Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 29 Mei 2016


Jadikanlah Hobimu Menjadi Pekerjaanmu, Maka Bekerja Seperti Bermain dalam film “ 3 Idiots”

Disusun oleh: Elma Maulidiyah







Judul Film        : 3 Idiots

Tahun Rilis      : 25 Desember 2009

Sutradara        : Rajkumar Hirani

Pemain            :

    1.  Aamir Khan sebagai Ranchoddas Shamaldas Chanchad(Rancho) atau Phunsukh ‘chotte’ wangdu

    2.  R. Madhavan sebagai Farhan Qureshi

    3.  Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi

    4.  Kareena Kapoor sebagai Pia Sahastrebuddhe

    5.  Boman Irani sebagai Viru Sahastrebuddhe(virus)

    6.  Mona Singh sebagai Mona Sahastrebuddhe (kakak perempuan pia)



Orientasi

   Film 3 Idiots berkisah mengenai dua sahabat bernama Farhan(R. Madhavan) dan Raju(Sharman Joshi) yang berangkat untuk mencari kawan lama mereka yang hilang. Dalam perjalanannya, mereka menghadapi sebuah pertaruhan lama yang sudah mereka lupakan, sebuah acara pernikahan yang harus mereka datangi dan acara pemakaman yang berakhir tak karuan. Saat mereka berangkat menuju tempat berbahaya, suatu perjalanan lain dimulai: yakni perjalan pribadi mereka mengarungi kenangan dan kisah tentang kawan mereka- Rancchoddas"Rancho" Shyamaldas Chanchad(Aamir Khan) dengan cara berpikir beda dari masyarakat luas yang dengan caranya tersendiri telah menyentuh dan mengubah kehidupan mereka. Sebelumnya, ayah farhan bersikeras agar anakanya menjadi insinyur. "Saya hanya mampu membeli satu alat pendingin dirumah ini, dan itu saya pasang di kamar farhan agar bisa belajar dengan baik. Agar kelak ia menjadi insinyur". Ujar ayah Farhan yang marah ketika Rancho nyeletuk bahwa Farhan memiliki bakat yang luar biasa dalam urusan memotret. Ayah Farhan marah pada Rancho yang dianggapnya meracuni fikiran Farhan. Bahkan keinginannya untuk melamar kerja sebagai asisten seorang fotografer profesional, terpaksa disimpannya dalam-dalam. Surat lamarannya yang sudah ditulis, tak pernah dikirimkan ke alamat sang fotografer. Sampai kemudian Rancho, menemukan surat itu tersimpan di dalam ransel Farhan. Rancho akhirnya membujuk Farhan agar berani mengirimkannya. " Berbahagialah mereka yang bekerja di bidang yang dia sukai. sebab dia tidak merasa sedang bekerja, tetapi sedang bermain-main dan dibayar." ujar Rancho.

Tafsiran Isi 1
   3 Idiots bercerita tentang 3 orang sahabat bernama Rancho, Farhan dan Raju yang sama-sama kuliah di Imperial College of Engineering. ICE merupakan salah satu Perguruan Tinggi Teknik terbaik di india. Rancho adalah mahasiswa yang sangat jenius. Dia memiliki pandangan yang sangat berbeda dengan yang lainnya."Jadikanlah hobimu menjadi pekerjaanmu, maka bekerja seperti bermain", dia  juga memprotes sistem pendididkan yang ada bahwa belajar jangan terpaku pada buku saja. Sedangkan Farhan mahasiswa yang hanya mengikuti keinginan ayahnya untukn menjadi insinyur demi kenaikkan derajat keluarganya. Tapi dilain sisi Farhan ingin menjadi fotografer hewan liar. Sedangkan Raju kehidupannya sangat sulit, ayahnya sakit-sakitan. Seorang tukang pos dan kakak perempuannya yang stress karena gagal menikah. Hal ini yang membuat beban raju serba ketakutan menghadapi masa depannya, karena harus memperbaiki kehidupan keluargannya.

Tafsiran Isi 2
   Rancho menentang salah satu pengajarnya Profesor Virus, oleh mahasiswa yang lain. Virus selalu mengatakan,"Hidup adalah sebuah perlombaan, jika anda tidak cukup cepat, maka anda akan diinjak-injak". Maka dimulailah perseteruan antara Rancho dan Virus. Virus memberi label kepada Rancho dan ke dua kawannya sebagai "idiot". Dalam satu kesempatan, Chatur dipermalukan Rancho di depan Virus dan teman-teman sekampusnya. Alhasil, chatur menantang tak cuma Rancho tapi juga Farhan dan Raju bahwa 10 tahun ke depan, ia akan lebih sukses dibanding mereka. Chatur benar, ia memang lebih sukses dari Raju dan Farhan. Hanya saja tidak diketahui nasib Rancho. Chatur, Raju dan Farhan pun mencari keberadaan Rancho. Rancho selalu mengatakan kepada temannya saat sedang dalam kesulitan"ALL IS WELL".

Tafsiran Isi 3
   Adegan Film 3 Idiots itu menguras airmata saya. Apalagi pada saat-saat dimana ayah Farhan bangkit dari duduknya, menuju meja dan mengusap-ngusap laptop yang tergeletak diatas meja. Dia lalu menyebut harga laptop yang dibelinya dengan susah payah itu. Setelah terdiam sesaat, dia bergumam."Berapa harga sebuah kamera?" seakan tak membutuhkan jawaban, sang ayah melanjutkan, "Jual laptop ini, uangnya belikan kamera. Kalau kurang, bilang ayah." Tak kuasa menahan haru, Farhan memeluk ayahnya. "jadilah apa yang kamu inginkan. Bukan ayah inginkan," ujar sang ayah dengan suara bergetar. Sang ibu yang berdiri tak jauh dari mereka, tak kuasa membendung tangis bahagia.

Tafsiran Isi 4 
   Film 3 Idiots ini sangatlah bagus untuk yang menontonnya. Karena para pemain di film itu sangat menghayati perannya, lalu film ini mengajarkan tentang sistem pendidikan yang benar. Salah satunya adalah jangan terpaku pada buku saja, tapi pahami. Kemudian di film tersebut mengajarkan tentang selalu tenang dalam menghadapi kesulitan, "ALL IS WELL". Setelah itu mengaarkan persahabatan yang kuat, lalu didalam belajar itu bisa dimana saja bukan hanya disekolah, lalu kerjarlah cita-cita sesuai hatimu, bukan karena paksaan dari luar. Dan Jadikanlah hobi sebagai pekerjaan, maka bekerja seperti sedang bermain, jangan terjebak oleh ketakutan dalam mengejar impian lalu berkata jujur sesuai keadaan.

Tafsiran Isi 5
   Film 3 Idiots ini sebenarnya tidak ada kekurangan. Tetapi jika dilihat dari penontonnya yang dibawah umur, unsur adegan ciuman saat Pia menemukan Rancho di pantai harus disensor. Selebihnya tidak ada.

Evaluasi 1
   Film Ini sangat recomended untuk ditonton, meski sudah lama sekali rilisnya. Tidak bosan menontonnya. Sangat inspiratif sekali filmnya. Film ini mengajarkan kita tentang sistem pendidikan yang benar , banyak unsur edukasinya. Pemikiran seperti Rancho bisa memperbaiki SDM suatu negara dan sistem pendidikan negara kita. "Jangan Berhenti Untuk Belajar" Itulah pesan ini dari film ini.

Evaluasi 2
   Tidak lengkap jika tidak menyertakan kutipan. Karena banyak sekali yang bisa kita ambil, diantaranya:
1. "Hidup ini adalah perlombaan, jika kau tidak cepat, seseorang akan meninggalkanmu dan melaju kencang meninggalkanmu"
2. "Berfikirlah efisien, maka kesuksesan ada di belakangmu! Mari belajar!"
3. "Ini adalah Universitas, bukan panci bertekanan. Singa sirkus juga belajar untuk bisa duduk di kursi, hanya karena takut dicambuk. Tapi kita tetap boleh menyebut singa itu terlatih, bukan terdidik."
4. "Menghafal memang menghemat 4 tahun masa kuliah kita, tapi justru akan menghancurkan 40 tahun masa kerja kita nantinya. Pahamilah secara lebih dekat, karena otak manusia bukanlah mesin dan ilmu bukanlah manuscript."
5. "Jadilah hobimu menjadi pekerjaanmu, maka bekerja seperti bermain."
6. "Ada dua cara menjadi juara. Tingkatkan nilaimu, atau turunkan nilai orang!"
7. "Jika ada permasalahan dalam hidupmu, katakanlah pada hatimu. ALL IS WELL! semua akan baik-baik saja".

Rangkuman
   Film 3 Idiots yang dirilis pada 25 Desember 2009 memang penuh sarat dan pesan. Salah satunya adalah pesan kepada para orang tua agar tidak memaksakan keinginan anak-anak mereka. Film ini juga mengajarkan kepada anak muda untuk mencari dan mengejar"lentera jiwa" mereka. "Berbahagialah mereka yang mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan kata hati mereka, sesuai keinginan mereka, sebab mereka tidak merasa bekerja, tetapi bermain-main dan untuk itu mereka dibayar."

sumber : 
http://marwankurniadi.blogspot.co.id/p/sinopsis-3-idiots.html
http://diah17.blogspot.co.id/2013/11/resensi-film-3-idiots.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar