Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Meghan Elizabeth Trainor : “Penyanyi Multitalenta Dari Amerika Serikat”



Disusun oleh : Sekar Harum Wulandari




1. Meghan Elizabeth Trainor atau yang akrab dipanggil Meghan Trainor adalah penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Meghan Trainor lahir pada 22 Desember 1993 di Nantucket, Massachussetts, Amerika Serikat. Trainor dibesarkan di pulau Nantucket. Ketika Trainor berada di kelas delapan, keluarganya meninggalkan Nantucket. Trainor dan keluarganya sementara pindah ke Orleans, Massachusetts dan kemudian menetap di North Eastham, Massachusetts. Trainor adalah artis multitalenta ia dapat menyanyi, bermain gitar, bermain piano, terompet dan ukulele.

2. Ayah Trainor bernama Gary Trainor dan ibunyabernama Kelli Anne. Ayahnya mengajar musik selama delapan tahun dan memainkan organ di Gereja Methodist. Dia memiliki dua saudara laki-laki, Ryan Trainor dan Justin Trainor. Ketika berumur sebelas tahun, Trainor mengatakan kepada ayahnya bahwa ia ingin menjadi artis rekaman. Penampila pertamanya tahun 2004 dengan memainkan lagu “Heart and soul” di piano. Sejak saat itu ia mulai tampil di semua acara pertunangan dengan anggota keluarganya. Mereka menampilkan musik yang terinspirasi oleh Soca di bar-bar Nantucket.

3. Trainor pernah belajar di Nauset Regional High School. Bermain bersama anggota NRBQ Johnny dan Joey Spampinato, Trainor mengembangkan keterampilan musik dan mengambil pelajaran gitar dari Spampinato. Trainor adalah anggota Jazz selama tiga tahun ketika SMA dan bekerja secara independen di studio rumahnya.

4. Trainor menulis lagu pertamanya ketika usia 13 tahun yang berjudul “Give Me a Chance”. Ayahnya Trainor membentunya belajar gitar dan mendorongnya untuk mengeksplorasi berbagai genre musik. Ketika Trainor berusia 15 tahun, Trainor terdaftar di Summer Perfirmance Program tahun 2009 di Berklee Collage of Music, ia mencapai final program kompetisi menulis lagi. Trainor memproduksi album pertamanya yang dirilis sendiri pada 25 Desember menggunakan Garage Band. Album Trainor yang dirilis sendiri ini diikuti oleh dua album akustik pada tahun 2011, I’ll Sing With You and Only 17. Tiga album itu semuanya dirilis sendiri. Trainor berkolaborasi dengan ayahnya pada tiga lagu jazz di Only 17.

5. Sepanjang 2010 dan 2011, Trainor berpartisipasi dalam kontes menulis lagu diseluruh Amerika Serikat Only 17 diserahkan kepada anggota NRBQ Al Anderson di pameran penulis lagu di Durango. Anderson menyerahkan album itu untuk Carla Wallace dari big Yellow Dog Music, yang menawarkan Trainor kontrak. Setelah kesepakatan dia dengan Big Yellow Dog, Trainor berjuang sebagai penulis lagu, karena tidak ada orang di Los angeles tertarik bekerja sama dengannya. Dia memutuskan untuk pindah ke Nashville, Tennesse, Pada bulan November 2013. Pada tahun 2014, ia meraih royalti pertama sebagai penulis lagu dengan menulis untuk artis rekaman dari Italia dan Denmark, kemudian menulis lagu untuk Sabrina Carpenter, Rascal Flatts, Hunter Hayes dan R5.

6. Sony Music Entertainment meminta agar penerbit Trainor saat ini, Big Yellow Dog Music, menarik tiga album Trainor yang dirilis sendiri dari peredaran dalam mempromosikan album debut labelnya, Title. Akibatnya, Title diakui sebagai album debut studio Trainor. Album itu dijadikan sebagai pengganti album penuh dari Epnya dengan judul yang sama dan dirilis pada 9 Januari 2015. Album ini debut di puncak Billboard 200.

7. Pada tanggal 3 Maret, Trainor merilis single ketiga dari album tersebut berjudul “Dear Future Husband”. Trainor berduet dengan Charlie Puth di single pertama Charlie Puth berjudul “Marvin Gaye” yang juga rilis pada Maret 2015. Single Trainor berikutnya, “Like I’m Gonna Lose You’ berduet dengan John Legend, menjadi nomor satu keduanya di Australian Singles Chart. Tur konser pertama Trainor, That Bass Tour, mulai pada tanggal 11 Februari 2015, band Australia Sheppard sebagai pembuka. Album ini akan lebih dipromosikan melalui MTrain Tour, dengan Charlie Puth dan Life Of Dillon sebagai pembuka. Turnya dimulai pada tanggal 3 Juli 2015.

8. Pada tahun 2014 Trainor masuk ke beberapa nominasi penghargaan dari American Music Award sebagai “New Artist of The Years” dan MTV Europe Music sebagai “Best Song With a Social Message”. Pada 2015 ia mendapat Penghargaan dari Billboard Music Award sebagai “Top Hot 100 Song”, “Top Digital Song” dan “Top Streaming Video” dengan lagu “All About That Bass”.

9. Trainor tampil di Philadelphia di the Jingle Ball Tour 2014. Kadish dan Trainor ikut menulis “All About That Bass” pada tahun 2014. Setelah berbagai label rekaman dan artis rekaman, termasuk Beyonce dan Adele menolak untuk merekam lagu tersebut, Trainor merekam lagu itu sendiri dan menampilkan ukulele untuk ketua Epic Records LA Reid. Trainor mempekerjakan Troy Carter sebagai manajernya. “All About That Bass” mencapai nomor satu di 58 negara dan menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa, dengan penjualan di seluruh dunia lebih dari enam juta kopi pada Desember 2014. “All About That Bass” mendahului debut extended play (EP) Trainor, Tittle, dirilis pada tanggal 9 September 2014. EP ini seluruhnya dikomposisikan oleh Trainor dan Kadish dan memuncak di nomor 15 di Billboard 200 dan nomor 17 di Canadian Albums Chart. Ibu Meghan saat diwawancarai Time mengatakan awanya dia pikir lagu ini sangat mengesalkan dan mengganggu tapi akhirnya karena sering didengar diradio dia bisa menyukainya.

10 . Meghan Elizabeth Trainor memiliki sifat pekerja keras yang luar biasa. Ia meniti karirnya sejak kecil. Meskipun lagunya pernah ditolak, dia tidak berputus asa dan mencoba membuat kesuksesannya sendiri. Sifatnya patut kita contoh, bahwa ketika kita gagal jangan takut untuk mencoba lagi.

Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Meghan_Trainor
http://www.billboard.com/artist/6155878/meghan-trainor/biography

Tidak ada komentar:

Posting Komentar