Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 02 Desember 2016

Ricky Harun - Papa Muda Ganteng


Disusun oleh : Risca Chahyani


1.    Ricky Harun adalah seorang aktor Indonesia yang lahir pada tanggal 12 Januari 1987 di Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan putra sulung dari pasangan seorang model Donna Harun dan suami pertamanya Ardy Gustav. Selain seorang aktor Ricky Harun juga merupakan seorang DJ, model, dan pembawa acara.

2.    Ricky Harun lahir dengan nama lengkap Ricky Chilnady Pratama Harun, yang sekarang dirinya dikenal dengan nama Ricky Harun saja. Ibu dari Ricky Harun telah menikah kembali dengan Hendra Rahtomo anak dari Rachmawati Soekarnoputri, yang menjadikan Ricky Harun sebagai Cicit Soekarno. Dan Ricky Harun adalah kakak tiri dari Jeje Soekarno yang juga pernah bermain film lebar bersama ibunya Donna Harun di film langit biru. Sejak Ricky Harun masih kecil ia sering sekali melihat ayah tirinya yaitu Hendra Rahmoto memainkan musik DJ, dan karena itulah Ricky Harun hobi nge-DJ. Ia mulai nge-DJ sejak masih duduk di bangku SMA, namun ia berhenti bermain DJ sejak menikah dengan Herfiza Novianti. Sebelum menikah dengan Herfiza Novianti, Ricky Harun telah berpacaran dengan banyak orang, wajar saja ia mempunyai wajah ganteng, dan lucu pasti tidak ada wanita yang akan menolaknya. Ricky harun pernah berpacaran dengan Chelsea Olivia, namun pacarannya tak lama mereka putus secara baik-baik. Setelah dikabarkan putus dengan Chelsea Ricky Harun dekat dengan anak Sophia Latjuba yaitu Eva Celia Latjuba, namun kabar selanjutnya mengatakan kalau Ricky Harun telah berpacaran dengan Sheila Marcia. Namun sepertinya Ricky Harun dengan Sheila Marcia sudah tidak cocok dari awal, hingga akhirnya mereka putus juga. Lalu menjalin hubungan dengan Dinda Kanya Dewi. Ia sempat juga berpacaran singkat dengan lawan mainnya di sinetron Biang Kerok, yaitu Nina Zatulini, hubungan mereka tak tahan lama. Sampai akhirnya ia menambatkan pilihan hatinya yang terakhir kepada Herfiza Novianti. Mereka menikah pada tanggal 15 Juni 2015 di Jakarta, dan kemudian pada tanggal 30 Oktober 2013 Mereka di karunia seorang anak yang diberi nama Mikaila Akyza Pratama. Pada tanggal 9 Maret 2016 tepat saat gerhana matahari, Ricky Harun dan Herfiza Novianti mendapatkan seorang anak kembali dan di beri nama Athaya Akyza Pratama.

3.    Ricky Harun pernah bersekolah di TK Kicau Bintaro, lalu SD di SD Pembangunan Jaya Bintaro, setelah itu SMP di SMP 68, kemudian SMA di SMA Bakti Mulya 400, lalu lanjut kuliah di sebuah Universitas dengan mengambil jurusan manajemen. Namun karena kesibukannya di dunia seni peran dan tidak pandai membagi waktu antara profesi dan sekolah akhirnya ia memutuskan untuk berhenti kuliah. Meskipun begitu, tetapi Ricky Harun mengaku tetap berkeinginan kuat untuk meraih gelar sarjana suatu saat nanti.

4.    Awal perjalanan karir Ricky Harun di mulai sejak tahun 2004 dengan membintangi sebuah sinetron. Setelah projek pertamanya selesai ternyata Ricky Harun ketagihan berkarir di industri seni peran. Tidak lama setelah itu beberapa judul sinetron berhasil ia bintangi serta beberapa Film dan Ftv pun tak luput nama Ricky Harun tertulis sebagai salah satu pemerannya

5.    Sejak kecil Ricky Harun telah akrab dengan dunia hiburan, karena ibunya adalah seorang model senior yang cukup terkenal. Meski awalnya tidak ingin terjun ke dunia yang sama, dan ternyata ia ketagihan berakting setelah mencicipi bermain dalam sinetron pinokio dan peri biru pada tahun 2005. Ricky Harun mulai menikmati berakting, dirinya mulai suka dengan dunia akting. Ricky Harun mulai mencoba berakting dalam film, film pertamanya yaitu film yang berjudul Rumah Pondok Indah yang release pada tahun 2006. Kemudian tahun 2007 ia bermain lagi dalam film horor yang di sutradarai oleh Jose Purnomo yang berjudul Pulau Hantu.

6.    Ricky Harun menjadi sangat terkenal dan mendapatkan fans yang sangat banyak setelah ia membintangi sinetron SCTV yang berjudul Ganteng Ganteng Serigala, fansnya biasaa di sebut dengan Kiruners. Fansnya pun selalu menunggu akting Ricky Harun selanjutnya, yang membuat sinetron yang di bintanginya ini mendapatkan ratting yang bagus, seperti sinetron Pangeran yang tayang pada tahun 2015. Sekarang sinetron Pangeran dibuat kembali dengan judul Pangeran 2, walaupun dengan adanya embel-embel 2 sinetron Pangeran ini tidak ada hubungannya dengan sinetron sebelumnnya. Sinetron ini membuat cerita baru yang mirip dengan cerita sebelumnya, yang tentunya pemeran utamanya masih tetap Ricky Harun yang memerankan tokoh Pangeran.

7.    Hingga saat ini sudah bermain peran dari 17 film layar lebar, 14 sinetron, dan 45 ftv. Konsistennya dalam dunia berakting pun menjadikan Ricky sebagai salah satu aktor dengan bayaran termahal dan juga membuat ia meraih penghargaan. Dan setelah 11 tahun berharap, kini akhirnya Ricky Harun berhasil meraih penghargaan dengan gelar Aktor Utama Paling Ngetop di SCTV Awards 2015, Infortament Awards 2015 dengan gelar Sexiest dad, dan infotaiment Awards 2016 dengan gelar Gorgeouse dad. Sudah berapa kali salah satu pemeran Pangeran ini masuk dalam nominasi Awards, akhirnya ia dapat diberikan kepercayaan besar oleh para penggemarnya.

8.    Ricky Harun ini adalah sosok seorang aktor yang mempunyai semangat tinggi. Aktingnya dalam dunia peran sudah tidak di ragukan lagi, karena sudah banyak sinetron yang dibintanginya berhasil mencapai rating tertinggi. Meskipun ia sudah menikah di usia muda tetapi ia mempunya sifat dewasa dan ia mampu menjadi seorang ayah yang baik bagi anak-anaknya. Oleh karena itu sosok Ricky Harun layak untuk di jadikan sebagai tokoh idola inspiratif.




Daftar pustaka



Di akses pada 28 November 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar