Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 22 Mei 2016

Teks Eksplanasi "Gunung Berapi"

Di Susun oleh : Elisa Fatika Sari






Pernyataan Umum :
  
              Gunung meletus atau gunung berapi secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas ( batuan dalam wujud cair atau lava ) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10km dibawah permukaan bumi sampai permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi materal yang dikeluarkan pada saat meletus. Tidak semua gunung berapi sering meletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif, sebaliknya gunung berapi yang sudah tidak meletus disebut gunung berapi tidak aktif. Gunung berapi terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu : gununng  berapi kerucut atau gunung berapi strato (strato vulcano), gunung berapi perisai (shield vulcano), gunung berapi maar.

Urutan Sebab-Akibat :

                Hampir semua kegiatan gunung api berkaitan dengan zona kegempaan aktif sebab behubungan dengan batas lempeng. Magma yang mengandung gas dalam kabin berada dalam kondisi dibawah tekanan batu-batuan berat yang mengelilinginya. Tekanan ini menyebabkan magma meletus atau melelhkan conduit (saluran) pada bagian batuan yang rapuh atau retak. Ciri-ciri atau tanda yang muncul pada saat gunung berapi akan meletus, antara lain: suhu disekitar gunung naik, mata air menjadi kering, sering mengeluarkan suara gemuruh kadang disertai dengan getaran (gempa), tumbuhan disekitar gunung layu, binatang disekitar gunung bermigrasi.

                Akibat letusan gunung berapi terhadap lingkungan berupa dampak bersifat positif dan negatif. Dampak positif dari aktivitas suatu gunung api mengakibatkan bahan galian mineral industri, energi panas bumi , sumber daya lahan yang subur, areal wisata alam, dan sebagai sumber daya air. Dampak negatif dari aktivitas suatu gunung api mengakibatkan awan panas, gas beracun, jatuhan piroklastik, dan mengakibatkan korban jiwa.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi peristiwa gunung berapi ini terbagi dalam beberapa proses, yaitu :
A. Sebelum Terjadi Letusan
1. Mengenali daerah setempat yang dapat dijadikan tempat mengungsi
2. Mengikuti bimbingan dan penyuluhan dari pihak yang bertanggung jawab.

B. Saat Terjadi Letusan Gunung Api 

1. Ketika melihat lahar atau benda lain yang mendekati rumah, segera selamatkan diri

 2. Lindungi diri dari debu dan awan panas.
 


sumber :
http://cesarhenri123.blogspot.co.id/2011/11/artikel-tentang-gunung-meletus_30.html
http://gudangartikelpendidikan.blogspot.co.id/2012/03/gunung-berapi-dan-penyebab-terjadinya.html
http://falah-kharisma.blogspot.co.id/2015/08/pencegahan-dan-penanggulangan-gunung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar