Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 24 Mei 2016

Teks Eksplanasi "Gempa Bumi"

Disusun oleh : Utami Adelya Aryati



   Pernyataan Umum :     
       Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Berdasarkan getaran gempa bumi dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang primer dan gelombang sekunder. Selain itu gempa bumi juga dapat dibedakan berdasarkan tingkat kedalamannya dibagi menjadi tiga, yaitu gempa bumi dalam, menengah, dan gempa bumi dangkal.

Penyebab :
       Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik terjadi karena kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori "Tektonik Plate" berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lain, itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu,gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Sehingga tanah di sekitar gunung bergetar bahkan getarannya sampai terasa jauh, hal itu menjjadi sebab gempa vulkanik.

Akibat :
       Peristiwa gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat dan akibat yayng ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat kesegala arah. Kerusakan atau efek yang ditimbulkan sangatlah besar, seperti hancurnya beberapa bangunan sehingga menimbulkan korban jiwa. Tak hanya itu, gempa bumi juga menimbulkan efek psikis pada anak-anak ataupun masyarakat sekitar yang mengalami bencana ini. Akan timbul trauma-trauma yang akan mengganggu masa depan mereka nantinya. 

Penanggulangan :
       Agar tidak banyak korban jiwa dalam gempa bumi, ada cara agar kita bisa menghadapi gempa bumi. Jika kita berada di dalam ruangan adalah jangan panik dan jangan berlari keluar, berlindunglah dibawah meja atau tempat tidur. Bila tidak ada, lindungilah kepala dengan bantal atau benda lainnya. Jauhi rak buku, lemari, jendela, dan sebagainya. Jika berada di luar ruangan adalah jauhi bangunan tinggi, dinding, tebing terjal, pusat listrik, tiang listrik, pohon yang tinggi, dan sebagainya. Usahakan dapat mencapai tempat yang terbuka seperti lapangan.

Sumber :
http://rizkaqurrotaaina.blogspot.co.id/2015/05/contonh-teks-eksplanasi-gempa-bumi.html  http://denyhendrawansaputra.blogspot.co.id/2015/02/contoh-teks-eksplanasi-gempa-bumi.html
http://sehatisme.com/penyebab-terjadinya-gempa-bumi/

1 komentar: