Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Pandji : si penghibur dunia

Disusun oleh: Sindi suhardiyanti



1.    Pandji pragiwaksono lahir di Singapura pada 18 Juli 1979. Pandji Pragiwaksono adalah nama yang dibawanya sejak lahir hingga saat ini. lahir 34 tahun di Singapura, dia merupakan anak kedua dari pasangan Koes Pratomo Wongsoyudo dan Siti Khadijah Hasni. Masa kecilnya adalah sering pindah-pindah rumah. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan Minyak Internasional, sehingga ayahnya harus berpindah tempat tugas dan Pandji harus mengikutinya.waktu kecil Pandji terbilang memiliki kemampuan konsentrasi yang rendah atau bisa dibilang attentin deficit disorder.

2.    Ayahnya adalah seorang Insinyur Listrik, orangnya pintar banget. Begitu lulus SMA, beliau mendapat beasiswa di dua Universitas Negeri ternama, ITB dan UGM. Sementara ibunya sangat kuat di Perbankan. Beliau lahir dan besar di Palembang, bersekolah SMA di Medan dan kuliah di Sastra UI. Sejak SD orang tua nya telah bercerai dan berpisah. Setelah orang tua nya bercerai dan berpisah, Pandji memilih untuk tinggal bersama ibunya di rumah yang kecil dan serba kekurangan. Namun ayahnya tetap mengirimkan uang pendidikan untuk Pandji. Pandji menikah dengan Gamila Mustika Burhan sejak tahun 2006 dan dikaruniai seorang anak yang bernama Wadilla Dipo Wongsoyudo.

3.    Pandji melewati masa SD nya di SD Triguna Jakarta, dan kemudian pendidikannya dilanjutkan dengan masuk SMP Negeri 29  Jakarta, dimana pada zamannya tawuran, ngobat, segala macam. Tapi, Pandji tidak pernah terpengaruh. Setelah lulus SMP Pandji melanjutkan pendidikannya di SMA Kolase/Sekolah Katolik.

4.    Dalam perjalanan karirnya, Pandji mengakui Gamila dan Dipo anaknya adalah pendukung yang sangat hebat. Bagi Pandji kepercayaan dan dukungan yang diberikan Gamila dan anaknya membuat dia selalu ingin berusaha memberi yang terbaik

5.    Pandji Pragiwaksono memulai kariernya sebagai penyiar radio di Hard Rock FM Bandung sejak tahun 2001 sampai 2003. Kemudian ia pindah ke Jakarta dan menjadi Penyiar Hard Rock Jakarta selama tiga tahun bersama Steny Agustaf. Saat itu, Pandji Pragiwaksono merupakan Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Design ITB angkatan 1997. Pandji Pragiwaksono mulai menjadi presenter acara televisi lantaran kemampuannya dalam membawakan program di radio. Pandji merupakan penyanyi bergenre rap dengan lirik-lirik lagu bernada nasionalisme. Melalui lagu-lagunya, Pandji mengajak pemuda-pemudi indonesia untuk dapat lebih melihat kepada negeri ini yang kaya raya.

6.    Pandji adalah salah satu inisiator untuk mengadakan ajang Stand up Comedy (SUCI) di kompas TV. Tak hanya itu, Pandji juga merupakan seorang aktor yang telah membintangi sejumlah film baik bergenre komedi, romantis, maupun nasionalis. Pandji memiliki satu album lagu yang salah satu nya single lagunya adalah provocative proactiv yang dirilis pada tahun 2008, you’ll never know when Someone Comes In and Press Play On Your Paused Life pada tahun 2009, album 32 tahun 2012, pemanasan tahun 2015. Album berisikan dua belas lagu itu merupakan hasil obsesi karyanya yang menurut nya tidak memperhitungkan untung maupun rugi. Bahkan setengah dari tiap pembelian CD akan disumbangkan kepada anak-anak yang menderita kanker melalui C3 atau Community for children with Cancer.

7.    Selain itu, ia juga pernah membintangi beberapa film yang salah satunya adalah Make Money pada tahun 2013, Comic 8, Marmut Merah Jambu, Dibalik 98, Youtubers. Disamping itu ia juga pernah menjadi bintang iklan-iklan di TV antara lain adalah iklah Indosat Mentari, Listerine, Sambal sasa Extra Pedas. Karya tulis yang dimilikinya antara lain adalah merdeka dalam bercanda, Nasional.is.me, How I Sold 1000 CDs in 30 Days, Menghargai gratisan, Merdeka Dalam Bercanda, Berani Mengubah.

8.    Pandji pragiwaksono meraih penghargaan sebagai toko muda pro HAM. Kontras menilai Pandji mengajak kaum muda untuk sadar dan peduli akan masalah bangsa, tidak hanya dari segi pelanggaran HAM saja, namun juga lainnya, melalui aksi panggung stand up comedy, lagu, serta tulisannya baik buku dan web-nya.

9.    Pandji sebagai seorang stand up comedian, rapper, penyiar, pelawak tunggal, presenter, aktor, penulis yang memiliki jiwa nasionalisme dan sikap yang optimis dalam berjuang. Di setiap materi yang dia bawakan, selalu menyadarkan kita semua yang menontonnya. Memberi kita wawasan baru atas hal-hal yang sebenarnya udah kita tau, tapi disenggol lagi sama dia dan menimbulkan efek “oh iya ya”. Jiwa nasionalismenya terlihat dari beberapa lagunya yang dirilis dan penghargaan yang telah didapatnya sebagai tokoh muda pro HAM. Ia juga salah satu Komedian yang sangat memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya.



Sumber :




waktu akses : 20 november 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar