Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Mei 2016

ANGIN PUTING BELIUNG

Teks eksplanasi “ Angin Puting Beliung
Disusun oleh : yulianingsih





*Pernyataan umum
Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km / jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Biasanya orang menyebut angin puting beliung adalah angin leysus. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari. Angin ini dapat menghancurkan apa saja diterjangnya.
·         *Urutan sebab akibat
Angin puting beliung tertiup disebabkan oleh pemanasan yang tidak rata , dan berkait dengan konsentrasi penguapan serta adanya perbedaan antara cuaca yang ekstrem pada musim peralihan. Biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari dengan suhu udara yang sangat panas dan awan hitam mengumpul. Akibatnya radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya awan tersebut terjadi bentrok antara arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang tinggi.
·         *Urutan sebab akibat
Selain itu juga angin puting beliung terjadi akibat adanya mekanisme tekanan air hujan yang cukup besar yang turun awan hujan yang rendah membentuk comulusnimbus. Hujan yang belum turun menjadi butiran kristal es masih bertahan oleh arus udara yang naik keatas puncak. Ketika mencapai permukaan bumi ai akan bergerak ke arah tegak lurus, tetapi angin kuat yang bergerak menyebabkan terbentuknya arus udara turbulen berputar-putar semacam lesus.
Dampak dari angin puting beliung mulai dari rusaknya rumah dan infrastruktur daerah , kerugian material , puing-puing bangunan , hingga menimbulkan korban jiwa yang sangat banyak.
Penanggulangan angin puting beliung seperti mengenali dengan betul tempat tinggal , lakukan penghijauan, membuat hunian yang permanen dan kuat , buat tempat perlindungan dibawah tanah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar