Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Mei 2016

Mencoba Jujur dari film "CJ7"



Disusun oleh : Indah Permata Sari


Judul Film : CJ7
Tahun : 2008
Sutradara : Stephen Chow
Pemain :          1. Stephen Chow sebagai Zhou
                        2. Xu Jiao sebagai Zhou Xiao Di



Orientasi 1 :
Film CJ7 yang dirilis pada tanggal 30 Januari 2008 ini di sutradai oleh Stephen Chow yang sekaligus menjadi pemain utama di film ini. Stephen Chow berperan menjadi seorang ayah Xiao Di yang diperankan oleh Xu Jiao yang hidup kemiskinan. Angka 7 dalam judul film ini mengacu pada program pesawat luar angkasa berawak yang sedang dijalankan oleh China yang bernama Shenzou 7 dan akan diluncurkan pada bulan September 2008. Film yang berdurasi 100 menit ini diproduksi Hongkong yang memperlihatkan jurang yang sangat besar antara si kaya dan si miskin yang tercermin dari perbandingan kondisi ekonomi Xiao Di dengan teman sekelasnya di salah satu sekolah bergengsi di kota tersebut.

Tafsiran isi 1 :
Cerita klasik yang masih ada sampai sekarang yang mengisahkan sebuah keluarga miskin yang harus bertahan hidup di kerasnya kota metropolitan. Zhou yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan harus menghidupi anak sematawayangnya yang bernama Xiao Di untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya di sekolah bergengsi di kota tersebut. Layaknya semua orangtua didunia, Zhou memiliki keinginan agar kelak anaknya dapat hidup lebih baik daripada sang ayah. Sehingga ia berusaha sebaik mungkin agar Xiao Di dapat bersekolah di sekolah yang bagus dengan segala keterbatasannya.

Tafsiran isi 2 :
Suatu ketika teman sekelas Xiao Di yang kaya mempunyai mainan baru yaitu robot anjing Yang bernama CJ1. Xiao Di pun meminta ayahnya Zhou untuk membelikan CJ1, dengan penyesalan Zhou tidak memenuhinya dan mereka bertengkar sampai akhirnya Xiao Di bertemu Ms.Yuen guru disekolahnya yang menasehatinya agar kembali ke ayahnya. Keesokannya Xiao Di dihukum karena tidak memakai sepatu olahraganya karena miliknya sudah rusak, dalam adegan ini banyak menggambarkan parodi film Hollywood Yang mengundang tawa seperti anak perempuan gendut yang berlari lalu terjadi gempa.

Tafsiran 3 :
Dalam model Utopia (khayalan) yang terdapat dalam film CJ7, benda luar angkasa melalui UFO yang pada saat itu sedang marak ditemukan secara tidak sengaja oleh Zhou pada saat ia mencari sepatu olahraga baru di tumpukan sampah. Sebagai ganti dari ketidakmampuan Zhou membeli CJ1, ia memberikan benda bulat seperti bola berwarna hijau yang didapatnya dari tempat sampah. Bola hijau tersebut dinamakan CJ7. Tanpa sepengetahuan ayahnya, Xiao Di menemukan fakta bahwa bola hijau tersebut adalah makhluk luar angkasa berebntuk anjing hijau kecil.

Tafsiran isi 4 :
Penggambaran kehidupan yang serba terbatas di film ini sangat nyata dengan kondisi kehidupan orang miskin zaman sekarang. Kedekatan Xiao Di dengan CJ7 semakin erat sampai suatu ketika Xiao Di mengetahui kemampuan luar biasa CJ7 yaitu mampu memperbaiki sesuatu yang rusak menjadi kembali ke kondisi semula. Hal ini ditunjukan dalam adegan apel busuk yang dengan kekuatannya mampu membuat apel tersebut layak dimakan kembali. Namun kelemahan CJ7 terletak pada lingkaran kecil dikepalanya seperti antena. Semakin besar energi yang dikeluarkan maka semakin berkurang pula kekuatan untuk bertahan hidup.

Tafsiran isi 5 :
Dari sisi emosional cerita ini sangat berpengaruh signifikan terhadap naik turunnya emosi para penontonnya, dari kesan menghibur berubah 180 derajat menjadi suasana yang sedih. Situasi ini terlihat jelas ketika Xiao Di mendapatkan nilai nol yang diubahnya secara diam-diam menjadi 100 dan dengan bangganya sang ayah memberitahukan semua rekan kerjanya. Namun setelah Zhou mengetahui kebohongan anaknya ia bertengkar hebat dengan Xiao Di. Keesokan harinya Zhou mengalami kecelakaan di tempat kerja yang mengakibatkan ia meninggal dunia. Disinilah titik utama kesedihan yang  membuat para penonton meneteskan air matanya. Xiao Di sangat sedih dan tidak bisa menerima kenyataan, yang sangat membuatnya menyesal adalah hal yang terakhir dilakukan dengan ayahnya adalah bertengkar. Dengan kekuatan CJ7 ia mengerahkan semua energinya untuk menyelamatkan Zhou meski akhirnya ia kehilangan nyawanya.

Evaluasi :
Sayang, dengan segala keterbatasan Zhou dalam film CJ7 tetapi mampu menyekolahkan anaknya di sekolah mahal itu terlihat dibuat-buat. Tetapi akhir dari film ini sangat bahagia. Zhou mendekati guru perempuan Xiao Di dan Xiao Di bertemu dengan teman-teman CJ7. Film ini mengandung moral yang ingin disampaikan kepada penonton, seperti rasa hormat terhadap orang tua, kejujuran, kepatuhan, dan menerima keadaan dengan lapang dada. Film ini juga mengajarkan bahwa tidak semua hal di dunia dapat dibeli dengan uang, terutama kebahagiaan.

Rangkuman :
Dari paparan tadi, dapat disimpulkan bahwa film CJ7 memungkinkan kita bercermin terhadap penyikapan kita terhadap kondisi kehidupan yang telah digariskan dan perilaku kita kepada orang tua sehari-harinya. Film ini dapat dijadikan motivasi dalam kehidupan agar tetap menjalani hidup dengan baik meski dengan segala keterbatasan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar