Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016

Gunung Merapi



Karya : FaraAmaliaFauzi
 



Pernyataan Umum
            Gunung berapi atau gunung api secara umun adalah istilah yang dapat di definisikan sebagai sesuatu system saluran fluidipanas (batuan dalam wujud cair atau larva) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km dibawah permukaan bumi. Termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan saat meletus. Adapun beberapa gunung berapi atau macam-macam gunung berapi perisai, gunung merapi maar, dan gunung berapi besar.

Urutan Sebab Akibat
            Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk. Dampak positif jika terjadi letusan gunung, muncul mata air bernama makdani yaitu jenis mata air dengan kandungan mineral yang sangat melimpah.

Upaya dan Solusi
            Persiapan menghadapi letusan gunung berapi. Pertama mengenai daerah setempat dalam menentukan tempat yang aman untuk mengungsi. Kedua mempersiapkan pengungsian jika diperlukan. Ketiga hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah dan daerah aliran lahar. Keempat gunakan pelindung mata seperti kacamata renang atau lainnya. Kelima pakai masker atau kain penutup mulut dan hidung.

Sumber :

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar