Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 25 Mei 2016

3600 Detik : Perjuangan Seorang Pelajar Untuk Menjadi Yang                                                   Terbaik
 Disusun oleh : DWI CHAIRUN NISA


Judul               : 3600 Detik
Tahun             :  2014
Sutradara        : Nayato Fio Nuala
Pemain            : 1. Shae (sandra)
                          2. Steven William (Leon)
                          3. Wulan Guritno (mama sandra)
                          4. Indra Birowo (pak doni)
                          5. Febi Febiola (mama leon)
                          6. Ponco Buwono (papa sandra)
                          7. Joshua Suherman (teman leon)
Orientasi        
            3600 detik merupakan salah satu novel populer karya Charon. Novel jenis teenlit ini  pertama kali diterbitkan melalui Gramedia Pustaka Utama pada Mei 2008. Novel ini  menceritakan kisah hidupnya sandra yang berubah          drastis setelah ayahnya dan  ibunya becerai. Namun pada akhirnya ada leon yang mampu merubahnya menjadi  lebih baik.

Tafsiran
            Kehidupan Sandra tiba-tiba berubah ketika kedua orang tuanya bercerai. Karena ingin memperlihatkan kemarahannya, ia menunjukkan dengan mengecat merah rambutnya. Namun akhirnya justru teman-teman sandra tidak mau lagi beteman dengannya. Sang mamah kemudian mencoba memperbaiki keadaan tersebu dengan mengajak sandra untuk pergi dan pindah diluar kota. Di sekolah barunya Sandra bertemu dengan seorang laki-laki juara kelas bernama Leon. Juka sebelumnya teman-temannya takut karena Sandra bertingkah urakan serta rambut merahnya yang terlihat aneh. Leon justru menawarkan sebuah pertemanan.
             Atas perintah pak Doni, Leon membawa sandra pada kehidupan baru. Leon ditugaska untuk mengawasi Sandra serta membuat jadwal untuk belajar bersama. Seiring berjalannya waktu Leon dan Sandra semakin dekat. Kehidupan Leon sebelumnya terasa datar kini terisi dengan warna baru dengan kehadiran Sandra. Begitu pula sebaliknya, Sandra yang dikenal urakan kini bisa lebih baik akibat bantuan Leon. Ketika hubungan keduanya semakin erat,justru Leon menghilang dan tidak dapat dihubungi. Ternyata Leon memiliki sebuah rahasia besar yang tidak  diketahui Sandra. Sandra beusaha menghibur Leon,meski hanya punya waktu 3600 detik,sandra mengajak Leon bersenang-senang.
            Film ini sangat inspiratif, sutradara Nayato Fio Nuala cukup mampu membuat film yang diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Charon ini dengan sangat baik. Berbeda dengan film-film Nayato sebelumnya, film ini tampak digarap lebih serius dari biasanya. Adegan demi adegan mengalir tetap menjadi ciri khas gaya penyutradaraan Nayato. Penonton seperti tidak diberi ruang untuk menghela nafas dan merenungkan adegan-adegan yang mengharukan. Boleh saja Nayato tak mau basa-basi,tapi film sebagai media audio visual tentu harus membuat gambar adegan tidak sekedar adegan tapi lebih dari iu,gambar yang mampu bicara.
             Padahal penulis skenario Haqi Ahmad cukup bagus dalam mengadaptasi film ini dengan baik dan komunikatif. Ada yang sesuatu yang seperti hendak disampaikan Haqi dengan pesan-pesan yang tersirat. Dari cerita yang sebenarnya bukan hal baru perihal hubungan anak dan orang tua,serta arti tulus persahabatan tapi Haqi berusaha keras untuk mengaktualkan cerita biasa menjadi luar biasa.

Evaluasi
            Keunggulan film ini yaitu,mempunyai tema yang bagus sehingga dapat membuat pembaca masuk dalam cerita. Jalan ceritanya juga tersusun rapih mulai dari awal  sampai akhir. Gaya bahasa yang mudah dipahami. Serta yang paling penting film ini mempunyi pesan moral tinggi.
Kelemahan film ini seperti kebanyakan novel-novel “Teenlit” yaitu jalan ceritanya mudah sekali ditebak leh pembaca. Serta sedikitnya permasalahan dalam cerita yang ada di film tesebut,sehingga terdapat kesan yang kurang seru.

Rangkuman

            Setelah menonton dan mengulas teks 3600 detik menurut saya ini layak untuk dibaca dan ditonton oleh anak-anak yang mengalami broken home karena dari film ini dapat dipetik pelajaran yang sangat penting dan berharga.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar