Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Mei 2016

Teks Ulasan Film "Habibie dan Ainun"



Kisah Cinta Sejati Sepanjang Masa
Disusun oleh : Kirana Agustin



Judul Film     : Habibie dan Ainun
Tahun             : 2012
Sutradara      : Hanung Bramantyo
Pemain          : Reza Rahadian sebagai Habibie
                          Bunga Citra Lestari sebagai Ainun

Orientasi
            Film Habibie dan Ainun merupakan sebuah film autobiografi yang diadaptasi dari buku yang ditulis langsung oleh Bapak B.J Habibie untuk mengenang almarhumah istrinya ibu ainun. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari sebagai Habibie dan Ainun. Film ini di sutradarai oleh salah satu sutradara hebat Indonesia yaitu Hanung Bramantyo yang sudah menghasilkan banyak karya-karya terbaik film asli Indonesia.


Tafsiran Isi 1
            Tahun 1962 Habibie dan Ainun yang merupakan teman SMP dan bertemu kembali di kota bandung. Pada waktu itu seketika Habibie jatuh cinta kepada Ainun. Cinta Habibie tersebut dib alas manis oleh Ainun. Akhirnya mereka menikah dan terbang ke Jerman. Iman Ainun kepada visi misi sang suami lah yang membuat Ainun tulus untuk selalu mendampingi sang suami. Banyak rintangan yang mereka lalaui agar mimpi mereka bisa tercapai. Godaan akan harta dan kekuasaan pun mengiringi langkah mereka ketika kembali ke tanah air. Bagi Habibie, Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah sosok yang mengisi kasih dalam hatinya. Namun pada akhirnya setiap kisah pasti memiliki akhir dan setiap mimpi ingin dicapai pasti ada batasnya.

Tafsiran Isi 2
            Setelah Habibie menyelesaikan studi S-3nya dan dia berharap bisa kembali ke Indonesia untuk bisa membuat sebuah pesawat anak bangsa seperti janji yang pernahdi ucapkan olehnya saat sakit. “Dinegeri orang dipuji,Dinegeri sendiri dicaci”. Mimpi Habibie untuk bisa membangun tanah air tempat dia dilahirkan mengalami hambatan. Dan dengan terpaksa dia menerima semua itu dengan lapang dada dan berkerja di industry kereta api Jerman. Sampai akhirnya,Habibie memiliki kesempatan untuk membuat pesawat terbang dinegerinya sendiri. Seteleh menjadi wakil dirut IPTN,kemudian ia diangkat menjadi menteri,kemudian menjadi wakil presiden dan akhirnya menjadi presiden menggantikan Soeharto yang lengser dari jabatannya.

Tafsiran Isi 3
Setiap kesuksesan pasti ada pengorbanan. Kesuksesan Habibie yang ingin mengabdikan diri kepada Negara,berdampak pada keluarganya. Dia tak lagi sempat menghabiskan waktu untuk keluarganya dan bahkan untuk dirinya. Dia bahkan tidur hanya 1 jam setiap harinya. Ketika Habibie tidak mencalonkan dirinya pada pemilu berikutnya dia kembali ke Jerman bersama Ainun. Disana mereka hidup lebih tenang dan damai. Tapi ketenangan dan kedamaian itu tak berlangsung lama Ainun divonis menderita kanker ovarium stadium 4 dan memaksanya harus dirawat dirumah sakit dan menjalankan operasi berkali-kali dengan alat kedokteran terbaru Jerman,tetapi kondisi Ainun tak kunjung membaik. Takdir membuat Habibie dan Ainun berpisah.air mata tidak cukup untuk menunjukkan bagaimana seorang Habibie yang kuat dan tegar harus kehilangan wanita yang sangat dicintai,wanita tegar yang selalu mendampingnya,yang masih memikirkan kesehatan Habibie disaat dia harus berjuang dengan kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Tafsiran Isi 4
            Film ini mengajarkan kepada penonton untuk mencintai dengan tulus da setia. Dikutip dari saat Ainun jatuh sakit,Habibie tetap disampingnya dan dengan setia mendampingi. Dan saat Habibie berjuang untuk mambuat pesawat dinegaranya,dia mempunyai sifat mencintai tanah air,walaupun pada awalnya dia dicaci dinegerinya sendiri. Dan pada akhirnya dia bisa membuat pesawat karena semangat nasionalisme yang tinggi,kerja keras dan semangat membangun bangsa untuk lebih maju dan baik.

Tafsiran Isi 5
            Pada saat Ainun divonis sakit kanker,Ainun tidak memberitahukan kepada Habibir bahwa dia sedang sakit. Padahal seharusnya Ainun memberitahukan Habibie supaya Habibie bisa lebih awal mengambil tindakan.

Evaluasi
            Film ini sangat mengagumkan apalagi pemeran Habibie yaitu actor Reza Rahadian sangat mirip karakternya dengan Habibie langsung. Akting actor Reza Rahadian sangat keren dan bisa mendalami karakter Habibie itu sendiri. Namun sangat di sesali fil sebagus ini harus dirusak dengan iklan produk yang diletakkan secara tidak estesi. Meski kehadiran produk-produk tersebut hanya ada sekian detik didalam cerita,namun tetap saja rasanya tak elok jika film sebaik ini harus di kotori oleh produk iklan tersebut.

Rangkuman
            Film ini sangat layak untuk ditonton karena didalamnya terdapat banyak sekali pelajaran hidup yang dapat kita ambil. Kisah cinta yang nyata,ketulusan,pengorbanan,rasa sakit,serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Dan film ini masih sangat layak untuk ditonton karena isi dan makna cerita merupakan pelajaran hidup yag nyata dan akan menjadi sebuah kisah cinta terbaik sepanjang masa.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar