Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 29 Mei 2016

Teks Eksplanasi: Aurora

Disusun oleh : M. Ihza Farhan


Pernyataan umum
Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala ionosfer pada sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetic yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.


Sebab akibat                     

Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan dari matahari yang disebut dengan plasma. Plasma adalah partikel sejenis gas yang telah terionisasi menyebabkan partikel gas tidak bermuatan tetapi karena suhu yang sangat panas dimatahari ke segala arah (biasanya pada saat terjadi aktivitas matahari pancaran plasma bertambah), kemudian saat mendekati medan magnet bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan) maka plasma akan tertarik ke kutub-kutub bumi (gejala ini disebut angina matahari), saat bertemu degan partikel  atmosfer bumi terjadi eksitasi-relaksasi electron sehingga memendarkan warna yang sangat indah.

Menurut fisikawan Inggris J. J. Thomson berhasil menemukan electron dan fisikawan Swedia Kristian Birkeland menyatakan bahwa aurora disebabkan oleh sinar dari electron yang  diemisikan matahari. Ketika electron itu sampai ke bumi akan dipengaruhi oleh medan magnet bumi dan terbawa je daerah lintang tinggi dan terjadilah aurora.

Aurora dibedakan menjadi dua macam, yaitu aurora yang terjadi di daerah sebalah utara, yang dikenaldengan nama Aurora borealis. Aurora yang terjadi di daerah sebelah selatan dikenal dengan nama Aurora australis. Secara keseluruhan, Aurora australis tidak jauh beda dengan Aurora borealis.

Umumnya cahaya kutub yang sering ditemui berwarna hijau kekuningan ini disebabkan partikel yang membawa energy berbenturan dengan molekul oksigen yang hanya berjarak 20KM dari permukaan bumi. Ketika molekul nitrogen mendapat benturan partikel akan memancarkan cahaya ungu kemerahan. Nitrogen akan memancarkan cahaya biru, sedangkan nitrogen yang netral akan memancarkan cahaya merah. Karena itu, orang-orang baru dapat melihat garis cahaya merah, biru, hijau, dan ungu yang berselang-seling menyelimuti angkasa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar