Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Mei 2016

Tunarungu yang berjuang meraih mimpi bersama film "ayah mengapa aku berbeda"
Disusun oleh : Sela Enjelina


Judul film : Ayah mengapa aku berbeda
Tahun : 2011
Sutradara : Findo Purwono
Pemain : 1. Dinda Hauw sebagai Angel
             2. Surya Saputra sebagai Ayah Angel
             3. Rima Jasmine sebagai Nenek Angel
             4. Indra Sinaga sebagai Ferly
             5. Chou Fendy sebagai Martin
             6. Khazari sebagai Agnes
             7. Rafi Cinau sebagai Hendra
             8. Rhena Ipeh sebagai Mrs. Katrina

Orientasi 1
Film "ayah mengapa aku berbeda" diangkat dari novel dan cerita online karya kakak beradik Agnes dan Teddy Davonar. Didunia maya cerita ini dibaca hampir dua juta orang.

Orientasi 2
Film ini mengangkat tema kesetaraan hak seorang anak berkebutuhan khusus yang bernama Angel. Angel merupakan gadis tunarungu yang mewarisi bakat ibunya sebagai seorang pianis. Meski berkebutuhan khusus Angel mampu bersaing dan berprestasi di sekolah umum.

Tafsiran isi 1
Film "ayah mengapa aku berbeda" merupakan film yang mengisahkan tentang tokoh angel yang memiliki karakter cantik, pintar dan berbakat namun berbeda. Ia memiliki kekurangan fisik sebagai penyandang tunarungu. meski begitu ia tidak menyerah untuk terus berjuang meraih impiannya untuk membahagiakan sang ayah setelah ibunya meninggal ketika melahirkannya.

Tafsiran isi 2
Perjalanan Angel semakin rumit ketika ia pindah ke sekolah umum. hanya ada satu orang yang mau berteman dengannya yaitu Hendra. Bahkan kebanyakan teman sekelasnya sering berbuat tidak menyenangkan padanya, terutama geng Agnes. Hingga kehidupannya berubah ketika ia bertemu Ferly dan menjalin hubunyan dengannya. Namun kebahagiaan Angel tidak lama ia harus kehilangan Ayahnya akibat terkena serangan jantung dan juga harus kehilangan Ferly yang kecelakaan.

Tafsiran isi 3
Angel yang dianggap cacat harus berjuang keras untuk dapat di terima di sekolah umum, selain itu ia harus menghadapi kenyataan bahwa tidak semua orang dapat menerima kehadirannya. Tetapi angel tetap tidak menyerah walaupun ia harus menderita sekalipun untuk mengejar pendidikan oleh hinaan dan caci maki di sekitarnya.

Tafsiran isi 4
Cerita " ayah mengapa aku berbeda " di dalam novel menyentuh, tetapi terkesan menjadi datar ketika di pindah ke media layar lebar. Pengambilan waktu dalam film ini terkesan singkat dan sutradara film ini seakan mengadopsi seluruh cerita dalam novel ke satu rangkaian film yang memiliki durasi terbatas.

Tafsiran isi 5
film ini memberikan pesan moral yang cukup kuat. Film ini juga mengajak penonton menghargai perbedaan saat seseorang yang berkebutuhan khusus dapat hidup setara dengan orang normal lainnya dan mengajarkan masyarakat untuk memiliki harapan di setiap orang meskipun ia memiliki keterbatasan fisik.

Evaluasi 1
Namun, sayang dalam film ini terletak pada jalan ceritanya yang tidak begitu jelas misalnya tiba-tiba saja sudah pagi lalu langsung malam sehingga penonton tidak bisa mengerti jalan ceritanya. Lalu adegan fely ketika kecelakaan motor terlihat sangat dibuat - buat sehingga tidak seperti beneran. Adegannya juga banyak diulang - ulang sehingga membuat penonton bosan pada jalan ceritanya.

Evaluasi 2
Film ini sangat banyak kelebihannya. Salah satunya terletak pada akting pemain yang menjadi tokoh angel. Angel sangat menjiwai perannya tersebut. Tokoh ayah angel juga berperan sangat baik benar-benar mencerminkan atau terlihat sebagai ayah yang bijaksana.. Tokoh-tokoh pendukung yang lain seperti nenek angel , hendra , agnes dan ferly pun berakting dengan baik. Film ini juga mengajarkan pesan moral kepada penonton untuk menghargai perbedaan.

Rangkuman
Dalam film ini disimpulkan bahwa angel mempunyai peran besar dalam setiap adegan yang mempunyai makna dan simbol-simbol tersebut melalui cinta, ungkapan hati , doa , kepedulian sosial , prestasi ataupun hal-hal yang berkaitan dengan semangat hidup. Nilai pesan yang terkandung dalam film tersebut menjadi pembelajaran untuk hidup kita sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar