Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016

SaatCintaSelaluPulang “Refrain”

DisusunOleh : Rima Sulistiyani
 
 
Judul            : Refrain
Tahun           : 20 Juni 2013
Sutradara     : FajarNugros
Pemain        : MaudyAyunda, Afgansyah Reza, Chelsea Elizabeth Islan, MaximeBouttier,                                           StevaniNepa.

Orientasi :
            Refrain adalah sebuah film yang di adaptasi dari sebuah novel laris berjudul sama karangan WinnaEfendi. Refrain sebuah film drama yang berceritakan tentang kisah cinta dunia remaja di zaman ini. Film ini disutradarai oleh Fajar Nugros dan Achmad Haqi sebagai penulis scenario (kelahiran 1990).Film ini diproduksi oleh Maxima Pictures dengan durasi film 110 menit.

Tafsiran Isi 1 :
            Film ini berceritakan tentang persahabatan Niki dan Nata yang sudah terjalin sedari kecil. Keduanya menjejaki masa remaja bersama-sama. Mereka bahkan bertaruh. Siapa yang lebih dulu jatuh cinta, harus segera bercerita. Suatu ketika sekolah mereka kedatangan murid baru yang bernama Ana ini merupakan anak dari artis favorit Niki. Ada juga Oliver, Kapten Basket Sekolah yang menjadi pacar pertama Niki.

Tafsiran Isi 2 :          
            Persahabatan Nata dan Niki pun semakin berwarna dengan kedatangan Ana. Tanpa diduga, ternyata Niki disukai oleh Oliver, cowok basket dari sekolah lain. Singkat cerita mereka berpacaran. Hal itu yang membuat Nata cemburu. Nata menyimpan rasa cinta untuk Niki yang tidak disadari oleh Niki. Persahabatan mereka semakin runyam ketika Ana mengutarakan perasaannya kepada Nata. Dengan sedih, Nata mengucapkan bahwa dia mencintai Niki. Niki yang mencuri pembicaraan tersebut sontak kaget.Sejak saat itu hubungan persahabatan Nata dan Niki menjadi berantakan. Mereka tidak bisa lagi sedekat dahulu. Dalam kejauhannya dengan Nata, Niki yang masih berpacaran dengan Oliver bimbang. Ditengah kebimbangan itu, saat sekolah mengadakan Prom Night untuk acara perpisahan. Tidak disangka Oliver bukan dating dengan Niki melainkan dengan Helena. Merasa sakit hati Niki pulang diiringi dengan Nata yang menemaninya, setibanya dirumah Nata mengatakan bahwa dia harus pergi ke Austria untuk sekolah musik. Keesokan harinya Niki tidak sempat mengantar Nata. Ia merasa sedih dan kehilangan saat ia menerima sebuah amplop biru yang berisikan surat cinta Nata pada dirinya.

Tafsiran Isi 3 :
            Selang 5 tahun kemudian Niki sudah menjadi desainer muda. Tidak disengaja ia menemukan surat yang terjatuh, surat dari seorang Nata dan akhirnya Niki memutuskan untuk menemui Nata di Austria. Tidak sia-sia Niki berhasil menemukan Nata sedang bermain piano dan pada saat mereka berkeliling menggunakan delman Niki member surat kepada Nata yang bertuliskan “ it’s always been you too” yang berarti bahwa Niki membalas perasaan Nata padanya.

Tafsiran Isi 4 :
            Dalam film ini Maudy Ayunda (Niki) berhasil membawa karakter Niki yang tidak jauh beda dengan karakter Kugy perannya di film sebelumnya. Selain itu yang tak bisa lepas diperhatikan adalah fashion dari Niki. Fashionnya cantik dan menarik, cocok untuk Maudy Ayunda. Kharisma Afgan juga cukup bermain. Siapa yang tidak betah menonton lesung pipi pria berkacamata ini. Lagu yang dibawakan Afgan di akhir cerita juga cukup bagus. Setting terakhir film Refrain banyak menggambil suasana kota Austria yang dikenal kota Musik, kota yang ramah dan berhasil membuat cerita di film ini semakin menarik dan ending yang manis.
            Kelebihan lainnya dalam film ini adalah dialog yang digunakan kekinian membuat para penonton merasa semua kata perkata yang keluar adalah alami tidak dari skrip. Dan adegan –adegan lucu dimana peran Niki yang ceroboh berbanding terbalik dengan sikap Nata, keaktingan mereka berdua patut di acungi jempol dalam film ini. Membuat kekurangan-kekurangannya tertutupi

Tafsiran Isi 5 :
            Dilihat dari persahabatan yang membuahkan cinta film ini bisa dibandingkan dengan film Milli dan Nathan tetapi di film itu Nathan langsung berani mengungkapkan perasaannya dan Milli juga tidak masalah hingga akhirnya penonton dibawa dengan kisah percintaan mereka dengan berbagai konflik yang lumayan tidak membosankan dan bisa juga dilihat dengan ending film ini Milli dan Nathan tidak bersatu melainkan Nathan yang pergi meninggalkan Milli. Tidak dengan film Refrain yang Happy Ending nya sudah bisa ditebak. Didalam adegan Niki dating ke prom night kelulusan sekolahnya tanpa di temani Oliver, ia dihianati oleh Oliver yang dating bersama temen Cheerledersnya (Helena). Adegan tersebut, membuat cerita Refrain nyaris seperti sinetron datar, dan alurnya sangat membosankan. Juga peran Annalise yang terlalu kaku dan memaksakan sekali jika ia pemain baru. Dan itu sedikit kekurangan dari film ini.

Evaluasi :
            Persahabatan Nata dan Niki terjalin sejak kecil, namun persahabatan itu berantakan karena Nata memiliki perasaan lebih dari sekedar sahabat kepada Niki, namun Niki menganggap Nata hanya sebagai sahabatnya saja.
            Setelah mengetahui perasaan Nata kepada Niki lebih dari sahabat, Niki mendadak menjauhi Nata Karena Niki mempunyai kekasih bernama Oliver. Namun tidak disangka Oliver menghianati perasaan Niki dengan dating ke Prom Night bersama Helena. Akhirnya Niki pulang ke rumah bersama Nata, dan sesampainya dirumah Nata mengatakan kepada Niki kalau dia akan pergi sekolah ke Austria mengambil sekolah music. Niki terkejut mendengar itu semua, lalu Nata dan Niki berpisah jarak karena Nata berada di Austria. Pada suatu hari Niki membaca surat cinta pemberian Nata, dan akhirnya Niki menyusul Nata ke Austria. Dan akhirnya Niki bisa menyaksikan lagu pertama yang dibawakan Nata untuk Niki. Akhirnya mereka bertemu dan Niki membalas surat cinta Nata dengan memberikan amplop berwarna biru yang bertuliskan “ It’s always been you too “. 

Rangkuman :
Film ini pun sangat cocok untuk para remaja dan para penggemar Maudy Ayunda dan Afgan dimana soundtracknya juga mereka yang meyanyikan. Quotes2 dari buku karangan Winna Efendi juga dapat diambil dari film ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar