Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Park Shin Hye: Ratu Drama Multitalenta


Disusun oleh Verrin


     1.      Park Shin Hye lahir pada 18 Februari 1990 di Gwangjung, Jeollanam do, Korea Selatan. Park Shin Hye memulai awal kariernya saat usianya masih belia yakni pada waktu masih duduk di kelas 6 SD. Park Shin Hye mengungkapkan bahwa sejak rumahnya dirampok saat masa kecilnya, ia memiliki impian menjadi seorang perwira polisi untuk memberikan keadilan bagi semua orang. Namun, berawal dari keikutsertaanya dalam sebuah audisi video klip Ggot (Flower) dari Dream Factory, sejak saat itulah Park Shin Hye mulai menekuni dunia menyanyi sehingga orang pun mengenalnya sebagai seorang penyanyi.

     2.    Ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara, keluarganya terdiri dari ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya yang bernama Park Shin Won. Kakak laki-lakinya adalah musisi band indie sebagai gitaris dan ia juga merupakan komposer lagu.

   3.  Pada saat masih sekolah dasar, ia mengenyam pendidikan di Hakkang Elementary School. Shin Hye tamat SMA disebuah sekolah khusus wanita, Seoul Young Pa Girls High School. Kemudian dia melanjutkan pendidikannya disebuah universitas seni yaitu Chung Ang University (CAU) mengambil jurusan teater dan film, CAU adalah salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Butuh waktu hingga 8 tahun untuk Park Shin Hye mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang teater di Universitas Chung Ang Korea. Dia menerima gelarnya pada tanggal 15 Februari 2016. Ia mendapatkan penghargaan bergelar Lifetime Achievement Awards dari kampusnya karena dianggap berperan mengharumkan nama universitas dan kiprahnya sebagai aktris bertalenta. Kesuksesan karier Park Shin Hye tidak membuat ia melupakan pendidikannya begitu saja, tapi tentu saja hal ini bukanlah hal yang mudah mengingat jadwalnya yang begitu padat, keinginannya untuk tetap mendapatkan pengalaman sekolah sangatlah besar. Dalam sebuah wawancara Shin Hye pernah berkata “Aku ingin pergi ke sekolah dan menjadi normal.”

     4.      Ketika Shin Hye duduk di kelas 6 SD Hakkang Elementary School, dia disarankan untuk mengikuti audisi musik di perusahaan “Dream Factory” oleh guru bahasa inggrisnya di tempat les privatnya. Maka, Shin Hye pergi ke Seoul dan mengikuti audisi perusahaan musik milik Lee Seung Hwan yang bernama “Dream Factory”. Melalui hubunganya dengan Dream Factory, Park Shin Hye mulai menjalankan pelatihan sebagai seorang aktris, penyanyi serta pemain keyboard dan gitar. Pada tahun 2003, Park Shin Hye memulai debutnya sebagai tokoh utama dalam video musik milik Lee Seung Hwan yang berjudul Ggot (Flower). Pada tahun yang sama pula, dia memenangkan audisi untuk peran di serial drama “Stairway To Heaven”. Di serial drama ini, Shin Hye memerankan Han Jung Seo remaja. Drama ini sangat sukses di pasaran dan mendapatkan rating sebesar 40 %.

     5.    Nama Shin Hye mulai dikenal masyarakat ketika ia memerankan peran utama wanita pada serial drama “You’re Beautiful” tahun 2009. Alasan sutradara memilihnya, karena Shin Hye dan Jang Geun Suk lawan mainnya dinilai memiliki karakter yang menyenangkan dan juga sama-sama memiliki bakat dalam bidang menyanyi maupun menari. Drama ini populer di seluruh dunia  dan lagu-lagu yang dinyanyikannya di dalam drama tersebut, membuatnya makin dicintai. Pada tahun 2010, Shin Hye mendapatkan peran di film komedi romantis yang berjudul “Cyrano Agency” sebagai Min Yeoung bersama actor Choi Daniel. Di Korea, film ini merupakan film terlaris ke 8 tahun ini. Pada tahun yang sama pula, Shin Hye mendapatkan peran di seril drama Taiwan yang berjudul “Hayate The Combat Butler” sebagai Xiao Zhi. Pada tahun 2011, Shin Hye bersama dengan Jung Young Hwa bermain di drama “Heartstring” yang tayang ada tanggal 29 Juni. Di sana, Shin Hye berperan sebagai Lee Gyu Won yang merupakan mahasisiwi dari jurusan musik tradisional. Pada tahun 2012, Shin Hye mendapatkan peran di dalam KBS drama spesial musim ke 3 yang berjudul “Don’t Worry I’m A Ghost” yang ditayangkan pada tanggal 15 Juli. Dia mendapatkan peran sebagai hantu yan bernama Kim Yeon Hwa yang dibunuh oleh perampok. Pada tanggal 9 Oktober 2013, ia juga bermain dalam drama korea yang berjudul “The Heirs”. Di drama itu, ia berperan sebagai Cha Eun Shang. Dalam drama tersebut, Shi Hye berpasang dengan Lee Min Ho yang berperan sebagai Kim Tan.

     6.     Pada tahun 2014, Shin Hye berperan sebagai seorang ratu dalam film historis, “The royal Tailor”, bersama Go Soo, Han Suk Kyu, dan Yoo Yeon Seok. Lalu, tanggal 4 September 2014, ia dipastikan menjadi bintan utama dalam serial telivisi SBS Pinocchio bersama actor Lee Jong Suk. Drama ini menggambarkan pencarian keadilan oleh sejumlah reporter muda. Shin Hye berperan sebagai Choi In ha, yang mengidap “Pinocchio Complex”. Pada tahun 2016, dia memerankan sebuah drama yang bejudul “Doctor’s” dan berperan sebagai Yoo Hye Jung yang memiliki masa lalu kelam. Tanggal 24 November 2016 dirilis sebuah film berjudul “Hyung”, Shin hye berperan sebagai Lee Soo Hyun.

   7.   Park Shin Hye banyak meraih penghargaan. Pada tahun 2003, dia mendapat penghargaan SBS Drama Awards: Child Actress Award (Stairway to Heaven). Pada tahun 2007, MBC Entertainment Awards: Best Newcomer in Show/variety (Fantastic Partner), MBC Drama Awards: Best New Actress (Kimcheed Radish Cubes). Pada tahun 2009, SBS Drama Awards: New Star Award (You’re Beautiful). Pada tahun 2011, 47th Baeksang Arts Awards: Most Popular Actress (Cyrano Agency), LETV Movies&TV Series Awards (China): Female Popularity award. Pada tahun 2012, 48th Baeksang Arts Awards: Most Poplar Actress (Heartstrings), KBS Drama Awards: Best Actress in a One-act Special (Don’t Worry, I’m a Ghost). Pada tahun 2013, 49th Baeksang Arts Awards Punchon Film Fest: Most Popular Actress (Film) (Miracle in Cell No. 7), 17th Puchon International Fantastic Film Festival: Fantasia Award (Miracle in Cell no.7), The 33rd Film Critics Association Awards: Best Supporting Actress (Film) (Miracle in Cell No.7), Puchon Film Festival: Popularity Award (Film) (Miracle in a Cell No. 7), Anhui TV drama Awards (China): Popular Foreign Actress (The Heirs), SBS Drama Awards: Female Excellence-Mid Length Drama (The Heirs), SBS Drama Awards: Teen Star Award (The Heirs), SBS Drama Awards: Best Couple with Lee Min Ho (The Heirs). Pada tahun 2014, K-Star Awards: Popularity award (The Heirs), 50th Baeksang art Awards: Most Popular actress-TV (The Heirs), 2nd Asia Rainbow TV Awards: Outstanding Leading Actress (The Heirs), 3rd APAN Star Awards: Excellence Award-Actress in Miniseries (The Heirs), SBS Drama Awards: Top Excellence Actress-Drama Special (Pinocchio), SBS Drama Awards: Ten Star Award (Pinocchio), SBS Drama Awads: Best Couple with Lee Jong Suk (Pinocchio). Pada tahun 2015, 51st Baeksang Art Awards: Most Popular Actress-Film (The Royal Trailor), 51st Baeksang Art Awards: iQiyi Star Award, 6th Korean Popular Culture&Arts Awards: Prime Minister Award.

     8  .    Park Shin Hye layak dijadikan idola karena bakatnya dalam drama maupun film sangat tidak diragukan lagi. Selain itu, ia juga memiliki banyak talenta. Ia dapat menari, menyanyi bahkan ia juga merupakan model. Berbagai penghargaan juga banyak didapatkannya.

Sumber:

diakses pada 28 November 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar