Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Teks Ulasan Film "Cart"

Judul : Ajak Peduli Nasib Karyawan Melalui Film Cart
Disusun Oleh : Rizki Andrea Putri



Film          : Cart
Tahun       : 7 September 2014 ( Toronto International Film Festival )
Sutradara : Boo Ji-Young
Pemain :
  • Yum Jung-Ah sebagai Sun-Hee
  • Moon Seong-Hee sebagai Hye-Mi
  • Kim Young-Ae sebagai Soon Rye
  • Kim Kang-Woo sebagai Dong-Joon
  • Do Kyung-Soo sebagai Tae-Young
  • Chun Woo-Hee sebgai Mi-Jin
  • Ji-Woo sebagai Soo-Kyung
  • Hwang Jung Min sebagai Ok-Soon

Orientasi
Film Cart sebagian besar terinspirasi oleh insiden 2007 di Korea, Dimana Homever, Jaringan Supermarket yang dimiliki oleh E-Land Group. Dimana sebagian besar pekerja sementara Perempuan diberhentikan, dan diganti dengan pekerja paruh waktu, untuk membuat peraturan baru bahwa karyawan di berikan status pekerja biasa. Setelah  jangka waktu tertentu. Karyawan yang di berhentikan dan serikat pekerja melakukan aksi mogok kerja di depan supermarket sampai masalah itu di selesaikan, dengan beberapa karyawan di pukihkan. Film ini di sutradarai oleh Bo Ji-Young, dan dibintangi Artis Yum Jung-Ah sebagai Sun-Hee serta Moon Jeong-Hee sebagai Hye-Mi.

Tafsiran Isi 1
Sun-Hee Seorang Ibu dari dua anak yang bekerja sebagai kasir Veteran, di sebuah Supermarket Ritel besar bersama Hye-Mi, Seorang Ibu tunggal. Keduanya akrab dengan Soon-Rye, Wanita Paruh baya yang bekerja sebagai oetugas kebrsihan, mereka semua merupakan karyawan kontrak. Sun-Hee adalah karyawan yang bekerja tekun, dengan keyakinan bahwa dia akan di promosikan sebagai karyawan tetap agar dapat membiayai anak-anaknya. Namun pemilik perusahaan tiba-tiba memberitahu bahwa semua karyawan kontrak akan di berhentikan. Para karyawan kontrak menanggap  bahwa keputusan tersebut merupakan keputusan secara sepihak, Sun-Hee, Hye-Mi, Soon-Rye, dan karyawan perempuan lainnya seperti Ok-Soon dan Mi-Jin. Memutuskan untuk melakukan mogok kerja, dengan menggelar serangkaian protes, dan di tambah lagi dengan bergabungnya Junior Manager Dong-Joon, yang merupakan satu-satunya wakil laki-laki dalam aksi mogik kerja tersebut.

Tafsiran Isi 2
Konflik dalam film ini dimulai dari pemberhentian kerja secara sepihak yang dilakukan oleh perusahaan, di tambah lagi dengan digantinya karyawan kontrak dengan pekerja paruh waktu, sehingga membuat para pekerja kontrak melakukan aksi mogok kerja dengan tujuan agar mendapatkan keadilan dan dapat bekera seperti semula. Namun Hye-Mi mengkhianati karyawan kontrak lainnya dengan berhenti melakukan aksi mogok kerja dan kembali bekerja di supermarket, agar ia dapat menghidupi anaknya.

Tafsiran Isi 3
Jika film ini di bandingnkan dengan cerita aslinya ada sedikit perbedaan. Dalam cerita asli aksi mogok kerja yang dilakukan para karyawannkontrak di selesaikan dengan di pulihkannya beberapa karyawan. Tetapi pada film ini tidak ada penyelesaian dakam konflik tersebut.

Tafsiran Isi 4
Film ini mengandung pesan moral agar kita saling menghargai dan peduli terhadap orang lain baik orang tersebut lebih tinggi atau lebih rendah  jabatannya dari kita. Dong-Joon yang merupakan  Junior Manger yang tidak di berhentikan, membatu dalam melakukan aksi mogok kerja dengan para karyawan kontrak lainnya. Film ini juga di tayangkan di Toronto International Film Festival berkat Exitecement masyarakat yang cukup besar, termasuk para fans Boyband EXO. Karena salah satu member EXO yaitu D.O (Do Kyung-Soo) yang berperan sebagai Tae-Young, salah seorang putra Sun-Hee. Bahkan dia terlibat sebagai pengisi Original Soundtrack dengan lagu berjudul Scream.

Tafsiran isi 5
Dalam film ini Hye-Mi terlalu mementingkan dirinya sendiri, dia tidak setekun Sun-Hee. Bahkan Sun-Hee rela mengerjakan tugas Hye-Mi sampai ia lembur. Selain itu Hye-Mi juga berkhianat terhadap para Karyawan kontrak lainnya, padahal dia yang mengajak Sun-Hee bergabung dalam aksi mogok kerja, dan dia juga yang menjadi perwakilan dalam aksi mogok kerja.

Evaluasi
Sayang, dalam film ini tidak ada penyelesaian terhadap konflik pemutusan hubungan kerja secara sepihak. Film ini diakhiri dengan bergabungnya kembali Hye-Mi dalam aksi mogok kerja. Selain itu, film ini juga menggambarkan tanggung jawab Seorang kakak terhaap adiknya. Seperti Tae-Young yang menjaga adiknya saat ibunya (Sun-Hee) melakukan aksi mogok kerja.

Rangkuman
Dari paparan tadi dapat disimpulkan bahwa film "Cart" merupakan wujud kepedulian terhadap karyawan. Film ini juga menyajikan drama ensemble dan kritik sosial. Film ini layak untuk di tonton.

Daftar Pustaka :
https://en.wikipedia.org/wiki/cart%28fil%29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar