Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Mei 2016

Teks Eksplanasi "Tawuran antar pelajar"

Disusun Oleh : Sela Enjelina


Pernyataan Umum :
Tawuran antar pelajar adalah suatu peristiwa bentrokan fisik karena adanya konflik antar kelompok pelajar. ada tiga jenis tawuran antar pelajar , pertama tawuran besar yaitu tawuran yang berbentuk penyerangan oleh sekelompok siswa suatu sekolah terhadap siswa sekolah yang dianggap musuhnya, kedua tawuran antar basis yaitu bertemunya dua basis yang saling bermusuhan, ketiga tawuran pelajar yang melibatkan warga yaitu warga yang terlibat untuk membela anak-anaknya yang diserang oleh basis musuhnya dan warga yang terlibat karena ingin membubarkan tawuran yang terjadi di pemukiman mereka. 
.
Urutan Sebab Akibat :
Biasanya tawuran antar pelajar disebabkan oleh masalah yang sangat sepele, namun karena pelajar masih labil dalam menangani emosinya justru menanggapinya sebagai sebuah tantangan. Tawuran antar pelajar dapat terjadi juga karena dendam dan kesetresan siswa yang tinggi serta pemahaman agama yang masih rendah.

Secara fisik tawuran dapat menyebabkan kematian dan luka berat bagi para siswa. Tawuran juga dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada kendaraan dan kaca gedung atau rumah yang terkena lemparan batu. Dalam Aspek mental tawuran dapat menyebabkan trauma para siswa yang menjadi korban, merusak mental para generasi muda dan dapat menurunkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Solusi untuk mengatasi tawuran antar pelajar adalah dengan menggunakan akal kita saat sedang berhadapan dengan mereka dan meminta guru agar dapat menangkap basah orang yang suka mengompasi dikelas. Peranan sekolah dan orang tua dirumah juga dapat meminimalkan tawuran antar pelajar yaitu dengan memberinya perhatian dan tidak terlalu menuntutnya untuk hal-hal yang membebani pikiran mereka.

4 komentar: