Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Mei 2016

Teks Eksplanasi "Aurora"




Teks  Eksplanasi “ Aurora “
Di susun oleh : Dewi Sutiningrat

Pernyataan Umum

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala – nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah partikel. Aurora yang terkenal adalah Aurora Borealis (di Kutub Utara) dan Aurora Australis (di Kutub Selatan).
Aurora Borealis adalah aurora yang terjadi di sebelah utara , yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Aurora Borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Aurora Australis adalah fenomena aurora yang terjadi di sebelah Selatan yang mempunyai sifat – sifat yang serupa. Tapi kadang –kadang aurora ini muncul di puncak gunung diiklim tropis.

Urutan Sebab Akibat

1.    Medan magnetic suatu planet (bumi)
2. Angin matahari, adalah suatu aliran partikel bermuatan (plasma), yang menyebar ke segala arah dari atmosfer terluar matahari (korona), tersusun dari electron berenergi tinggi dan proton, yang mampu melepaskan diri dari gravitasi sebuah bintang, karena energi panasnya yang sangat tinggi. Plasma adalah partikel sejenis gas yang telah terionisasi. Pada umumnya gas tidak bermuatan, tetapi karena suhu yang sangat panas di matahari menyebabkan partikel gas terionisasi maka terbentuklah plasma, biasanya pada saat terjadi aktivitas matahari pancaran plasma betambah.
3.   Interaksi partikel – partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan dari matahari (plasma), kemudian saat mendekati medan magnet bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan) maka plasma akan tertarik ke kutub – kutub bumi, saat bertemu dengan partikel atmosfer bumi terjadi eksitasi – relaksasi elektron sehingga memendarkan warna yang indah. Dengan kata lain, angin matahari yang membawa pancaran plasma mendekati bumi, lalu plasma ini tertarik atau dibelokan ke pusat magnet bumi (kutub utara dan selatan), saat plasma ini bertemu partikel atmosfer bumi terjadilah interaksi di antara keduanya sehingga memendarkan warna indah, itulah Aurora.
Dampak yang terjaidi pada fenomena Aurora adalah semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat diperkirakan semakin kuat gangguan dari Matahari yang dikenal sebagai badai Matahari (solar storm). Sedangkan gangguannya yang terjadi pada medan magnet Bumi, dinamakan badai magnet (magnetic storm).



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar