Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 02 Desember 2016

Susi Pudjiastuti: Menteri Dan Pebisnis Wanita Yang Hebat


Disusun oleh : Windy

1.       Susi pudjiastuti lahir pada 15 Januari 1965 di Pangandaran. Ayahnya bernama Haji Ahmad Karlan dan ibunya bernama Hajjah Suwuh Lasminah. Keduanya berasal dari jawa tengah,namun sudah lima generasi hidup di Pangandaran. Keluarga susi memiliki usaha ternak,memperjualbelikan ratusan ternak dari jawa tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Dia sudah tiga kali menikah namun sudah dua kali bercerai  dengan Yoyok Yudi Suharyo dan Daniel Kaiser,sekarang pria yang mendampinginya bernama Christian Von Strombeck. Dari pernikahan-pernikahannya,iya memiliki tiga orang anak.
2.       Susi Pudjiastuti pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri Yogyakarta,namu pada kelas dua iya berhenti sekolah karena Susi ingin terjun kedunia Bisnis.
3.       Dia mengenal dunia usaha sejak remaja. Seputus sekolah, Susi menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal Rp750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Bisnisnya berkembang hingga pada tahun 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan yang benama PT.ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang di beri merek “Susi Brand”. Bisnis pengolahan ikan susi pun meluas hingga ke pasar Asia dan Amerika. Pada tahun 2004,susi memutuskan membeli sebuah Cessna Caravan seharga 20 Miliar menggunakan pinjaman bank. Karena,susi memerlukan sarana transportasi udara  yang dapat dengan cepat mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan segar. Susi nekat menerbangkan pesawat kecilnya ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Pada 26 Desember 2004, pesawat Cessna Susi mendarat di Aceh yang merupakan  pesawat pertama yang berhasil mencapai lokasi bencana untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban yang berada di daerah terisolasi. Peristiwa itu mengubah arah bisnis Susi. Disaat bisnis perikanan mulai merosot,Susi menyewakan pesawatnya itu yang semula digunakan untuk mengangkut hasil laut untuk misi kemanusiaan. Selam tiga tahun berjalan,maka perusahaan penerbangan ini semakin berkembang hingga sekarang Susi  memiliki 49 dan mengoperasikan 50 pesawat terbang beragam jenis. Karena kerja keras Susi bisnisnya semakin berkembang pesat. Pada tahnu 2014,dalam kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla,Susi ditunjuk sebagai menteri kelautan dan perikanan. Secara resmi di tetapkan pada 26 Okteber 2014. Sebelum dilantik, Susi melepas posisinya di perusahaan yang ia punya agar ia dapat bekerja secara maksimal di pemerintahan khususnya bidang kelautan dan perikanan.
4.       Karena ketekunannya Susi menerima banyak penghargaan. Pada tahun2004 Susi mendapat penghargaan sebagai Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat. Susi juga pernah mendapat penghargaan sebagai Young Entrepreneur Of The Year dari Ernst And Young Indonesia tahun 2005. Dan pada 16 September 2016  Susi mendapat penghargaan sebagai Leaders For A Living Planet Award dari WWF,atas perannya dalam memajukan pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan,pelestarian Alam laut dan pemberantasan pencurian ikan.
5.       Untuk menjadi Susi yang seperti sekarang tidak mudah banyak rintangan yang ia hadapi. Pada saat ia menjadi pengepul ikan Susi harus membawa lobster hidup ke Jakarta untuk di ekspor keluar negeri namun lobster harus dalam keadaan segar. Akhirnya Susi nekat untuk menerbangkan lobster dengan pesawat kecilnya.
6.       Dalam kerja keras Susi ,ia berhasil menunjukkan bahwa sekolah sampai kelas 2 SMA saja tidak dapat merusak masa depan atau impiannya. Susi berhasil mempunyai bisnis yang besar serta banyak penghargaan-penghargaan yang di terima Susi karena keja keras dan ketekunannya. Susi merupakan tokoh yang layak menjadi teladan karena sikap sosial Susi. Dan Susi merupakan orang yang selalu fokus dan bekerja maksimal dalam bidangnya.


Daftar Pustaka
- Http://id.m.wikipedia.org/wiki/susi_pudjiastuti
- Http://www.Biografiku.com/2014/12/biografi-dari-susi-pudjiastuti.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar