Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Kyuhyun : The King of Ballad

Disusun Oleh : Julia Chhoirunnisaa


  1. Cho Kyuhyun, atau yang lebih dikenal dengan Kyuhyun, merupakan salah satu personil Super Junior. Ia lahir di Seoul, 3 Februari 1988. Ia adalah anak kedua dari 2 bersaudara. Kyuhyun adalah anak yang penurut dari kecil. Ia selalu menjalankan amanah/perintah orang tuanya dengan baik dan tidak pernah bertengakar dengan kakak perempuannya. Bahkan ia sering bermain rumah – rumahan dengan kakak perempuannya.
  2. Kyuhyun adalah putra pasangan konglomerat di Seoul. Ayahnya memiliki lembaga pendidikan dan mempunyai cabang di Taiwan. Ibu Kyuhyun juga mengoperasikan sebuah akademi seni dan kafe bernama “Kona Beans” di Seoul bersama dengan ibunya Leeteuk dan ibunya Sungmin. Sedangkan kakak Kyuhyun pernah berkuliah di luar negeri dan belajar alat musik Violin. Sempat manggung menjadi Violist dan sampai kemudian berhenti karena menikah.
  3. Kyuhyun bersekolah di Sekolah Menengah Shinchung, Sekolah Perguruan Tinggi Yumkwang, dan menyelesaikan kuliah di Universitas Kyunghee. Ia berhasil lulus S1 pada tahun 2013 jurusan Past-Modern Music dan melanjutkan pendidikan S2 nya pada bulan September 2013. Walaupun ia seorang selebriti/penyanyi, ia tidak mengambil jalur khusus (menyesuaikan dengan jadwalnya). Ia mengaku masuk universitas melalui ujian seperti mahasiswa reguler lainnya.
  4. Ketika berusia 16 tahun, Kyuhyun mengikuti kontes “Chin Chin Singing Competition 2005” dan berhasil meraih posisi ke-3. Kyuhyun akhirnya direkrut menjadi personil Super Junior pada Agustus 2006 (sebelumnya Super Junior sudah debut pada November 2005 sebagai grup project), setelah mengikuti training selama 3 bulan. Ia pertama kali muncul pada single terbaru Super Junior berjudul “U”. Dihitung hingga tahun 2016, Super Junior telah mengeluarkan 7 album full lenght, beberapa mini album, beberapa album dari Sub-Unit, beberapa album SMTown, 1 album Jepang, dan beberapa single Jepang. Kyuhyun juga akif mengisi soundtrack film/drama. Pada tahun 2014, Kyuhyun merilis mini album pertamanya yang berjudul “At Gwanghwamun.” Lalu pada tahun 2015 mengeluarkan mini album keduanya berjudul “Fall, Once Again.” Rumornya akan mengeluarkan mini album ketiganya bulan Desember mendatang. Selain aktif menjadi penyanyi, ia juga aktif menjadi presenter dibeberapa acara talk show, MC dibeberapa acara musik, membintangi drama musikal, bermain beberapa drama Jepang dan menjadi model beberapa merk brand terkenal.
  5. Pada tahun 2006 Super Junior berhasil mendapat penghargaan Newcomer of the Year dan Best Music Video di Golden Disk Awards, Best New Group di Mnet Asian Music Awards, Best New Group dan Mobile Popularity di Seoul Music Awards, Best Group di Koresn Television Arts Awards, Most Photogenic di Korean Visual Arts Awards, Best New Group di Korean Digital Music Awards, Best New Male Group di SBS Song Award. Dan terhitung hingga tahun 2015, Super Junior berhasil menyabet sebanyak 257 penghargaan. Belum lagi beberapa penghargaan yang diterima Kyuhyun secara individu dan secara sub-unit.
  6. Beberapa masalah atau kendala yang pernah dialami Kyuhyun adalah, ia sempat tidak dieperbolehkan untuk menjadi penyanyi oleh orang tuanya. Karena Ayahnya menganggap jika menjadi penyanyi akan membuat Kyuhyun malas untuk belajar dan tidak memiliki waktu untuk melanjutkan pendidikannya. Setelah lama berdebat dengan orang tuanya, akhirnya Kyuhyun diijinkan untuk menjadi penyanyi dengan syarat harus menjaga nilainya agar tetap tinggi dan bersekolah tinggi. Dan Kyuhyun membuktikannya dengan ia bisa melanjutkan S2nya ditengah jadwal yang sibuk. Setelah kurang dari satu tahun ia resmi menjadi penyanyi (bergabung dengan Super Junior), ia mengalami kecelakaan yang fatal setelah pulang dari sebuah acara/kegiatan. Mobil yang ia tumpangi bersama Eunhyuk, Leeteuk, dan Shindong beserta dua orang manager oleng karena memang jalanan sedang licin. Diantara semunya, Kyuhyun yang mengalami luka paling serius. Akibat kecelakaan tersebut, ia mengalami retak tulang pinggul, patah enam tulang rusuk dan memar – memar. Ia juga sempat koma beberapa hari dan dokter sempat mengatakan harapan hidupnya hanya 20% jika menjalani operasi yang dianjurkan tanpa menghilangkan pita suaranya. Akhirnya selama seminggu dirawat di ICU dan baru diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan medis selama 2,5 bulan.
  7. Alasan ia bisa menjadi panutan adalah, karena ia tidak mudah menyerah dalam mencapai mimpinya. Bahkan orang tua yang tadinya sempat tidak mengijinkannya menjadi penyanyi menjadi bangga atas prestasinya. Kyuhyun juga tidak melupakan belajar dan berhasil mempertahankan IQ nya yang sebesar 138. Ia juga sangat senang matematika, ini adalah salah satu motivator saya jika sedang mengerjakan matematika.
Daftar Pustaka : 

Diakses pada tanggal 28, 29, 30 November 2016.


1 komentar:

  1. Teks cerita ulang tokoh idolanya sangat bagus, Apalagi Kyuhyun Super Junior juga tokoh idola saya :)), Dia memiliki bakat yang sangat banyak, bekerja keras dan pantang menyerah, bisa dijadikan inspirasi untuk saya dan Kyuhyun juga motivator saya saat mengerjakan Matematika. terimakasih atas informasinya, ini sangat bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus