Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Mei 2016



“Surat Kecil Untuk Tuhan : Perjuangan Melawan Ganasnya Kanker”
Di Susun Oleh : Kharisma Alya Putri






Judul film      : Suat Kecil Untuk Tuhan
Jenis Film       : Drama/family.
Produser         :Sarjono Sutrisno.
Produksi         : Skylar Pictures.
Penulis            : Beby Hasibuan.
Durasi             : 100 menit.
Sutradara       : Harris Nizam.
Pemain :

  • Dinda Hauw sebagai Keke
  • Esa Sigit sebagai Andi
  • Egi John Foreisythe sebagai Chika
  • Dwi Andhika sebagai Kiki
  • Alex Komang sebagai Ayah
  • Ranty Purnamasari sebagai Ibu.
    Orientasi 1

    Surat Kecil Untuk Tuhan adalah film drama dan biografikal Indonesia yang bercerita tentang cerita pilu seorang gadis penderita kanker jaringan lunak atau Rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia. Kisah perjuangan gadis bernama Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika dikisahkan kembali menjadi sebuah film setelah sebelumnya dikisahkan dalam bentuk novel karya Agnes Danovar.

    Orientasi 2

    kisah dalam film ini diperankan oleh Dinda Hauw sebagai Keke, gadis yang bejuang melawan kanker,Esa Sigit sebagai Andy,kekasih Keke yang selalu ada untuknya,Egi John Foreisythe sebagai Chika dan Dwi Andhika sebagai Kiki,keduanya merupakan Kakak laki-laki yang sangat perduli kepada Keke,Alex Komang sebagai Ayah dan Ranty Purnamasari sebagai Ibu,mereka adalah orang tua yang rela berjuang demi kesembuhan anaknya,Heri Savalas sebagai Pak Yus,ajudan yang tidak penah meninggalkan Keke dan selalu bersama Keke.

    Tafsiran Isi 1

    Film ini menceritakan Gita Sesa Wanda Cantika atau yang dikenal dengan nama panggilan Keke,seorang gadis remaja berusia 13 tahun. Ia memiliki kedua orangtua yang sangat menyayanginya,dua orang kakak laki-laki yang bernama Chika dan Kiki,dan juga ajudan sang Ayah yang bernama Pak Yus. Mereka hidup bahagia dan saling perduli satu sama lainnya,namun semua berubah ketika orang tuanya bercerai. Namun Keke tetap semangat menjalani hari-harinya dengan keenam sahabatnya dan kekasihnya yaitu Andy.

    Tafsiran Isi 2

    Film Surat Kecil Untuk Tuhan memperlihatkan kepada kita bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Keke yang terlahir dari keluarga yang Kaya namun memiliki ujian hidup yang sangat besar,keluarga yang sangat ia cintai kini hanya tinggal kenangan,canda tawa Ayah dan Ibunya tak mungkin ia lihat lagi,keperdulian kakak-kakaknya semakin berkurang semenjak terjadinya perceraian diantara kedua orangtua mereka.

    Tafsiran Isi 3

    Takdir Tuhan Yang Maha Esa memang tak bisa diubah,keluarga yang terlihat harmonis dan saling mencintai ternyata harus berakhir dengan adanya perceraian,pertengkaran demi pertengkaran diantara kedua orangtua Keke yang menyebabkan perceraian itu terjadi. Namun Keke tidak patah semangat,Ia tetap menjalani hari-harinya dengan tabah,di sekolahnya Ia menjadi anak yang aktif,Ia gemar menempelkan tulisan atau artikel di mading dan latihan menari bersama keenam sahabatnya.

    Tafsiran isi 4

     Setelah orangtuanya yang bercerai,kini Keke mendapatkan ujian baru dari Tuhan yaitu terserang penyakit Kanker Jaringan Lunak pertama di Indonesia. Penyakit berawal saat Ia sedang bersekolah, tiba-tiba kepalanya sakit dan hidungnya keluar darah,akhirnya Keke dilarikan ke rumah sakit oleh Ayah dan Kakaknya. Setelah Keke diperiksa,dokter yang memeriksanya memberitahukan pada Ayahnya bahwa Keke terserang Kanker Jaringan Lunak. Mendengar hal tersebut Ayahnya sangat terpukul,Ia tak tega jika harus memberitahukannya kepada Keke,sehingga Ia hanya mengatakan bahwa Keke hanya sakit mata saja,tidak ada yang serius.

    Tafsiran isi 5

     Penyakit Kanker Jaringan Lunak akan berkembang selama 5 hari sekali,Ayah Keke tidak tinggal diam,Ia mencari orang yang dapat menyembuhkan penyakit anaknya,hal tersebut membuat Keke tahu,bahwa penyakitnya adalah Kanker bukan penyakit mata biasa. Setelah mengetahui penyakitnya,Keke dan sahabatnyapun menangis,kesedihan yang amat dalam terlihat dari ekspresi wajah teman-temannya,ajudannya serta Ayahnya yang mengantarkan Keke berobat.

    Tafsiran isi 6

    Hari-hari Keke ditemani oleh orang-orang terdekatnya,namun Ia malu dan tidak percaya diri karena wajahnya yang semakin membengkak,hanya Andy kekasihnyalah yang dapat membuat Keke semangat untuk melawan penyakit yang dideritanya. Setelah menemukan sesorang yang dapat menyembuhkan penyakit Keke,Ia menjalani pengobatan demi pengobatan,sampai akhirnya Keke dinyatakn bersih dari Kanker.

    Tafsiran isi 7

    Perjuangannya belum berakhir sampai disini,konflik demi konflik terjadi,setahun kemudian Kanker itu kembali,lebih parah dan mematikan,meski sudah ditolak di rumah sakit manapun,Ayah Keke tidak pernah menyerah,terbukti dalam film ini ayah Keke mancari dokter sampai ke pedalaman bahkan keluar negeri demi menyembuhkan penyakit Keke yang semakin parah sampai ia tak sanggup berjalan,dan rambutnya yang lama-kelamaan habis karena pengobatan.

    Tafsiran isi 8

    Lagi-lagi kita hanya manusia yang mampu berusaha dan berdo’a,Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya,pada tahun 2006 Keke meninggal dunia. Pada film ini sangat terlihat bahwa semua orang-orang terdekat keke sangat terpukul sekali,sebelum kepergiannya Keke sempat menulis surat yang ia beri judul “Surat Kecil Untuk Tuhan” Ia juga meminta keluarganya untuk bersatu kembali,untuk akur satu dengan lainnya dan tidak ada lagi pertengkaran setelah Ia pergi meninggalkan dunia.

    Tafsiran isi 9

    Film ini sangat baik dan layak untuk semua kalangan,bukan hanya untuk para remaja yang mengalami kisah percintaan dan kehidupan dimana biasanya dihabiskan untuk bermain-main bersama sahabat namun juga kepada setiap orangtua yang harus menjaga keutuhan keluarganya. Banyak sekali pelajaran hidup yang diajarkan,sehingga bukan hanya menonton kita juga dapat belajar banyak hal dari kisah perjuangan seorang gadis remaja yang mengalami ujian yang sangat besar semasa hidupnya.

    Evaluasi 1

     Film yang disutradarai oleh Harris Nizam ini banyak memiliki kelebihan,penyampaian makna dari setiap adegan dalam film ini tersampaikan kepada kita yang menonton,misalnya dalam adegan sedih,pemeran memainkan perannya dengan sangat baik sehingga terasa seperti nyata. Terlebih bahwa ini merupakan kisah nyata dari Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke,beban hidup yang Keke hadapi benar-benar membuat kita tersentuh dan berfikir,bahwa kita dilahirkan untuk beribadah kepada Tuhan dan menerima setiap takdir yang Tuhan berikan.

    Evaluasi 2

     kuatnya skenario kehidupan Gita Sesa Wanda Cantika,atau yang biasa dipanggil Keke,sungguh sangat kental ditangkap oleh penonton. Selain penyampaian yang sangat baik,latar,waktu,tempat sampai penokohan pada film ini juga terlihat rapih,sehingga penampilan dalam film juga terlihat menjiwai atau sesuai dengan peran dan watak. Namun,dalam film ini ada sedikit kekurangan,yaitu dari segi kostum,dalam film ini seragam sekolah Keke menggunakan rok dan baju lengan panjang tetapi hanya dihari-hari tertentu saja yang menggunakan kerudung.

    Rangkuman

     Dari paparan diatas,dapat disimpulkan bahwa film “Surat Kecil Untuk Tuhan” mengajarkan kita arti kehidupan yang sebenarnya,bagaimana kita harus bersikap Ikhlas terhadap takdir Tuhan,tetap semangat dan berusaha dalam menghadapi cobaan apapun dalam hidup ini,kita hanya manusia yang dapat berdo’a dan berusaha semua hasil akhir ada di tangan Tuhan Yang Maha Esa.

    sumber :


     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar