Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 02 Desember 2016

Muhammad Tulus Rusydi : Arsitek Bersuara Emas

Disusun oleh: Nur Kirana Putri


1. Muhammad Tulus Rusydi pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat 20 Agustus 1987.Pria ini Berkeyakinan Islam dan  mempunyai darah keturunan Tionghoa, Minangkabau, Melayu. Kini berdomisili di Bandung.
2. Tulus berprofesi sebagai  penyanyi dan pencipta lagu merupakan adik  Riri Muktamar yaitu produser eksekutifnya. Lahir di Bukittinggi namun semenjak kuliah berdomisili di Bandung. Sejak kecil Tulus hobinya menyanyi dan bermusik.Tulus kekasih dari Sherina Munaf dan dikabarkan akan segera menikah.
3. Pria asal Bukittinggi ini merupakan mahasiswa Universitas Katolik Parahiyangan Bandung. Menekuni jurusan arsitek. Studinya dalam bidang arsitektur diraih pasca ia menamatkan S1 nya di Universitas Katolik Parahiyangan Bandung.
4. Ketika 28 September 2011, Tulus memulai debutnya sebagai pencipta lagu dan mengambil peranan sebagi seorang composer sekaligus koproduser pada albumnya tersebut. Berawal dari bernanyi di klub – klub jazz dan acara pensi sewaktu dia kuliah. Walaupun dia lulusan arsitek dia lebih memilih bermusik yang merupakan hobinya. Karena kegemarannya bermusik sewaktu kuliah Tulus sering menulis lirik – lirik lagu kemudian mengaransemennya.Perusahaan rekamannya yaitu TULUS.co dan Demajors.Situs resminya http://situstulus.com.
5. Sederet lagu yang telah ia ciptakan pada masa itu yaitu Sewindu, Teman Hidup, Tuan Nona Kesepian , Kisah Sebentar, dan Jatuh Cinta. Lagu – lagu tersebut dalm jangka waktu lama telah merajai chart teratas di radio – radio di Indonesia. Sebuah majal menobatkan Tulus sebagai Rookie Of The Year di tahun 2013. Album perdananya juga pernah menempati peringkat pertama pada chart Rolling Stone. Singlenya yang berjudul Teman Hidup pernah menjadi peringkat pertama pada deretan K- 20. Pada thun 2014 meluncur sebuah single Sepatu dan menduduki chart favorit di i Tunes Indonesia. Sederet penghargaan nominasi pernah ia raih diantaranya yakni sebuah nominasi Rookie Of The Year 2014, penghargaan Net One Indonesia Choice Award dalam nominasi Song Of The Year Album Of The Year. Penghargaan lainnya ia dapatkan dari Anugerah Planet Musik Singapura, Hai Magazine , Majalah Tempo , Dahsyatnya Award , Nickelodeon Indonesia Kids Choice Award, Anugerah Musik Indonesia juga tahun 2015. Tulus merabah ke Internasional,  di penghujung 2016 Tulus sedang terbang ke Hamamastu Jepang, untuk bernyanyi di acara bertaraf Internasional.
6. Perjalanan hidup Tulus tentu tak selalu berjalan mulus, pernah pengalaman hidup Tulus yang ia tuliskan menjadi lagu berjudul “Gajah”. Lagu Gajah bercerita tentang kisah bagaimana ia berusaha melihathal baik dari masa kecilnya yang kurang menyenangkan tingginya 187 cm , tambun , tak jago olahraga dan tak cemerlang di kelas. Teman – teman nya kerap memangilnya dengan sebutan beruang, sapi atau gajah. Ia selalu berusaha lebih untuk mendapatkan rasa percaya diri . Rasa minder itu hanya bisa di atasi dengan melakukan apayang dia sukai dan munculah lagu Gajah.
7. Tulus pemusik multitalent yang dapat menciptakan karya – karya emas yang selalu berkualitas. Pemusik Indonesia yang memiliki cita rasa music yang segar dengan lirik – lirik dan aransemen yang tidak biasa. Lirik yang merupakan kosa kata yang baru kita kenal dan aransemen yang berkualitas.


Daftar Pustaka

https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Tulus 
http://biodatanet.com/profil-biodata-tulus-penyanyi-jazz-asal-bandung/
http://www.lihat.co.id/biodata/tulus.html
http://www.wowkeren.com/seleb/tulus/profil.html
www.kaskus.co.id/thread/53628229a907e76d7f8b45b1/profil--tul...


1 komentar:

  1. Maaf., Cuman mau koreksi aja, tulus itu gk ada berasal dari keturunan tionghoa atau pun melayu. Tulus itu keturunan minangkabau asli. Gk ada campurannya.

    BalasHapus