Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016





MIMPI SEJUTA DOLAR dari “MERRY RIANA”
Disusun oleh: APRILIA NUR INDRIYANI





Judul Film       : Merry Riana
Tahun Rilis      : 24 Desember 2014
Sutradara         : Hestu Saputra
Pemeran          : Chelsea Island   sebagai  Merry Riana
                          Dion Wiyoko     sebagai  Alva
                          Kimberly Rider  sebagai  Irene

*Orientasi
Dalam filmnya “Mimpi Sejuta Sejuta Dolar” diketahui Merry Riana ialah salah satu motivator terkenal Indonesia. Hidupnya di Singapura yang tidak mudah untuk mendapatkan 1 juta Dolar pertamanya di usia 26 tahun. Film ini disutradarai oleh Hestu Saputra pada 24 Desember 2014 dan diadaptasi dalam kisah nyata yang di alami Merry Riana.
Merry Riana adalah seorang gadis pekerja keras dan gigih dalam memperjuangkan kuliahnya dan Merry juga dalam mendapatkan kuliahnya dibantu oleh sahabatnya Irene, sedangkan Alva adalah pria tampan yang jatuh cinta pada Merry namun Irene sahabatnya juga menyukai Alva terlebih dahulu.

*Tafsiran Isi
            Merry Riana baru saja lulus SMA dan terpaksa mengungsi ke negara Singapura karena pada saat itu sedang terjadi kisruh yang sasarannya adalah kaum etnis cina. Orang tua Merry tidak bisa ikut ke Singapura karena hanya bisa beli 1 tiket dan tiketnya tersebut di berikan Ayahnya untuk Merry saja. Dan ketika Merry sudah sampai Singapura Merry mencari alamat temen Ayahnya namun teman Ayahnya tidak ada. Merry Riana pun tidak putus asa dengan melalui media sosial ia temukan teman SMA nya Irene dan Merry pun menginap di asrama kampusnya Irene secara diam diam. Dan beberapa hari kemudian akhirnya Merry ketahuan dan diusir dari asrama tersebut. Irene pun tetap bernegosiasi  pada pihak kampus agar Merry dapat menginap disana dan akhirnya pihak kampus memberi syarat kepada Merry. Merry harus melewati beberapa test dan akhirnya Merry lulus dan diterima di salah satu Perguruan terbaik di Singapura.
            Namun Merry tidak tahu harus membayar uang $40.000 untuk kuliahnya tersebut. Salah satu harapan Merry adalah mengambil Student Loan yang hanya bisa di dapat jika ada yang menjadi penjamin , sedangkan Irene sahabatnya tidak bisa menjadi penjamin dan Merry pun mencari mahasiswa senior untuk menjadi penjaminnya. Kemudian Irene memilki kenalan mahasiswa senior yang bernama Alva. Merry berfikir Alva bisa menjadi penolongnya namun Alva belum begitu percaya karena belum mengenal Merry sebelumnya. Alva ingin di beri jaminan bahwa Merry akan benar benar sanggup membayar hutangnya. Dan dari situ Merry berjuang untuk mendapatkan penghasilan namun tak satupun dari mereka yang mau menerima Merry bekerja di tempat tempat itu. Merry juga pernah mendapatkan pekerjaan yang menggandakan mulai dari menyebar brosur,bisnis online,bekerja di restoran,dan bermain saham yang beresiko tinggi serta pernah menjadi korban dalam investasi di perusahaan abal-abal tersebut tetapi Merry tidak pantang menyerah dan memperjuangkan kuliahnya tersebut.
            Suatu ketika Irene melihat Alva berduaan dengan Merry sehingga membuat Irene menjadi marah besar dan mengusir Merry dari kamarnya tersebut.

*Evaluasi
            Dalam film ini sangat cocok bila ditonton oleh anak muda karena film ini menceritakan tentang kerja keras dalam menggapai cita-citanya serta di padukan dengan kisah percintaan segitiga anak muda sekarang. Lagu lagunya juga sangat cocok di setiap adegan adegannya sehingga tidak membuat para penonton menjadi bosan. Film ini juga seharusnya adalah film perjuangan tapi ternyata film ini malah menonjolkan tentang percintaan Merry dengan Alva sehingga penonton cenderung melihat film ini adalah film percintaan bukan film perjuangan dalam menggapai cita-citanya.

*Rangkumannya
            Dari paparan tadi dapat disimpulkan bahwa film”Merry Riana” adalah film yang cocok untuk anak muda dalam menggapai cita citanya nanti dan jangan pernah pantang menyerah,dalam berbuat sesuatu juga jangan terburu buru serta hidupnya juga harus berhitung.


Sumber : http://syaifardhinata.blogspot.co.id
                http://www.marketingjoss.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar