Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 16 Mei 2016

Teks Eksplanasi "Apa Itu Narkoba?"

Apa Itu Narkoba?
Disusun Oleh: Darmeilia Wanda Pratiwi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAH_yW_dtBJJWOWilfkLKe2U8he8Ks2jqy2v8z7wN2ZZKhAC7rvLPcIN0jCOhfsSYEBd541JVuQPwyME2KXkpCVFZMX9P_X8U1DgEr0GPo584x6nRg9FoYglUcwzodWMgUKKmztZqzmw/s320/813696400-narkoba.jpg


Pernyataan Umum:
Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Selain "Narkoba" istilah lain yang diperkenalkan khusunya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.

Sebab-akibat:
Narkoba terbagi menjadi 3 jenis yaitu Narkotika yang berasal dari tanaman atau sintetis maupun semi sintetis, Psikotropika zat/obat alamiah atau sintetis, dan Zat Adiktif yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan.
Psikotropika zat atau obat alamiah atau sintetis bukan Narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Zat adiktif adalah bahan lain bukan Narkotika atau psikotropika yang penggunanya dapat menimbulkan ketergantungan baik psikologis atau fisik. Dampak psikologis dapat berupa tidak normalnya kemampuan berpikir, berperasaan cemas, ketergantungan/selalu membutuhkan obat. Sedangkan dampak fisik berupa gangguan pada sistem saraf(neorologis) seperti kejang-kejang, halusinasi, dan gangguan kesadaran. Pencegahan yang dapat dilakukan dalam memberantas Narkoba salah satunya melalui pendidikan dan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba. Setiap anak berhak mendapatkan informasi kesehatan reproduksi(HIV/AIDS dan Narkoba) dan dilindungi secara fisik maupun mental.
Adapun dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja, salah satunya perubahan dalam sikap, sering membolos, menjadi mudah tersinggung dan cepat marah, sering menguap, tidak memperdulikan kesehatan diri dan yang lebih parah suka mencuri untuk membeli Narkoba.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar