Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

REZA RAHADIAN: AKTOR INSPIRASI



Disusun oleh Tiara Putri







  1. Reza Rahadian Matulessy, lahir pada tanggal 5 Maret 1987 di Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Anak dari pasangan bapak Rahim dan ibu Pratiwi Widantini Matulessy, nama Rahadian adalah gabungan dari nama orangtuanya yang artinya anak buah hati dari Rahim dan Pratiwi, sedangkan Matulessy adalah nama keluarga sang ibu. Masa kecilnya di habiskan di 3 kota. Bersama Ibunya, ia tinggal di rumah nenek di bilangan Gadog Bogor. 
  2. jika dilihat ia juga memiliki darah keturunan Maluku yaitu marga Matulessy. Orangtuanya telah berpisah sejak ia menginjak usia 6 bulan. Kendati tumbuh sejak kecil bersama Ibu yang menjadi orangtua tunggal, ia tak pernah merasa kehilangan figur Ayah. 
  3. Lebih dari 3.500 pelamar yang berasal dari sekitar 140 negara bertarung untuk terpilih menjadi salah satu dari 300 orang yang berhak mengikuti Berlinale Talents 2016. Satu hal ynag membanggakan untuk bisa datang ke Berlin mengikuti program pendidikan singkat yang digelar saat Festival Film Internasional Berlinale. Dan inilah yang dirasakan oleh Reza Rahadian. 
  4. Reza memulai awal karier di dunia hiburan dengan menjadi seorang model. Sebelumnya, Reza berhasil meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! tahun 2004. Reza mengawali karier aktingnya di sinetron, seperti di antaranya "Culunnya Pacarku", produksi Rapi Films pada tahun 2005 silam. Kesempatan yang datang tersebut dimanfaatkan Reza dengan sebaik-baiknya. Ia berusaha mengerahkan seluruh kemampuan akting yang ia miliki. Terbukti, ia kembali dipercaya pihak Rapi Films untuk bermain dalam sinetron produksi mereka berikutnya salah satunya sinetron Inikah Rasanya, Mutiara Hati, Cinta SMU 2, ABG dan Aku Hamil. Dari sinetron, Reza pun mulai mendapat beberapa tawaran bermain di film layar lebar. 
  5. Karier dari Reza semakin menanjak dengan bermain dalam film layar lebar Film Horor. Lewat film Perempuan Berkalung Sorban, ia meraih Piala Citra 2009 untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Pada tahun berikutnya, ia juga meraih Piala Citra untuk kategori pemeran Utama Pria Terbaik lewat film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta.[1] Pada tahun 2013, Reza berhasil meraih Piala Layar Emas IMA untuk kategori Pemeran Utama Pria Terfavorit difilm Habibie & Ainun.[2] 
  6. Reza sudah memenangkan Dua penghargaan FFI dan Satu penghargaan IMA Indonesian Movie Awards, satu untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk film Perempuan Berkalung Sorban, Satu lagi untuk Aktor Terbaik untuk film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. dan Satu lagi untuk Penghargaan IMA untuk Pemeran Utama Pria Terfavorit untuk film Habibie & Ainun.[2] 
  7. Sejak aktif pada tahun 2004 sampai sekarang, sudah banyak penghargaan bergengsi yang sudah diraih oleh artis Reza Rahadian, antara lain :
  • Tahun 2009 – Sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik ( Piala Citra 2009 )
  • Tahun 2010 – Sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik ( Piala Citra 2010 )
  • Tahun 2010 – Sebagai Pemeran Pria Terpuji ( Festval Film Bandung )
  • Tahun 2013 – Sebagai Pemeran Utama Pria Terfavorit ( Piala Layar Emas IMA )
  • Tahun 2013 – Sebagai Pemeran Pria Terpuji ( Festival Film Bandung )
  • Tahun 2014 – Juara Favorite Top Guest ( fersi Majalah Aneka Yess)                Permsalahan yang pernah dihadapi oleh reza pada saat itu adalah ketika ia masih kecil dan saat usia belia, ia banyak sekakli menanggung beban yang seharusnya tidak diterima oleh anak berusia seperti reza saat itu, semua terjadi karena Reza hanya tinggal bersama Ibunya.
Diambil dari 3 sumber yaitu:
1.    Biografiku.com
2.    Wikipedia.com
3.    Rappler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar