Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Teks Ulasan Film "No Breathing"

Menyulap Cinta, Persaingan, & Persahabatan melalui
Film “No Breathing”
Disusun Oleh: Laras Dewi Fortune



Judul Film                 : No Breathing
Tahun Rilis               : 30 Oktober 2013
Sutradara                  : Joo Yong Sun
Pemain                      :
-       Lee Jong Suk sebagai Jeong Woo Sang
-       Seo In Guk sebagai Jo Won Il
-       Kwon Yuri sebagai Jung Eun
Orientasi
Film ini merupakan kreativitas dari sang penulis yaitu, Jo Yong Sun, Yoo Young A. Film ini di sutradarai oleh Joo Yong Sun, dan juga di bintangi oleh actor dan aktris ternama, seperti Lee Jong Suk (Jeong Woo Sang), Seo In Guk (Jo Won Il) serta Kwon Yuri (Jung Eun).

Tafsiran Isi 1
Woo Sang adalah atlet renang nasional yang selalu mengejar posisi nomor satu. Won Il adalah perenang ajaib yang pernah berhenti berpartisipasi dalam renang, dan sekarang Dia kembali ikut berpartisipasi. Mereka tidak hanya menjadi saingan, tetapi mereka juga jatuh cinta pada gadis yang sama yaitu Jung Eun. Jung Eun seorang calon musisi yang juga teman masa kecil mereka. Bahkan Woo Sang dan Won Il bertaruh siapapun yang menjadi juara pada saat olimpiade nanti, maka Dia yang akan mendapatkan Jung Eun. Tapi pada akhirnya Jung Eun tidak memilih salah satu diantara mereka, dan mebuat hubungan diantara mereka dan Jung Eun menjadi sebuah persahabatan.

Tafsiran Isi 2
Konflik ini dimulai dari, olimpiade renang yang diikuti Woo Sang dan Won Il ketika mereka masih kecil. Dalam olimpiade itu, Won Il yang menjadi juara satu dan Woo Sang menjadi juara ke dua. Namun, Woo Sang tidak menerima kekalahan itu dan Ia justru membuang mendali perak yang Ia dapat ke tempat sampah, hal ini dikarenakan ayahnya Woo Sang yang terus menerus menuntut Woo Sang agar menjadi yang pertama. Beda dengan Won Il, Won Il  tidak memiliki ayah, ayahnya meninggal saat olimpiade, ketika itu Won Il masih kecil. Karena Olimpiade yang mereka ikuti, ketika mereka dewasa dan dipertemukan kembali, Woo Sang tidak ingin dikalahkan oleh Won Il. Berbagai kejadian pun terjadi mewarnai persaingan mereka. Keadaan bertambah seru ketika ternyata mereka berdua menyukai gadis yang sama. Won Il yang meresa dirinya kurang dibandingkan dengan woo sang, harus menerima kenyataan bahwa Woo Sang ada didepannya selangkah dalam mendapatkan Jung Eun. Dalam berbagai kesempatan ia kerap kali kalah cepat dibanding Woo Sang.

Tafsiran Isi 3
Kejadian demi kejadian berlalu, sampai ketika salah seorang teman dekat Won Il terpaksa keluar dari sekolah karena cedera yang dialaminya. Won Il marah pada saat itu, dan karena kejadian itulah Ia sadar dan akan serius dalam renang. Ia berniat melanjutkan jejak ayahnya di olahraga renang. Dan Woo Sang selalu berlatih keras, agar Ia dapat meraih juara pertama dan mendapatkan Jung Eun.

Tafsiran Isi 4
Olimpiade sudah di depan mata, Won Il dan Woo Sang sudah memiliki planning masing-masing. Olimpiade pun berlangsung seru, beberap putaran berlalu, Woo Sang dan Won Il benar-benar sangat tangguh, awalnya posisi pertama dipimpin oleh Woo Sang, dan Won Il berada di posisi ke dua, Won Il menggunakan kemampuannya berenang tanpa mengambil nafas selama di dalam air. Pada saat pertandingan dilangsungkan, Jung Eun juga sedang memasuki babak final kontes musik bersama teman-temannya, dan Jung Eun mendapatkan hasil yang memuaskan. Selesai mengikuti kontes musik, Jung Eun langsung pergi ke pertandingan Woo Sang dan Won Il, dan Jung Eun memberikan semangat kepada mereka. Hingga detik-detik terakhir posisi pertama dipimpin oleh Won Il, dan pada akhirnya yang menduduki urutan pertama adalah Won Il, sedangkan Woo Sang ada di urutan ke dua dengan selisih waktu satu detik. Karena kemenangan Won Il maka secara otomatis Jung Eun menjadi milik Won Il, tapi Jung Eun menolak perasaan Won Il. Hal ini dikarenakan Jung Eun ingin bersahabat dengan Won Il dan Woo Sang. Won Il dan Woo Sang juga mewakili atlet renang Korea Selatan dalam tingkat Asia.

Tafsiran Isi 5
Film ini mengandung pesan moral bagaimana cara bersaing yang sportif, dan bagaimana cara mendapatkan, melindungi, dan mempertahankan persahabatan. Nilai cinta yang ada disini bukan cinta yang biasa. Namun, cinta antara seorang teman yang menimbulkan kepedulian terhadap sesama. Film ini mendapatkan antusias yang besar dari para penggemar SNSD, dimana salah satu member SNSD yaitu Kwon Yuri (Jung Eun) juga membintangi film ini, dan ini merupakan film perdananya, setelah menyaksikan aktingnya yang cemerlang lewat Fashion King. Selain itu, film ini juga diperankan oleh aktor-aktor yang tampan.

Tafsiran Isi 6
Jung Eun di sini, memiliki karakter yang fleksibel, tapi karena karakter yang fleksibel ini memberikan kesan seakan-akan Jung Eun memberikan harapan palsu kepada kedua pria yang menyukainya yaitu Woo Sang dan Won Il.

Evaluasi
Film ini memiliki plot yang menarik, tapi sayangnya akhir dari film ini membuat para penonton bertanya-tanya, siapakah yang di pilih Jung Eun, menjadi pilihan hatinya ?. Selain itu, film ini juga menggambarkan tanggung jawab seorang teman yang membesarkan anak dari temannya dengan penuh kasih sayang seperti meyangi anaknya sendiri.

Rangkuman
Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa film “No Breathing” mengajarkan cara memiliki teman yang banyak dan cara berteman yang baik tanpa membedakan status. Film ini layak untuk ditonton.

Daftar Pustaka:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar