Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 30 Mei 2016

Kegigihan Seorang Penderita Syndrome Asperger’s dalam Film “My Name Is Khan”

Disusun oleh : Istito'ah



1. Judul Film   : My Name Is Khan
2. Tahun  Rilis : 12 Februari 2010
3. Sutradara    : Karan Johar
4. Pemain        : 1. Shah Rukh Khan sebagai Rizwan Khan
                          2. Kajol sebagai Mandira

Orientasi
My name is khan merupakan film yang disutradarai oleh Karan johar. Film ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan kajol. Dalam film ini Shah Rukh Khan berperan sebagai Rizwan Khan yaitu seorang pria muslim yang menderita Sindrom Asperger. Sedangkan Kajol berperan sebagai Mandira yaitu seorang janda yang bekerja di tempat kecantikan  dan memiliki seorang anak bernama Sameer. Film ini dirilis pada tanggal 12 Februari 2010.

Tafsiran Isi 1
Film "My name is khan" bercerita tentang sosok Rizwan Khan, seorang anak muslim dari india yang sejak lahir menderita sindrom asperger yaitu sebuah gangguan autisme dimana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Rizwan tinggal bersama ibunya Razia Khan dan adiknya Zakir Khan di wilayah Borivali-Mumbai. Meskipun Rizwan Khan tidak seperti manusia normal lainnya namun beliau memiliki kelebihan tersendiri, terutama kemampuan dalam memperbaiki hal-hal mekanis. Pada usia 18 tahun, Zakir mendapatkan beasiswa untuk belajar di Amerika Serikat. Tidak lama kemudian ibunya meninggal dunia. Setelah kematian ibunya, Rizwan memutuskan untuk tinggal di Amerika Serikat bersama adiknya Zakir Khan. Rizwan bekerja sebagai sales yang mempromosikan produk kecantikan. Disini pula awal pertemuan Rizwan Khan dengan Mandira. Akhirnya Rizwan menyukai Mandira  dan selalu datang ke salon tempat Mandira bekerja. Kemudian mereka menikah dan tinggal di Banville, bertetangga dengan keluarga Garrick.

Tafsiran Isi 2
Namun kebahagian dalam keluarga mereka tidak berlangsung lama semuanya berubah sejak kejadian 9/11. Suatu ketika istrinya mengalami depresi berat akibat terbunuhnya anak mereka yang bernama Sameer dalam sebuah insiden yang dilatarbelakangi kebencian teman-temannya karena Sameer adalah anak seorang muslim. Kematian itu tidak bisa diterima oleh mandira dan akhirnya mandira mempersalahkan keputusannya menikah dengan seorang muslim, mandira pun dalam keadaan emosi yang luar biasa meluapkan amarahnya kepada Rizwan dan meminta suaminya ini memberitahukan kepada seluruh masyarakat Amerika dan presiden Amerika Serikat bahwa yang bernama Khan bukan teroris dan Sameer bukan teroris.

Tafsiran  Isi 3
Telah berbulan-bulan dan berbagai upaya terus dilakukan agar dapat menemui presiden Amerika Serikat untuk mengatakan “My Name Is Khan, and I’m not a terrorist!”. Dalam perjalanan Rizwan banyak menghadapi tantangan dan rintangan seperti ditangkap dan dipenjara karena dituduh sebagai seorang teroris. Kemudian beliau terbukti tidak bersalah dan dibebaskan, setelah bebas dari penjara Rizwan pun melanjutkan perjalanannya untuk menemui sang presiden. Dengan kebaikan, kejujuran dan usaha Rizwan membantu warga Wilhemina yang terkena badai banjir. Kebaikan Rizwan Khan mendapat perhatian dari seluruh masyarakat Amerika Serikat dan juga Mandira telah menyadari kesalahannya dan menyusul Rizwan untuk kembali menyalakan cinta mereka. Pada akhirnya Rizwan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat dan berkata kepadanya “Your name is Khan and you are not a terrorist”.

Tafsiran isi 4
Film “My Name Is Khan” memiliki kelebihan yaitu dapat membuka pandangan tentang islam, bahwa segala sesuatu yang bersifat negatif tidak selalu seperti yang dipikirkan. Misalnya, pandangan bahwa seluruh orang yang beragama islam adalah teroris, namun pada kenyataannya tidak semua orang islam adalah teroris. Selain itu film ini mengandung pesan moral bahwa membantu dan menolong orang tidak harus memandang Agama, Suku, Ras dan Budaya. Dalam film ini juga menggambarkan Adanya sesuatu gambaran yang real tentang kehidupan umat muslim Amerika pasca serangan 9/11.

Tafsiran Isi 5
Selain itu, film "My Name Is Khan" juga mempunyai kekurangan yaitu terdapat adegan kekerasan seperti Sameer yang dianiaya dan dipukuli oleh teman-temannya yang berujung pada kematian karena ayahnya merupakan seorang muslim dan juga pada saat Rizwan diintrogasi oleh Aparat kepolisian.

Evaluasi
Dalam film "My Name Is Khan" secara keseluruhan, film ini layak ditonton untuk semua kalangan khususnya bagi kalangan menengah karena memiliki banyak pesan moral. Film "My Name Is Khan" juga merupakan hasil produksi kolaborasi antara Dharma Productions, milik keluarga Karan Johar (Sutradara) dengan Red Chillies Entertainment, milik Shah rukh Khan. Dimana istrinya, Gauri Khan, sebagai CEO-nya. Film ini jarang sekali diminati di india Tetapi di luar India film ini menjadi film Shah rukh yang paling diminati dan telah mampu menghasilkan uang yang cukup besar yaitu, sebesar USD 23 juta.

Rangkuman
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa film "My Name Is Khan" Yang diadaptasi dari pengalaman pribadi sangat memotivasi dari segala sisi. Baik dari sisi keyakinan, toleransi, kasih sayang dan sebagainya. Film ini layak untuk ditonton semua kalangan khususnya kalangan menengah. Di samping itu untuk umat muslim kita dapat mencontoh seorang "Khan" yang membela agama serta bertoleransi kepada setiap agama. Beliau hanya mengenal 2 jenis manusia yaitu orang yang baik dan orang yang jahat namun dalam keadaan seperti itu khan tetap berbuat baik terhadap orang yang telah berbuat jahat kepadanya. Untuk itu kita umat yang beragama harus bisa bertoleransi agar hidup menjadi rukun.

  
Sumber :

  1. http://www.semuabollywood.com/2015/06/5-film-bollywood-terlaris-sepanjang-masa-di-luar-india.html?m=1  (Diakses pada tanggal 28 Mei 2016)
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/My_Name_Is_Khan  (Diakses pada tanggal 18 Mei 2016)
  3. http://www.jagocinema.com/my-name-is-khan-2010-teks-bahasa-indonesia/       (Diakses pada tanggal 18 Mei 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar