Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Teks Ulasan Film "Hijab"

HIJAB
Disusun oleh : Asyiah Rohmah


                                                                      






Tahun              : 2015
Sutradara         : Hanung Bramantyo
Pemain            :           1.  Zazkia Adya Mecca sebagai Sari
                                    2. Carissa Putri sebagai Bia
                                    3. Tika Braviani sebagai Tata
                                    4. Natasha Rizki sebagai Anin


Orientasi
Film hijab merupakan film yang mengedepankan unsur religi dengan drama, tap. Ini i ternyata film ini justru lebih memainkan unsur komedi. Film ini sebagai perkembangan film Ayat-ayat Cinta dan Perempuan Berkalung Sorban ini terinspirasi dari kisah nyata yang mengangkat sisi islam dan juga soal bisnis.

Tafsiran Isi 1
            Film Hijab – Hanung Bramantyo bekerja sama dengan sang istri Zazkia Adya Mecca  serta adik iparnya Haikal Kamil memproduksi sebuah film berjidul hijab. Film ini seperti sindiran halustanpa bermaksud menyinggung.hanung sepertinya mencoba lebih soft setelah tanda tanya yang banyak menuai protes.

Tafsiran Isi 2
             Film diawali (seterusnya) dengan curhatan Bia, Tata, dan Sari langsung menghadap kamera  tentang alasan memakai hijab Bia ( yang pandai mendesain mengaku memakai hijab karena kejebak, lalu menikah dengan seorang pemain sinetron). Tata ( yang pandai berdebat dan berorasi  memakai hijab karena menutupi  aibnya di kepala, lalu menikah dengan seorang fotografer). Sari ( yang pandai berbisnis, lalu menikah dengan lelaki keturunan arab yang membuat bakat bisnisnya tersebut harus  berkurang demi patuh pada suami). Kecuali Anin, satu-satunya yang tidak menggunakan hijab, gadis yang mempunyai obsesi pada apapun yang berbau Perancis dan masih sendiri belum mempunyai suami.

Tafsiran Isi 3
            Yang tidak terlupakan dari film hijab selain para pemainnya tentu adalah warna-warna yang memanjakan penonton sepanjang film. Benang, bahan, kain, kerudung, kostum, wardrob, properti dan sebagainya diatur dengan warna sedemikian rupa hingga membuat film tersebut menjadi segar dan ceria. Banyaknya warna tersebut seperti menyatu dengan cerita, karakter, hingga ada warna-warna yang memiliki konflik-konflik yang dialami para tokoh. Konsistensi, konflik keluarga, komitmen, dan pilihan hidup. Lagu dari Andien “ let it be my  way” menyatu dalam film, menegaskan pilihan kemandirian para istri untuk menjalankan passion dan keinginannya untuk punya peran dalam rumah tangga dengan caranya sendiri.

Tafsiran Isi 4
            Ada beberapa yang terlihat kurang konsisten dalam film ini. Karakter suami Sari seorang muslim konservatif dan keturunan arab harusnya tidak bisa begitu saja akrab dengan orang-orang seperti sutradara kontroversal , idealis, dan juga fotografer yang cukup “bebas” dalam berkarya. Beberapa penyelesaian konflik pun terkesan agak tiba-tiba. Tapi semua itu berhasil tertutupi dengan  kemasan keseluruhan film yang sangat menghibur.

Evaluasi
            Terdapat warna-warna yang memanjakan penonton sepanjang film. Lagu dari Andien yang berjudul “Let it be my way” juga menyatu dalam film.

Kesimpulan
            Dapat disimpulkan bahwa film “HIJAB” mengajarkan bagaimana memulai berbisnis yaitu berawal dari online shop sampai pada akhirnya dapat mempunyai tempat sendiri (Butik). Ini semua dibuktikan bahwa kita semua para wanita khusunya dapat hidup mandiri.

                        2. http://sinopsistentangfilm.blogspot.co.id/2015/01/sinopsis-film-hijab.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar