Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 25 Mei 2016

Bangun Lagi Dong Lupus : Semangat Seorang Pelajar
Disusun oleh : Febriana Rendra Fatikasari




Judul Film  : Bangun Lagi Dong Lupus
Tahun        : 2013
Sutradara   : Benni Setiawan
Pemain       : 1. Miqdad Addausy sebagai Lupus
                    2. Acha Septriasa sebagai Poppie
                    3. Kevin Julio sebagai Daniel
                    4. Jeremiah Christiant sebagai Gusur
                    5. Alfie Afandy sebagai Boim Lebon

Orientasi 
      Lupus akhirnya kembali lagi kelayar lebar. Film ini hadir dengan judul “Bangun Lagi Dong Lupus“. Film ini booming di tahun era 80-an. Film yang bergenre drama komedi tersebut disutradarai oleh benni Setiawan dan diproduksi oleh“Komando Pictures“ yang diproduksi oleh Eko Patrio.
     Karakter Lupus dalam film ini memang tampak sedikit berbeda dengan Lupus yang pernah populer di era ’80-‘90an. Kini si penulis Hilman Hariwijaya yang juga menulis skrip film Bangun Lagi Dong Lupus menampilkan sosok Lupus yang lebih religius dan sangat berbakti kepada Ibunya. Lupus juga tidak lagi tampak seperti dahulu.

Tafsiran 
    “ Bangun Lagi Dong Lupus “ menceritakan Lupus sebagau sosol remaja merakyat. Film ini diperankan oleh aktri dan aktor Indonesia, diantaranya Miqdad Addausy, Acha Septriasa, Kevin Julio, Jeremy Christian, Alfie Alfandy, Fabila Mahadira, Mella Austen, Cici Tegal, Dedi Mizwar, Eko Patrio.
       Diceritakan lupus yang sering dan hobi menulis pindah sekolah ke SMA Merah Putih. Pada hari pertamanya di sekolah baru, Lupus sudah bangun kesiangan karena baterai jam waker miliknya diambil oleh Lulu, sang adik. Sontak saja Lupus kesal pada Lulu. Soalnya, karena kesiangan ia tidak bisa membantu Ibunya untuk mengantar pesanan catering dan shalat subuh.
       Kisah  berawal dari kepindahan Lupus ke SMA Merah Putih dan bertemu seorang gadis cantik siswi SMA bernama Poopie. Saat bertemu dengan Poopie Lupus langsung jatuh cinta pada gadis itu. Namun, Pooopie sudah memiliki kekasih yaitu Daniel.
       Disekolah yang baru itu, Lupus bertemu dengan teman-teman baru yang unik, seperti Gusur seniman aneh yang memiliki cita-cita untuk membelikan rumah untuk engkongnya yang selama ini tinggal bersama kakak iparnya. Selain Gusur, ada juga Boim playboy cap duren tiga yang selalu dikejar-kejar debt collector karena Ibunya hutang untuk modal berdagang kain. Dan Anto, kutu buku yang pendiam dan menjunjung tinggi persahabatan.
       Sementara itu, Poopie sibuk dengan deadline pembuatan majalah sekolah yang selalu ditekan oleh kepala sekolah Pak Zairin dan guru olahragan yang keduanya ingin tampil disampul depan majalah itu.

       Disaat Poopie sibuk dengan urusannya, Lupus dan para sahabatnya merencanakan untuk ikut lomba Go Green yang diadakan kementrian kehutanan meski sempat ditentang oleh kepala sekolah. Tetapi dengan penuh semangat Lupus dan para sahabatnya sangat berusaha untuk memenangkan 
lomba, bukan untuk kepentingan pribadi tetapi untuk membawa nama baik sekolahnya.
        Selain itu, Lupus yang baru dikenal sebagai seorang murid SMA yang kreat penuh gagasan, berbudi pekerti luhur dan cinta lingkungan. Hal ini digambarkan ketika berhasil melerai sebuah tawuran pelajar dan menjadi juara program Go Green yang diadakan oeleh Kementrian Perhutanan.

Evaluasi 
        Pembawa pesan perdamaian bagi pelajar yang suka tawuran  dan pecinta lingkungan hidup dengan proyek Go Green-nya, dapat menjadi dampak positif untuk para pelajar, ceritanya juga lucu, menarik, film remaja dengan bumbu komedi yang bisa menjadi ajang nostalgia.
        Pengambilan penggambarannya masih belum bagus ada bagian yang sedikit masih membosankan. Banyak yang hilang dari sosok lupus di film versi baru ini, Lupus tidak lagi berjambul, cara berpakainannya yang pada era Ryan Hidayat segala yang melekat pada diri Lupus menjadi trend setter. Tapi yang pasti permen karet masih melekat dibibir lupus yang baru.

Rangkuman 
         Selain peran Lupus sebagai murid di SMA, dia juga berperan sebagai anak laki-laki yang bertanggung jawab untuk menjaga Ibu dan adiknya, untuk menggantikan sosok ayahnya yang sudah meninggal. Walaupun Lupus juga suka dengan Poopie, dia berusaha untuk mengutamakan kepentingan keluarga. Ini yang bisa menjadi catatan penting bagi anak muda atau remaja zaman sekarang.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar