Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 Mei 2016

Hujan Meteor



Disusun oleh: Dinda Bella Sabrina






Hujan Meteor
Hujan meteor adalah penomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Seperti yang sudah di wartakan sebelumnya, oktober menjadi bulan paling fenomenal di dunia astronomi. Terdapat sepuluh penampakan cantik yang bisa di amati banyak orang di langit pada bulan ini, itu pun jika beruntung dilihat pada waktu yang sesuai



Salah satu penampakan yang paling di tunggu banyak orang di dunia adalah hujan meteor orionid. Penampakan meteor orionid akan tampak secara jelas di sebagian wilayah Inggris, Eropa utara - timur,  dan Amerika utara. Secara ilmiah, orionid terjadi di konstelasi orion meskipun tidak sebesar meteor perseid, meteor ini memiliki silsilah yang cukup implesif. Asal muasal orionid,  meteor ini  sebetulnya merupakan puing-puing antariksa Komet Halley yang terbentuk dan di bakar di atmosfer. Puing tersebut membentuk batu - batu bercahaya yang terbang melintasi antariksa.
Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang di namakan Meteorid, yang memasuki  atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi.  Hujan meteor terjadi setiap tahun tidak hanya menjadi  pemandangan malam yang menakjubkan bagi manusia di bumi. Dalam setahun sedikitnya terjadi delapan puncak hujan  meteor pada bulan - bulan tertentu. Jika beruntung yang melihat peristiwa hujan meteor tersebut bisa memiliki kesempatan melihat setidaknya 100 meter jatuh menghiasi angkasa selama waktu satu jam dengan mata telanjang.

Dalam setahun, setidaknya terjadi delapan puncak hujan meteor pada bulan - bulan tertentu. Meskipun tidak mencapai permukaan bumi sisa hujan meteor  yang   terbakar dapat mengotori eksosfer dan terjadi salah satu penyebab pemanasan global.

Sumber:    Http://id.wikipedia.org/wiki/hujan_meteor
                 Http:// tekno.liputan6.com/read/penampakan-hujan-meteor-orionid
                 Http://tekno.liputan6.com/read/penampakan-hujan-meteor-perseid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar