Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 Mei 2016

“Saya Bukan Teroris” Film dari My Name Is Khan

Oleh Iis Ariska



Judul              : My Name is Khan
Tahun             : 2010
Sutradara      : Karan Joharn
Pemain          : Shah Rukh Khan, Kajol, Shabana Azmi, Sonya Jehan, dan Jimmy S.


My Name is Khan


Orientasi:
Film “My Name Is Khan” merupakan film yang disutradarai oleh Karan Joharn, dan penata musik oleh Shankar, Ehsaan, Loy, dan Javed Akhtar dengan didistributor 20th Century Fox. Film ini diproduksi oleh Dharma Production dan Red Chillies Entertaiment dan di rilis pada tanggal 12 Februari 2010. Pemain dari film My Name is Khan ini adalah Shah Rukh Khan, Kajol, Shabana Azmi, Sonya Jehan, dan Jimmy Shergill.

Tafsiran 1:
Seorang anak beragama muslim dan berbeda dari anak–anak lain, ia menderita penyakit Asperger’s Syndrome. Ia mempunyai sikap yang sedikit aneh dan ia selalu dianiaya oleh teman teman sekolahnya. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya. Semasa kecil Rizwan ia selalu diperhatikan oleh ibunya, sehingga adik dari Rizwan merasakan cemburu. Setelah mereka dewasa, Zakir adik Rizwan memutuskan untuk mengambil beasiswa ke Amerika dan meninggalkan Rizwan dan ibunya di mubai.

Tafsiran 2:
Awal pertemuan Rizwan dan Mandira dengan secara tidak sengaja, yaitu ketika Rizwan ingin menawarkan produk kecantikan. Dan saat itu pulalah Rizwan menyukai Mandira dan selalu datang ke salon tempat Mandira bekerja. Akhirnya Rizwan dan Mandira menikah. Adiknya, Zakir tidak merestui pernikahan mereka, karena ia ingin kakaknya menikah dengan orang muslim. Tapi pernikahan itu tetap dilaksanakan dan Mandira pun langsung memeluk agama islam.

Tafsiran 3:
Namun serangan WTC pada 11 September perang Afghanistan dan agama islam merubah segalanya. Setelah kejadian peristiwa 11 September tersebut keluarga mereka dibenci oleh orang-orang yang ada di Amerika. Dan anak mereka di kucilkan gara-gara beragama islam, dan bertengkar hingga meninggal. Mandira tidak terima atas kematian anaknya dan ia merasa menyesal bahwa ia telah menikahi seseorang yang memiliki nama Khan. Mandira menyuruh Rizwan untuk bilang kepada presiden Amerika dan seluruh warga Amerika bahwa ia bernama Khan dan ia bukan teroris.

Tafsiran 4:
Rizwan pergi untuk menemui presiden Amerika hingga dan melewati berbagai rintangan. Namun karena kebaikan, usaha dan kejujurannya Rizwan membantu suku lain yang bukan beragama islam. Dan kebaikan Rizwan mendapatkan perhatian dari seluruh warga Amerika Serikat hingga Presiden Amerika Serikat tertarik untuk bertemu dengan Rizwan. Setelah bertemu, presiden langsung berkata bahwa kamu bernama Khan, dan kamu bukan teroris.

Tafsiran 5:
Kelebihan dari film ini yaitu dapat membuka pandangan tentang islam, bahwa segala sesuatu yang bersifat negatif tidak selalu seperti yang difikirkan, misalnya semua orang beragama islam itu teroris padahal belum tentu semua orang yang beragama islam itu seorang teroris.

Tafsiran 6:
Kekurangan dari film ini adalah karena durasinya terlalu lama, sehingga membuat orang yang menonton film ini sedikit agak jenuh, dan ada beberapa adegan kekerasan contohnya saat Rizwan diinterogasi oleh polisi dan saat Sameer dianiaya.

Evaluasi 1:
Secara keseluruhan film ini memang cukup bagus ditonton karena banyak pelajaran yang bisa diambil. Namun, di balik itu semua, juga harus dilihat seluruh substansi yang dikandung film “My Name Is Khan”. ini dan secara bijak memfilter pesan-pesan yang disampaikan dalam film ini. Jangan sampai diri ini tertanam pesan yang salah tentang Islam karena terbuai dengan jalan cerita dan akting tokoh-tokohnya.

Evaluasi 2:
Film ini memang mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat. Film ini turut membantu memulihkan citra bahwa Islam bukan agama terorisme seperti anggapan yang terbentuk pada masyarakat barat secara umum. Film ini juga diharapkan mampu mengurangi perlakuan rasisme yang diterima masyarkat muslim di  negara barat.

Rangkuman:

Jadi kesimpulan dari film My Name is Khan ini adalah dia seorang yang bernama Khan itu ingin membuktikan kepada presiden dan rakyat dinegara itu bahwa dia bukan teroris. Didalam film ini kita diajarkan bahwa didunia ini tidak ada bedanya antara orang hindu, muslim, dan kristen. Karena di dunia ini hanya ada 2 macam orang yaitu orang baik dan orang jahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar