Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 Mei 2016

TEKS ULASAN FILM AMERICAN SNIPER

MEMAHAMI NILAI NASIONALISME
DALAM FILM “AMERICAN SNIPER”

DISUSUN OLEH : RIZKY FAJAR RUDIN


AMERICAN SNIPER


Sutradara                    :Clint Eastwood
Produser                     :Clint Eastwood
                                    Robert Lorenz
                                    Andrew Lazar
                                    Bradley Cooper
                                    Peter Morgan
Penulis                       :Jason Hall
Pemeran                     :Bradley Cooper berperan sebagai Chris Kyle
Sienna Miller berperan sebagai Taya Renae Kyle
Max Charlesberperan sebagai Colton Kyle
Luke Grimesberperan sebagai Marc Lee
Kyle Gallner berperan sebagai Goat-Winston
Keir O'Donnellberperan sebagai Jeff Kyle
Marnette Patterson berperan sebagaiSarah
Sammy Sheik berperan sebagai Mustafa
Tanggal rilis              : 25 desember 2015
Negara                       : Amerika Serikat
Bahasa                       : Inggris
Durasi                        : 132 Menit


ORIENTASI :
Film action “American Sniper” merupakan cerita dari kisah nyata US Navy SEAL, bernama Chris Kyle.Film ini di produksi oleh Village Roadshow Pictures, dirilis pada tanggal 25 Desember 2015. Produser dari film ini adalah Clint eastwood,Robert Lorenz, Andrew Lazar, Bradley Cooper Peter morgan. Film ini juga disutradarai oleh Clint Eastwood Nama Chris Kyle sangat melegenda, karena dengan kehebatan dan kelihaian menembaknya dia sampai memiliki julukan “Al-Shaitan” atau “The Devil” dari Irak.Yang menjadi kebanggaan negara selama pertempuran di Timur Tengah. dan pemeran utamanya adalah Bradley Cooper sebagai Chris Kyle yang menarik dari ini adalah Bradley Cooper dapat menaikan berat badan seperti Chris Kyle.

Tafsiran 1 :
Mulanya Kyle adalah seorang pria yang berprofesi sebagai koboi rodeo. Satu sifat dasar yang mendorong Kyle untuk tertarik bergabung dengan satuan prajurit SEAL Amerika adalah keinginannya untuk melindungi orang-orang yang disayanginya. Setelah kejadian 9/11 di New York, ia pun memutuskan bergabung dengan pelatihan militer dan kemudian ditugaskan ke Irak.

Tafsiran 2 :
Di Ramadi, Irak kota di mana dia ditugaskan telah membuat namanya sangat terkenal dan paling banyak korban jiwa dari pihak musuh. Di sisi lain, ada ratusan tentara AS yang dia selamatkan dari pejuang Al-Qaeda yang saat itu di bawah komando Abu Musab al-Zarqawi. Keadaan liar di tengah kota-kota Irak yang diliputi chaos menjadi arena tempur yang tidak bersahabat bagi tentara AS. Selain para pejuang darat yang siap berkonfrontasi, ada juga sniper yang tidak kalah jitu dari Chris Kyle di pihak musuh. Dia adalah seorang penerima medali emas atlet tembak jitu asal Suriah yang menjadi sniper juga berhasil menewaskan belasan bahkan puluhan tentara AS.

Tafsiran 3 :
Kyle cukup beruntung menjalani tugas pertamanya. Bahkan ia dinilai sangat baik menjalankan tugas sehingga dijuluki sebagai seorang legenda. Mengalami apa yang terjadi di medan perang bukannya membuat Kyle takut, malah ia ingin tetap berada disana melindungi rekan-rekannya. Ia merasa amat bertanggung jawab apabila timnya gagal menjalankan misi. Sementara itu isterinya menganggap Kyle terlalu terobsesi dengan profesinya dan tidak memperhatikan keluarganya sendiri. Kyle berargumen bahwa yang dilakukannya bukan hanya demi keluarganya sendiri, melainkan demi keseluruhan orang-orang di negaranya

Tafsiran 4 :
Kelebihan dari Film ini adalah tidak ingin meninggalkan unsur action perang di dalamnya. Sehingga drama dialog dan aksi tembak-menembak di letakan dengan komposisi yang seimbang dan terlihat lebih nyata, terlebih lagi banyak pengambilan gambar yang diambil dari sudut pandang sang sniper.

Tafsiran 5 :
Kekurangan dari film ini adalah terdapat beberapa cerita yang tidak di ketahui, dan juga perlu ditandai bahwa film ini tentunya banyak mengandung adegan kekerasan yang cukup sadis, disertai pula dengan beberapa adegan sensual. Untuk dalam negeri, kita bisa mengkategorikan bahwa film ini sebuah suguhan dewasa meskipun rating film ini originalnya adalah untuk ‘Remaja.

Evaluasi :
Di dalam Film American Sniper ini ada beberapa cerita yang kurang diekspos, seperti bagaimana nasib adik Chris Kyle?, Pada awalnya sudah menunjukkan kedekatan Chris Kyle dengan adiknya, sehingga agak aneh ketika sampai akhir film tidak diceritakan bagaimana hubungan mereka. Dibandingkan dengan film perang yang lainnya, American Sniper juga tidak terlalu menonjolkan persaudaraan antar prajurit (meskipun tetap terlihat lewat percakapan mereka). Jangan harapkan adegan-adegan yang mengharukan, karena pada film ini tidak ada/ tidak diberikan porsi. Pada akhir Film kita akan tahu bahwa Chris Kyle adalah seorang yang sangat berharga dan dicintai oleh para prajurit maupun warga negara amerika serikat dan pada saat inilah adegan yang mengharukan yakni proses di kebumikannya Chris Kyle

Rangkuman :
Jadi kesimpulan dari film AMERICAN SNIPER ini adalah Chris Kyle bertujuan ingin melindungi orang – orang yang disayangi. Dari Film yang diangkat dari kisah nyata ini kita dapat memahami nilai – nilai nasionalisme dan juga dapat mengajarkan kita arti pengorbanan yang sesunguhnya. Di dalam Film ini kita juga harus lebih menghargai pengorbanan para pejuang dan juga film ini dapat membangkitan rasa optimisme dalam berjuang.
SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar