Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 25 Mei 2016

Teks Ulasan Film "Mimpi Sejuta Dolar : Mimpi Besar Merry Riana"

Disusun oleh : Utami Adelya Aryati




Tahun rilis : 22 Desember 2014
Sutradara : Hestu Saputra

Pemain     : 1. Chelsea Islan sebagai Merry Riana
                     2. Dion Wiyoko sebagai Alva
                     3. Ferry Salim sebagai Orang tua Merry
                     4. Cyntia Lamusu sebagai Orang tua Merry
                     5. Kimberly Ryder sebagai Irene

Orientasi :
       Mimpi sejuta dolar adalalh sebuah film produksi MD Entertaiment yang bercerita tentang kisah perjalanan hidup Merry Riana. Film ini dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, Ferry Salim, Cyntia Lamusu, Ninik L. Karim, dan lain-lain. Film ini diproduseri oleh Manoj Punjabi dan disutradarai oleh Hestu Saputra. Film ini merupakan adaptasi dari novel Merry Riana yang ditulis oleh Alberthiene Endah, dan yang menarik film ini diambil dari kisah nyata.

Tafsiran :
       Cerita dalam film "Merry Riana : Mimpi Sejuta Dolar" ini berawal ketika Merry Riana (Chelsea Islan) yang baru saja lulus SMA terpaksa harus mengungsi ke Singapura karena kondisi di Indonesia sedang tidak stabil. Orang tua Merry (Ferry Salim dan Cyntia Lamusu) terpaksa harus menjual barang-barang mereka yang tersisa untuk membeli satu tiket. Makanya, Merry sendirian berada di Singapura, dengan bekal uang yang hanya cukup untuk makan lima kali. 
      Meski cita-cita untuk kuliah dan  menjadi sukses terasa begitu jauh, tapi Merry tidak putus asa tetap berjuang untuk bertahan hidup. Dengan bantuan sahabatnya, Irene (Kimberly Ryder), Merry mencari celah di antara aturan Singapura yang begitu ketat. Dia berhasil mendapat izin tinggal di asrama dan diterima disalah satu perguruan tinggi terbaik di sana. Namun, senyum Merry terpaksa hilang kembali dia ternyata harus membayar $40,000 untuk bisa berkuliah. 
       Harapan terakhirnya adalah mengambil student loan, yang hanya bisa didapatnya jika memiliki seorang penjamin. Merry pun mencari seorang mahasiswa senior yang mau menjadi penjamin. Dia berharap seorang senior tampan, Alva (Dion Wiyoko) mau jadi penolongnya. Meski akhirnya mau menolongnya, namun Alva sangat perhitungan dan menyuruhnya mencari kerja sampingan.
       Sambil berkuliah, Merry tetap berusaha mengejar cita-citanya untuk bisa sukses secepatnya. Semua pekerjaan ditekuninnya, mulai dari menyebar brosur, bisnis online, hingga bisnis saham. Dalam perjalanan hidupnya itu, masalah cinta pun sempat datang ketika Alva menyatakan perasaan padanya. Padahal dia tahu, Irene juga menyukai Alva.
       Kesan dari film ini, Merry Riana terlalu ambisius terhadap mimpinya, selalu mengutamakan bagaimana cara untuk mendapatkan uang dan terus bangkit ketika jatuh atau tertipu. Tapi dari keambisiusannya ini, Merry Riana pantang menyerah dan dapat meraih apa yang diimpikannya seperti semboyannya yaitu "BIG DREAM" dan pada akhirnya Merry Riana pun meraih $1000 dolar Singapura pada usia 26 tahun.

Evaluasi :
       Dalam film ini banyak kata-kata yang memotivasi salah satunya adalah "Sukses itu bukan sekedar memiliki uang banyak, Tapi sukses itu ketika kita bisa membuat orang memiliki harapan". Kekurangan dalam film ini pengambilan latarnya kurang selaras dengan film aslinya. Adegan di film ini banyak mengandung unsur percintaan antara Merry dan Alva. Seharusnya film ini lebih banyak unsur perjuangan Merry Riana menggapai sejuta dolarnya. Agar penonton dapat menyaksikan film inspirasi yang diharapkan jadi bukan melihat kisah percintaan mereka.

Rangkuman :
       Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa film "Mimpi Sejuta Dolar" walaupun banyak kekurangan pada alur ceritanya tetapi banyak pula sesuatu hal yang dapat diambil dari film ini tergantung pada individu masing-masing.

Sumber :
http://syaifardhinata.blogspot.co.id/2015/04/sinopsis-mengenai-film-merry-riana.html
http://www.sinopsisfilmbioskopterbaru.com/2014/12/sinopsis-lengkap-film-merry-riana-mimpi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar