Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 18 Mei 2016

Teks Ekspelanasi

Teks Eksplanasi "Gerhana Matahari"
Disusun Oleh : Fikri Fadhlurrahman 



  • Pernyataan Umum :
     

Gerhana matahari adalah gerhana yang terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu menghalangi sepenuhnya cahaya matahari yang memancar ke bumi karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 km dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 km. tempat di bumi yang tertutup penumbra mengalami gerhana matahari sebagian (parsial). Hanya sebagian permukaan matahari yang ditutupi bulan. Sedangkan tempat yang ditutupi umbra mengalami gerhana matahari totoal. Seluruh permukaan matahari tertutup bulan.

Gerhana matahari dapat dibagi menjadi 3 jenis sebagai berikut:
a. Gerhana matahari total.
Sebuah gerhana matahari dikatakan sebagai gerhana matahari total apabila saat puncak gerhana piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari pada piringan matahari.
b. Gerhana matahari sebagian.
Gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalau ada bagian dari piringan matahari yang tertutup oleh piringan bulan.
c. Gerhana matahari cincin.
Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi jika ukuran piringan bulan lebih kecil dari pada piringan matahari. Sehingga ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan akan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

  • Urutan Sebab-Akibat
    • Proses 
Proses Gerhana Matahari
1. Gerhana matahari terjadi jika bulan berada di antara matahari dan bumi dalam satu garis lurus.
2. Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada pada fase bulan baru saat bulan memang sedang berada di antara matahari dan bumi sehingga bayang-bayang   bulan jatuh ke permukaan bumi.
3. Tidak semua area mengalami gerhana. Hanya area di bumi yang dilewati bayang-bayang bulan yang akan mengalami gerhana.
4. Di siang hari, pada saat terjadinya gerhana matahari, bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari dan pandangan kita. Lama kelamaan, matahari tertutup seluruhnya dan kita menyebutnya dengan gerhana total.
5. Bayang-bayang bulan ada dua bagian, yaitu umbra dan penumbra.
6. Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) bulan
7. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

    • Penyebab
1. Dinamisnya Pergerakan bulan, matahari, bulan
2. Piringan bulan menutupi piringan matahari
3. Adanya fase bulan baru

    • Akibat

 Ilmuwan astronomi NASA, Natchimuthuk Golpaswamy, mengatakan, fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) memiliki dampak terhadap makhluk hidup di Bumi. Khususnya, GMT akan lebih berdampak pada kehidupan hewan.

Natchimuthuk mengatakan, pada saat terjadi gerhana Matahari, di mana sebagian area menjadi gelap, maka hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan hewan. "Ketika cahaya meredup, hewan-hewan ini mengira hari sudah sore dan waktunya kembali ke habitat," ujar Natchimuthuk.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam beberapa menit daerah akan terang kembali dan hal ini menyebabkan sedikit guncangan bagi hewan. "Matahari kembali bersinar dan hewan harus kembali terbangun, tentu ini membingungkan untuk hewan," tambahnya.

Sementara pada manusia, fenomena GMT tidak akan terlalu berpengaruh sebab kecanggihan teknologi dan akal membuat manusia dapat memprediksi gerhana Matahari.

"Terhadap manusia, tentu dampaknya tidak akan banyak. Karena kita memiliki pengetahuan, kita tahu apa yang akan terjadi. Dan kita juga tahu bahwa matahari akan menghilang selama beberapa menit," ujar Natchimuthuk.

    • Upaya
Upanyanya jika kita ingin melihat gerhana matahari harus menggunakan kacamata yang sudah diberi lensa khusus untuk melihat gerhana.


              2. http://nasional.sindonews.com                       
              4. http://techno.okezone.com








Tidak ada komentar:

Posting Komentar