Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 27 Mei 2016

NARKOBA

DISUSUN OLEH: ELSA MADANIAH


Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat berbahaya. Selain itu istilah lain yang diperkenalkan oleh DKRI adalah NAPZA, yang merupakan singkatan dari Narkotika,Psikotropika,dan zat adiktif. Narkotika berasal dari tiga jenis tanaman. Yaitu, candu, ganja, dan koka. Sedangkan jenis narkoba yang dibedakan berdasarkan bahan dan cara pembuatan serta efek yang diberikan kepada tubuh ialah, narkotika, psikotropik, dan zat adiktif lainnya. Cirri-ciri dari narkoba antara lain, berbentuk pil, daun, serbuk, minuman, dll. Biasanya penyebab dari seseorang menggunakan narkoba yaitu,Penyalahgunaan narkoba adalah penggunaan narkoba yang dilakukan tidak untuk maksut pengobatan, tetapi karena ingin menikmati pengaruhnya dalam jumlah berlebihan secara kurang teratur, dan berlangsung cukup lama. Sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, mental dan kehidupan sosialnya.

Dampak penggunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pengguna serta situasi dan kondisi pengguna. Secara umum dampak ketergantungan/kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik (Adanya gangguan pada sistem syaraf (neurologis) seperti; kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi dan sebagainya.Terjadinya gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) sepert; infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah dan sebagainya).

Ada beberapa cara kiat tips pencegahan dan menghindari penggunaan dan penyalahgunaan Narkotika dan Obat Berbahaya serta NAPZA Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. yaitu, Memberikan Menanamkan Sejak Dini Akan Arti Makna Hidup Sehat, Peduli Pada Lingkungan Sekitar, Bekerjasama Dengan Lingkungan Rumah, Menjalin Hubungan Interpersonal Yang Baik.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar