Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 18 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI



PENGANGGURAN
Oleh : Iis Aisyah

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali,sedang mencari kerja,atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran juga menjadi masalah dalam perekonomian. Pengagguran dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti, pengangguran friksional, pengangguran musiman, dan pengagguran slikal.
Pengangguran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor pribadi seperti faktor kemalasan, faktor dari cacat atau umur, dan rendahnya pendidikan dan keterampilan. Faktor utama yang menyebabkan pengangguran itu seperti penduduk yang relatif  banyak, teknologi yang semakin modern, penerapan resonialisasi, adanya lapangan kerja yang dengan dipengaruhi musim. Seseorang tidak mendapat pekerjaan dapat dikarenakan kurangnya informasi, tidak adanya sistem informasi dan penerimaan publik, atau karena sulit menerapkan kepintarannya dalam dunia pekerjaan. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulnya kekacauan politik keamanan dan sosial, akibat dari pengangguran jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan perkapita suatu negara. Yang paling utama adalah timbulnya masalah kemiskinan.
Upaya yang dapat dilakukan dalam menangani pengangguran dapat berupa peningkatan mobilitas tenaga kerja dan moral, pengelolaan permintaan masyarakat, penyediaan informasi tentang kebutuhan tenaga kerja, memperbaiki pertumbuhan ekonomi,meningkatkan program pendidikan dan pelatihan kerja serta berusaha menjadi wiraswasta dan wirausaha.

SUMBER : http://maiardiningsih.blogspot.co.id/2015
                    http://adiprastowo-97.blogspot.co.id/p/artikel-pengangguran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar