Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI “ GERHANA BULAN ’’


Disusun oleh : Sukmawati


( Peryataan Umum )
            Gerhana bulan adalah peristiwa matahari, bumi dan bulan terletak pada satu garis sehingga bayangan bumi menutupi sebagian ataau keseluruhan bulan. Gerhana bulan yang terjadi dibumi ini teryata dibedakan beberapa jenis yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbra.
( Sebab Akibat )
            Gerhana bulan merupakan satu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat bumi saat bumi berada diantara matahari dan juga bulan pada satu garis yang sama. Hal in mengakibatkan sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi.
            Gerhana bulan bias terjadi karena pada saat bumi berada diantara matahari dan juga bulan dalam posisi sejajar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada hal demikian bumi akan menghalagi sinar matahari yang menuju ke bulan, sehingga permukaan bulan akan tertutupi oleh bayangan bumi.
            Banyak orang yang berantusias untuk menyaksikan gerhana bulan ada cara tertentu untuk menikmati gerhana bulan agar terlihat jelas, yakni dengan menggunakan alat-alat tertentu. Alat yang dapat digunakan untuk melihat gerhana bulan agar terlihat jelas menggunakan teropong ataupun teleskop. Dengan menggunakan teropong ataupun teleskop maka kita akan lebih jelas melihat posisi gerhana bulan, diperkirakan gerhana bulan bias terjadi hingga sejumlah 5 kali. Namun gerhana bulan total lebih jarang terjadi daripada gerhana bulan sebagian maupun gerhana bulan penumbra.
( Dampak Gerhana Bulan )
            Terjadinya gerhan bulan mengundang beberapa faktor yang menarik yang melakat dikalangan masyarakat mengenai gerhana bulan. Memang terjadinya gerhana bulan seringkali membawa sesuatu yang lain yang terkadang belum pernah kita dengar sebelumnya hal ini terutama tentang gerhana bulan darah. Gerhana bulan darah sendiri merupakan gerhana bulan dengan warna bulan adalah merah menyala, sehingga Nampak menakjubkan dan jugan mengerikan.
Sumber :
2.http:/www.ilmugeografi.com/fenomena-alam/gerhanabulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar