Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI : "KEBAKARAN"

Disusun oleh :
Fadhil Ahaddin (XI AP 1)



Pernyataan umum
Kebakaran pemukiman adalah keadaan dimana prmukiman dilanda api shingga menimbulkan kerugian harta bahkan nyawa. Kebakaran sering terjadi akibat ulah manusia yang lalai dalam kehidupannya sehari – hari yang mengakibatkan terjadinya kebakaran. Kebakaran permukiman yang paling sering terjadi adalah di Jakarta karena jarak antara rumah yang berdekatan, terutama di daerah Jakarta Barat.

Urutan sebab akibat
-          Penyebab
Kebakaran disebabkan karena berbagai aktivitas manusia. Yang pertama disebakan oleh penggunaan listrik yang berlebih, pemasangan instalasi yang tidak sesuai prosedur, membakar sampah dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan semuanya karena nanti menjadi tidak efektif.

-          Akibat
Aktivitas manusia yang lalai ini memberikan dampak bagi bumi dan kehidupan yang ada di dalamnya. Yang pertama menyebabkan kehilangan harta benda, kehilangan nyawa, kerusakan lingkungan, kerusakan sarana dan prasarana, menimbulkan penyakit dan masih banyak lagi.

-          Upaya
Upaya dalam menghindari terjadinya kebakaran yaitu dengan memperhatikan dalam penggunaan listrik, penggunaan kompor, pemasangan instalasi listrik, pembakaran sampah, memperhatikan kabel – kabel apakah masih layak pakai atau tidak, memberi jarak antar satu rumah dengan rumah lain dan sebagainya


Sumber :

http://pengertian-definisi.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-dan-definisi-kebakaran-hutan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar