Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 Mei 2016

Islam Bukan Agama Terorisme dari Film My Name Is Khan



Disusun Oleh Afifah Nuraini






1.    Judul Film      : My Name Is Khan
2.    Tahun Rilis     : 12 Februari 2010
3.    Sutradara      : Karan Johar
4.    Pemain          : 1) Shahrukh Khan sebagai Rizwan Khan
                                                 2) Kajol sebagai Mandira



Orientasi
          My Name Is Khan adalah sebuah film Bollywood yang dirilis pada 12 Februari 2010 yang disutradarai oleh Karan Johar dan dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Kajol. Dalam film ini, Shahrukh Khan berperan sebagai seorang pria muslim yang menderita Asperger’s syndrome. Disisi lain Kajol berperan sebagai seorang penata rambut yang memiliki seorang anak bernama Sameer.

Tafsiran Isi 1
Film “My Name Is Khan” ini mengisahkan tentang perjalanan seorang muslim yang dituduh sebagai teroris. Rizwan Khan adalah seorang yang menderita Asperger’s syndrome yang tinggal bersama adiknya yang bernama Zakir dan ibunya Razia Khan dalam sebuah keluarga kelas menengah di bagian Borivali Mumbai. Meskipun Rizwan tidak seperti orang-orang kebanyakan, namun ia memiliki karunia tertentu, khususnya kemampuan untuk memperbaiki hal-hal mekanis. Setelah kematian ibunya, Rizwan pun harus pergi ke Amerika Serikat untuk tinggal bersama adiknya Zakir. Rizwan bekerja pada Zakir dengan mempromosikan produk kecantikan. Disinilah awal pertemuan Rizwan Khan dengan Mandira. Rizwan menyukainya dan selalu datang ke salon tempat Mandira bekerja. Kemudian mereka menikah dan tinggal di Banville, bertetangga dengan keluarga Garrick.

Tafsiran Isi 2
Kesempurnaan keluarga Rizwan tidak berlangsung lama setelah peristiwa serangan 11 september di New York City. Orang-orang sekitarnya menghindar dan memandang sinis Rizwan dan di sekolahpun Sam dikucilkan teman-temannya karena memiliki nama belakang Khan dari Ayahnya Rizwan Khan yang beragama Islam. Sam dan Reese mengalami perdebatan di lapangan sepak bola yang menyebabkan siswa senior ikut menghajar Sam. Dan akhirnya terjadi perkelahian yang mengakibatkan Sam meninggal karena luka-luka ditubuhnya. Mandira sangat tertekan dan dia menyesal karena menikahi seseorang yang memiliki nama Khan. Lalu Madira mengusir Rizwan dan dia baru boleh kembali setelah mengatakan pada Presiden Amerika Serikat dan semua warga Amerika kalau yang bernama Khan bukan teroris dan Sam bukan teroris. Rizwan pun menuruti keinginan Mandira dan melakukan perjalanan untuk menemui Presiden.

Tafsiran Isi 3
Dalam perjalanannya, Rizwan terus berusaha untuk menemui Presiden AS untuk mengatakan “My Name Is Khan, and I’m not a terrorist!”. Perjalanan Rizwan banyak melalui rintangan seperti ditangkap dan dipenjara karena dituduh seorang teroris. Kemudian ia terbukti tidak bersalah dan dibebaskan, Rizwan melanjutkan perjalanannya untuk menemui sang presiden. Dengan kebaikan, kejujuran dan usaha Rizwan membantu warga Wilhemina yang terkena badai banjir meskipun bukan beragama Islam. Kebaikan Rizwan tersebut mendapat perhatian dari seluruh masyarakat AS, dan juga Mandira telah menyadari kesalahannya dan menyusul Rizwan untuk kembali bersatu. Pada akhirnya Riwan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama yang mengatakan kepadanya “Your name is Khan and you are not a terrorist”.

Tafsiran Isi 4
 Film “My Name Is Khan” memiliki kelebihan yaitu dapat membuka pandangan tentang islam, bahwa segala sesuatu yang bersifat negatif tidak selalu seperti yang dipikirkan. Misalnya, pandangan bahwa seluruh orang yang beragama islam adalah teroris, namun pada kenyataannya tidak semua orang islam adalah teroris. Selain itu film ini mengandung pesan moral bahwa membantu dan menolong tidak harus melihat agama, ras, suku, atau warna kulit. Selain kegigihan seorang penderita Asperger's Syndrome dalam menepati janjinya. Jika ingat pesan ibunya Rizwan, di dunia ini hanya ada dua macam orang yaitu orang baik dan orang jahat, maka kita tinggal memilih akan menjadi orang macam apa? Dan tentunya setelah menonton film ini kita memilih menjadi orang baik yang disenangi banyak orang seperti Khan. Fim ini juga membuktikan kebenaran pernyataan ‘di balik kekurangan selalu ada kelebihan’, melalui peran Rizwan yang cerdas dan memiliki hati tulus.

Tafsiran Isi 5
Film ini memiliki durasi yang cukup lama yang dapat menimbulkan rasa bosan pada penonton. Beberapa adegan kekerasan pun terdapat pada film ini yaitu pada saat Rizwan diintograsi oleh aparat polisi dan juga saat Sameer dianiaya atau dibully oleh siswa senior hingga mengalami kematian. Adegan kekerasan tersebut dapat disaring kembali agar tidak menimbulkan pengertian yang salah pada penonton.

Evaluasi
Secara keseluruhan, film “My Name Is Khan” layak untuk ditonton karena memiliki banyak pesan. Film ini turut membantu memulihkan citra bahwa Islam bukan agama terorisme seperti anggapan yang terbentuk pada masyarakat barat secara umum. Film My Name is Khan adalah salah satu film Bollywood tersukses yang memiliki keunikan yaitu perpaduan antara kehidupan seorang asperger’s sindrom dengan isu SARA. Dalam perindutrian film india masih jarang yang menggabungkan kedua unsur tersebut.


Rangkuman
Film “My Name Is Khan” menggambarkan kegigihan seorang penderita Asperger's Syndrome dalam menepati janjinya dan membuktikan bahwa dia adalah orang islam dan dia bukanlah seorang teroris melalui sikap dan pebuatan yang menolong antar sesama tanpa membedakan unsur SARA. Karena di dunia ini hanya ada 2 macam orang yaitu orang baik dan orang jahat, itu semua tergantung kita dalam memilih.




Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/My_Name_Is_Khan (Diakses pada 17 Mei 2016)
http://wiemasen.com/my-name-is-khan/     (Diakses pada 17 Mei 2016)
http://diniayu21.blogspot.com/2013/11/resensi-film-my-name-is-khan.htm
(Diakses pada 17 Mei 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar