratusan kilometer di sekitar daerah sistem tekanan sedang yang ekstrem dengan kecepatan 20km/jam.
Tanda-Tanda Angin Topan
1.     Peningkatan suhu yang sangat drastis selain itu juga disertai dengan petir dan kilat yang cukup kuat.
2.     Angin yang sangat cepat dan angin terasa kering serta panas selain itu jika tekena badan akan terasa tidak nyaman.
3.     Munculnya jenis-jenis awan seperti awan cumulus atau awan putih hampir perak yang bergelombang sangat tebal dilangit.
Dampak Angin Topan
1.     Bidang Perhubungan
Karena tekanan udara dan angin tidak stabil maka untuk penerbang jelas akan ditunda karena sangat tidak aman bagi pesawat untuk mengudara dalam cuaca buruk. Hujan lebat dan angin kencang yang pastinya bisa membuat pohon atau atau taing tumbang dan menghambat transportasi darat. Sebagian angin topan terjadi dialut sudah sangat jelas bahayanya.
2.     Bidang Telekomunikasi
Angin kencang mepengaruhi atmosfir struktur bumi terutama ionosfer dimana terjadinya perpindahan gelombang elektronik dari berbagai alat komunikasi televisi, radio.
3.     Bidang Pariwisata
Dengan kondisi kecepatan angin yang sangat cepat dan suhu yang tidak teratur akan membuat wisatawan dalam bahaya dan tidak bisa menikmati pemandangan alam yang seharusnya.
4.     Bidang Pertanian
Angin membantu penyerbukan menjadi sempurna apabila kecepatan angin ideal. Namun kecepatan angin yang kencang bisa membuat proses penyerbukan terganggu dan membuat lahan pertanian rusak.
5.     Bidang Pembangunan
Bangunan yang terkena angin topan dapat embuat pondasi bergeser dan bangunan menjadi rusak.
Cara Mengatasi Angin Topan
1)    Membuat bangunan dengan pondasi yang sangat dalam dan kuat sehingga kokoh.
2)    Pembangunan gedung yang ditujukan untuk umum sebaiknya dibangun pada daerah yang tidak rwan terkena angin topan.
3)    Daerah rawan angin topan sebaiknya melakukan latihan mitigasi bencana jika suatu saat terjadi angin topan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar