Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 23 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI



“FENOMENA AURORA”
DI susun oleh SRI WULAN




Pernyataan Umum
Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionsfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnet yang di miliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang di pancarkan oleh matahari. Di bumi, aurora terjadi di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan. Aurora yang terjadi di sekitar kutub utara di kenal dengan nama AURORA BOREALIS. Aurora ini sering terlihat berwarna kemerah-merah di ufuk utara. Sedangkan fenomena aurora biasa terjadi dibulan Maret, April, September dan Oktober.

Urutan Sebab Akibat
Ada beberapa faktor penyebab terbentuknya aurora. Pertama, medan magnetik suatu planet. Kedua, angin matahari yaitu suatu partikel yang bermuatan plasma. Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan matahari (plasma), kemudian saat mendekati medan magnet bumi maka plasma akan tertarik ke kutub-kutub bumi. Saat bertemu dengan partikel atmosfer bumi terjadi eksitasi-relaksasi elektron sehingga memancarkan warna yang indah.

Urutan Sebab Akibat
Fenomena aurora terkait dengan medan magnet atau atmosfer bumi dan aktivitas kemunculan cahaya dari matahari. Semakin lama dan kuat cahaya aurora, dapat di perkirakan semakin kuat genggaman dari matahari yang dikenal sebagai badai matahari. Badai matahari adalah siklus peledakan dasyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari biasanya setiap 11 tahun akan memasuki periode aktivitas badai matahari.

Urutan Sebab Akibat
Aurora muncul dalam berbagai bentuk yang berbeda. Penampakanya berubah-ubah. Tahap paling indah muculnya aurroa yaitu pada tengah malam aurora akan terbentuk  pita-pita cahaya dengan berbagai warna biasanya berwarna hijau, kuning, biru atau merah tua. Warna-warna ini di sebabkan benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda. Warna yang terlihat bergantung pada ketinggian dan jenis molekul yang ada.

Lokasi Untuk Melihat Aurora
Aurora borealis paling sering terlihat Fairbanks, Alaskah, dan beberapa lokasi di Kanada Timur, Islandia dan Skandinavia Utara. Aurora austalis paling jarang terlihat karena aurora ini biasa muncul dan terlihat terang di daerah yang jarang ada penduduknya. Aurora australis biasanya sering terlihat di Australia pada siklus 11 tahun aktivitas titik matahari. Titik matahari maksimum berlangsung pada tahun 2000. Aurora australis pernah terlihat di Tasmania.


Sumber :
ü  http://www.ekorahayu.com/proses-terjadinya-aurora.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar