Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016

TEKS ULASAN “ SURAT KECIL UNTUK TUHAN ’ PERMOHONAN TERAKHIR’’


Disusun oleh : Sukmawati



Judul film   : Surat Kecil Untuk Tuhan
Tahun rilis  : 7 Juli 2011
Sutradara    : Harris Nizam
Pemain       : 1. Dinda Hauw sebagai Keke
                     2. Esa Sigit sebagai Andi
                     3. Alex Komang sebagai Ayah
                     4. Ranty Purnamasari sebagai Ibu
                     5. Heri Savalas sebagai Pak Yus
                     6. Egi John sebagai Chika
ORIENTASI
            Surat Kecil Untuk Tuhan adalah film drama dan biografikal Indonesia yang dirilis pada 7 Juli 2011.Surat Kecil Untuk Tuhan merupakan kisah nyata yang ditulis oleh Agnes Davonar pada sebuah novel yang berjudul sama dan diangkat ke layar lebar pada tahun 2011. Film yang menceritakan tentang Gita Sesa Wanda Cantika atau yang dikenal dengan nama panggilan Keke, seorang gadis remaja yang berusia 13 tahun yang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai,dan juga pak Yus ajudan Ayah. Selain itu keke dikelilingi  enam sahabat karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekeasih yang juga begitu menyayanginya yaitu Andi.
TAFSIRAN ISI
            Semuanya tampak begitu sempurna sampai pada tahun 2003 dokter menyatakan bahwa keke mengidap kanker. Keke sering mengalami mimisan, sulit bernapas dan matanya memerah lalu berair dan lama kelamaan  ada benjolan yang semakin hari semakin besar dibawah kelopak mata bagian kiri. Keke adalah pengidap Rhabdomyosarcoma atau yang orang awan sebut kanker jaringan lunak. Keke merupakan pasien pertama di Indonesia yang positif mengidap penyakit tersebut. Dokter menyarankan operasi untuk menghilangkan sel-sel kanker tersebut. Orang tuanya berat mengambil keputusan, bagaimanapun juga sebagai orang tua mereka tidak tega melihat separuh wajah putrinya harus hilang karena operasi. Maka, ayah beserta keluarga merahasiakan kanker itu pada Keke.  
            Namun akhirnya Keke tau bahwa ia terserang kanker ganas, ia pasrah dan tidak marah pada siapapun yang merahasiakan penyakitnya. Ia memberikan senyum kepada siapapun dan menunjukkan perjuangan bahwa dengan kanker diwajahnya ia masih mampu berprestasi dan hidup normal di bangku sekolah. Tuhan menunjukkan kebesaran hati dengan memberi nafas panjang padanya untuk lepas dari kanker itu sesaat.
            Sang Ayah, Joddy Tri Aprianto(Alex Komang) tidak menyerah. Ia terus berjuang agar sang putri kesayangan itu dapat terlepas dari vonis kematiannya. Perjuangan sang ayah dalam menyelamatkan putrinya begitu mengharukan. Ayahnya berusaha untuk mencari pengobatan alternatif dan berkeliling ke seluruh Indonesia, tapi hasilnya nihil. Mau tak mau ayahnya kembali ke ilmu medis dan menurut dokter, ada satu cara lain yang bisa membunuh kanker itu yaitu kemoterapi, perjuangan Keke melawan kanker membuahkan hasil. Dengan segala upaya orang tuanya, Gita mendapatkan kesempatan untuk sembuh setelah bertahan selama 6 bulan melalui kemotrapi untuk membunuh sel-sel kanker yang menggerogoti tubuhya. Sekali kemotrapi, mampu merontokkan semua rambut yang ada ditubuhnya dan tubuh kecil Gita harus menjalaninya hingga 25 kali untuk bisa sembuh. Kebesaran Tuhan membuatnya dapat bersama dengan keluarga serta sahabat yang ia cintai lebih lama. Kasus kanker ganas yang di idap oleh gita menjadi kasus pertama yang terjadi di Indonesia dan menjadi sebuah perdebatan di kalangan kedokteran karena kanker tersebut biasa hanya terjadi pada orang tua. Keberhasilan Dokter Indonesia menyembuhkan kasus kanker tersebut menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua Dokter didunia bertanya-tanya.
            Namun kanker itu kembali setelah sebuah pesta kebagiaan sesaat, Keke sadar nafasnya di dunia ini semakin sempit. Ia tidak marah pada Tuhan, ia bersyukur mendapatkan sebuah kanker dating lagi, namun kali ini dengan lokasi berbeda yaitu di pelipis mata sebelah kanan. Kali ini, Ayahnya mencoba cara yang pertama, berharapbisa membunuh kanker nakal itu. Kemoterapi pun dilakukan lagi, seluruh rambut keke rontok tak bersisa. Tapi sepertinya kanker itu mulai kebal dengan bahan kimia kanker itu itu tetap duduk manis di pelipis kanan keke.
            Akhirnya ayahnya mencoba pengobatan ke Singapura, disana dokter pun menyarankan untuk operasi. Karena desperdo, mereka pun kembalike Indonesia dengan kondisi keke yang semakin parah, kanker itu mulai menyebar keseluruh tubuh ke paru-paru, Jantung dan organ-organ lain. Dengen kondisi yang begitu parah semangat Keke sangat tinggi dia tetap kekeh untuk sekolah bahkan disaat tangan dan kakinya sudah tak mampu lagi digerakkan.
            Waktu pun berlalu dan kondisi Keke tak juga membaik hingga akhirnya dia harus diawat inap lagi di Rumah Sakit dan mengalami koma selama tiga hari. Dalam masa opname itu ada berita yang begitu membanggakan baik Keke dan keluarganya bahwa Allah memang memberikan cobaan sesuai kemampuan hambanya. Keke membuktikan semua itu Keke menjadi juara tiga dikelasnya dalam ujian akhir Sekolah.
            Dokter pun menyerah terhadap kanker yang diderita Keke, di nafasnya terakhir ia menuliskan sebuah surat kecil kepada Tuhan. Surat yang penuh dengan kebesaran hati dari seorang remaja. Nafasnya pun telah berakhir 25 Desember 2006 tepatnya setelah ia menjalankan ibadah Puasa dan Idul Fitri terakhir bersama keluarga dan sahabatnya, namun kisahnya menjadi abadi.
PUISI KEKE
SURAT KECILUNTUK TUHAN
Tuhan…..
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan didunia ini
Tuhan …..
Andai aku bisa kembali
Aku berharap  tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku terjadi pada orang lain
Tuhan …..
Bolehkan aku menulis surat kecil untukmu
Tuhan …..
Bolehkan aku memohon satu hal kecil untukmu
Tuhan …..
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memadang langit dan bulan setiap harinya
Tuhan …..
Izinkanlah rambutku kembali tubuh  agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya
Tuhan …..
Bolehkan aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan kepada Ayah dan sahabat-sahabatku
Tuhan …..
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku
Tuhan …..
Surat kecilku ini
Adalah surat terakhir dalam hidupku andai aku bisa kembali …
Kedunia yg kau berikan padaku

EVALUASI
Penggambaran film Surat kecil untuk tuhan mempunyai kelebihan dari karya novel Agnes Davonar yaitu dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga mengajarkn kita agar iklas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan  percaya dsetiap cobaan pasti ada jalan keluarnya.
RANGKUMAN
Dari paparan cerita Surat Kecil Untuk Tuhan dapat disimpulkan bahwa film ini memungkinkan dapat ditonton oleh semua kalangan. Cerita ini banyak mengandung nilai moral dan nilai religi yang dapat memberikan pesan yang baik. Karena hidup dan mati seseorang suadah ada yang mengatur dan manfaatkanlah waktu jangan pernah membuang waktu dengan sia-sia.
SUMBER :
1.http://www.gurungapak.com/2016/01/synopsis-novel-surat-kecil-untuk-tuhan.html
2.http://duniaperpusuns.blogspot.co.id/2015/12/resensi-film-surat-kecil-untuk-tuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar