Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 Mei 2016

Badai Magnetic (Badai Matahari)

Disusun Oleh : Suci Robbiyati



Pernyataan umum :

Badai Magnetik atau badai matahari adalah gangguan dalam medan magnet yang kuat dari bumi, yang menghasilkan badai dengan energi tinggi dan radiasi yang kuat dari matahari karena aktivitas matahari. Aktivitas matahari berupa medan magnet, bintik matahari, angin surya, Lontaran massa korona dan letusan dipermukaan matahari. Para ilmuan yakin bahwa solar flare adalah ledakan dipermukaan matahari yang juga menyebabkan badai magnetic atau badai matahari. Ionosfer dan Van allen belts adalah area berbentuk donat partikel bermuatan yang mengelilingi bumi.

Urutan sebab-akibat :

Faktor yang menyebabkan badai magnetik yaitu ketika partikel bertabrakan dengan komponen yang bergerak cepat dari arus medan magnet bumi dan medan magnet repels atau distributed surya angin didaerah polariitas magnet besar pasif atau negative  yang disebabkan oleh rotasi matahari diperbatasan tebing antara bidang-bidang kutub yang terbalik. Menurut badan antariksa Rusia kemungkinan badai magnetik ini masuk dalam kategori yang lebih tinggi (ekstrim) diproyeksikan sekitar 25%.

Urutan sebab-akibat :
Akibat yang ditimbulkan oleh badai magnetik adalah gangguan geomagnetik yang dapat menhyebabkan kerusakan dalam peralatan elektronik seperti gangguan radio dan aliran listrik serta gangguan kesehatan manusia terutama bagi orang yang menderita penyakit jantung, tekanan darah dan sakit kepala meningkat, tetapi  juga dapat melindungi bumi dari sinar kosmik, energi tinggi yang dihasilkan oleh persenjataan bintang yang disebut supernova atau penurunan output dalam sinar kosmik yang membombardir bumi. Namun, para ilmuan belum mengetahui bagaimana cara menetralisir atau mengurangi dari dampak badai magnetik.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar