Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 29 Mei 2016

Komet

Komet
Disusun Oleh : Willy


Pernyataan Umum :
Komet. secara umum komet adalah benda langit yang diselubungi kabut tipis panjang dan menyerupai ekor. Komet biasa disebut bintang berekor. Komet Halley yang terkenal muncul setiap 76 tahun sekali. Hal-hal yang perlu diingat tentnag komet adalah bagian fisik komet yakni nuklus ( bagian inti yang terdiri atas debu, metana beku, karbondiosida beku), koma (gas yang terlihat di sekeliling nuleus), lapisan hidrogen (lapisan yang menyelubungi koma), dan ekor komet (gas bercahaya yang memanjang dan panjangnya mampu mencapai satu satuan astronomi (1 SA = jarak antara bumi dan matahari). Komet mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong. Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit matahari. Komet berbentuk kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari matahari. Tetapi ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor.

Urutan Sebab Akibat :
Komet berasal dari awan Oort yang terletak di sisi luar sistem tata surya. Awan Oort berisi triliunan komet. Seiring berjalannya waktu, komet-komet berpisah dari awan dan terlempar ke matahari. Inti komet terletak di pusat, terbuat dari gas serta debu batuan dan merupakan benda padat yang stabil. Pada saat komet mendekati matahari, sebagian materi tersebut terlempar dari permukaan inti komet.
  

Urutan Sebab Akibat :
Ekor ion, dapat mencapai 100 juta kilometer, terbentuk dari proses ionisasi gas pada saat berinteraksi dengan angin matahari; dan ekor komet selalu menjauhi matahari. Hal ini disebabkan oleh angin matahari menerpa awan gas yang melingkupi komet. Ketika komet mendekati matahari, ekornya terbentang ke belakangnya.

 Urutan Sebab Akibat :
Akibatnya gravitasi dari bintang lain di sekitar Matahari dapat mengganggu keseimbangan awan ini dan mengirimkan beberapa komet secara acak menuju Matahari. Komet tersebut akan menjadi komet periode panjang, yang orbitnya hampir mirip dengan parabola dan periode revolusinya mengelilingi Matahari mencapai 200 hingga jutaan tahun.

Sumber : 

https://id.wikipedia.org/wiki/Komet

http://umum-pengertian.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-komet-secara-umum-adalah.html 

1 komentar: