Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016

Penghormatan Terhadap Guru Melalui Film “Make Me Shudder 1”





 Disusun Oleh : Suci Robbiyati

 





Sutradar               : Poj Arnon
Pemain                 : Kunatip Pinpradab (Nick)
              Kittipat Samarnragulchai (Biew)
  Puvadol Vejvongsa (James)
  Brian Richard Garton (Brian)
  Sirophop Manitikun (Net)
  Worachai Sirikongsuwan (Tape)
              Rittichai Tasarika (Oil)
  Mark Withawat Teokunileu (Mark)
Negara                : Thailand 
Bahasa                 : Thailand
Tanggal Rilis       : 3 Oktober 2013

Orientasi :
Make me shudder 1 (Mo 6/5 Pak Ma Tha Phi) merupakan film horror-comedy asal Thailand. Film ini menceritakan sekelompok anak SMP yang suka menantang hantu. Mereka suka mengunjungi tempat-tempat angker di malam hari untuk menantang hantu. Kelompok tersebut dipimpin oleh seorang laki-laki bernama Nick yang paling berani diantara yang lainnya, namun pada akhirnya diapun sama seperti yang lainnya (penakut). 

Tafsiran 1 :
Suatu malam mereka berbincang-bincang di asrama mereka. Mereka bercerita tentang sebuah gedung sekolah yang telah lama ditutup, katanya gedung sekolah tersebut berhantu. Nick mengatakan bahwa gedung sekolah tersebut berhantu karena dahulunya ada seorang siswa yang bunuh diri di sana. Namun, apa yang dikatakan Nick berbeda dengan apa yang pernah didengar oleh Oil tentang hantu di gedung sekolah tersebut. Oil pernah mendengar ceritanya bahwa gedung sekolah tersebut berhantu karena dahulunya di sana ada guru yang saling membunuh. Kemudian Nick berniat mengajak teman-temannya pergi ke gedung sekolah berhantu tersebut untuk membuktikan perkataan siapa yang benar, Nick atau Oil.

Tafsiran 2 :
Dan pada akhirnya Nick memutuskan untuk pergi ke dalam gedung sekolah yang sudah ditutup itu, dia mengajak kawan-kawannya sepulang sekolah. Akhirnya mereka berada di gedung sekolah yang sudah ditutup. Nick yang paling pemberani diantara teman-teman lainnya selalu saja tidak percaya dengan teman-temannya yang telah melihat sosok misterius di tempat tersebut, James melihat sosok nenek dan kakek tetapi Nick selalu mengatakan bahwa itu hanyalah imajinasi mereka saja. Hingga Nick menyaksikannya sendiri saat hantu tersebut menampakkan diri di depan Nick dan teman-temannya. Saat hantu tersebut datang, sekelompok anak SMP ini berlarian menjauh dari sang hantu. Mereka terus berlari dan terpisah. Nick yang selalu berkata kasar dan menghina hantu guru tersebut akhirnya mereka bertemu dengan hantu guru itu dan dibawa ke dunia yang berbeda dan di sekap oleh hantu guru tersebut Nick dan kawan-kawan akhirnya meminta maaf pada hantu guru tersebut dan tidak akan melawan kepada guru lagi dan akhirnya mereka terbebas dari hantu guru tersebut.

Tafsiran 3 :
Film make me shudder ini sama dengan film horror indonesia yang berjudul “Dilarang Masuk” yang disutradarai oleh Nayato Fio Navla. Film ini bertema horror komedi yang diperankan oleh beberapa sekelompok murid yang suka menentang hantu sama dengan film “Make Me Shudder”. 

Tafsiran 4 :
Film ini bagus ditonton oleh semua kalangan karena ceritanya yang seram tetapi lucu dan sangat cocok untuk para remaja karena dalam film tersebut mengajarkan persahabatan yang kuat dan tidak boleh menentang seorang guru. Dan pemainnya sangat mendalami peran dan tampan sehingga tidak bosan untuk menontonya begitu pun dengan make up nya yang terlihat sungguhan atau nyata.

Tafsiran 5 :
Sangat disayangkan karena film ini tidak pernah tayang di Indonesia tetapi jika ingin menikmati film ini harus mengunduh terlebih dahulu, dan pada film ini banyak adegan yang kasar tetapi lucu seperti menyumpal temannya yang sedang terkena epilepsy dengan kakinya hingga berdarah dan juga menghisap jempol kaki temannya yang sedang terluka untuk mendapatkan darah. 

Evaluasi 1:
Film yang bergenre horror-comedy ini “Make Me Shudder 1” merupakan film horror-comedy yang segar dengan pemerannya para remaja SMP yang tingkah mereka terkadang sangat lucu. Film ini lebih banyak sisi komedinya dibandingkan dengan sisi horrornya. Walaupun begitu, film ini tetap menarik untuk disaksikan bagi  yang sudah siap untuk tertawa sepuasnya.

Rangkuman :
Keseluruhan film ini menggambarkan tentang Nick dan kawan-kawan yang senang menentang hantu dan akhirnya mendapat pelajaran dari hantu guru yang mereka hina hingga pada akhirnya mereka disekap dalam sebuah gedung sekolah tua tersebut dan mengupayakan segala cara agar dapat terbebas dari gedung tersebut dengan cara meminta maaf pada hantu guru tersebut dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar