Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI “SIANIDA"

          
                                                DISUSUN OLEH : FINKA ERIANTY


Pernyataan Umum
Zat Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C=N, dengan atom karbon terikat tiga ke atom nitrogen. Zat ini jika terkonsumsi berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dan mematikan, dan tersedia dalam beberapa bentuk. Sianida bias dalam bentuk gas tidak berbau, seperti HCN(Hidrogen Sianida),dan CNCL(Cyanogen Chloride). Sianida bisa juga dalam bentuk Kristal, seperti NaCN(Natrium Sianida), dan KCN(Kalium Sianida). Sianida merupakan senyawa dari Carbon dan Nitrogen.

Urutan sebab-akibat         
Efek Sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit apabila dikonsumsi. Sianida dalam dosis rendah dapat ditemukan di alam dan ada pada setiap produk yang biasa kita makan atau gunakan. Sianida juga dapat diproduksi oleh bakteri,jamur,dan ganggang. Sianida juga ada dalam asap rokok, asap kendaraan bermotor, bahan industri, bahan mudah berkaitan dengan logam, seperti emas, perak, atau logam lainnya, sehingga sering dipakai di pertambangan emas. Kebanyakan Sianida bersifat sangat toxic. Tapi yang paling toxic adalah HCN atau Hidrogen Sianida yang berbentuk gas. Secara alami Sianida dapat ditemukan di makanan seperti singkong pahit, yang bisa mengandung 1 gram HCN setiap kilogramnya.

Urutan sebab-akibat         
Tanda awal keracunan Sianida diantaranya, peningkatan frekuensi pernafasan, nyeri kepala, perubahan perilaku seperti cemas, agitasi dan gelisa serta berkeringat banyak, warna kulit kemerahan, tubuh terasa lemah, dan vertigo juga dapat muncul. Tanda akhir sebagai ciri adanya penekanan terhadap susunan saraf pusat dalam bentuk tremor, aritmia, kejang-kejang, koma, dan penekanan pada pusat pernafasan, gagal nafas sampai henti jantung

Urut sebab-akibat
            Upaya dari gejala ini yaitu, panggil ambulans dan dokter segera ungsikan pasien ke udara bersih (kalau sianida yang terhirup berupa gas). Jika denyut jantung tidak ada, lakukan cardiac massage atau menekan dada kuat-kuat dan berulang, jangan memberikan napas pada korban dari mulut ke mulut atau hidung ke hidung. Dikhawatirkan penolong akan ikut terkena racunnya, jika sianida tertelan sehingga korban masih sadar, usaha kan korban muntah, baringkan pasien dan jaga suhu tubuhnya agar tetap hangat, lepaskan pakaian yang terkena sianida, cuci dengan sabun area yang terkontaminasi, kemudian basuh dengan air berulang-ulang. Bila Tim kesehatan telah datang, langah paling awal beri pasien masker oksigen 100%, beri antidotum. Antidotum yang dapat digunakan pada keracunan sianida adalah natrium nitrit dan juga natrium tiosulfat tetapi seama ini berapa besar dosis efektifnya dan bagaimana cara penggunaannya belum diketahui dengan pasti.

sumber :
http://www.diedukasi.com/2016/01/pengertian-zat-sianida-dan-bahayanya.html#ixzz47IXbokWF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar