Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

ADIPATI DOLKEN : Aktor Yang Berprestasi


Disusun oleh : Ridha Reviana A


1.   Adipati Dolken yang bernama asli Adipati Koesmadji ini lahir pada tanggal 19 Agustus 1991 di Bandung. Adipati adalah aktor dari Indonesia. Adipati Koesmadji mulai dikenal sejak berperan sebagai Virgo dalam sinteron kepompong yang tayang di SCTV. Nama Adipati didapatkan saat Adi mulai terjun ke dunia akting. Akhiran nama Dolken diberikan oleh Manajemen artis tempat ia bernaung. Dolken adalah nama kayu yang berasal dari Belanda. Adipati juga tidak memberikan namanya tersebut dengan asal-asalan.
2.    Semenjak Adipati menjadi aktor ia sangat jarang bertemu dengan keluarganya. Ia hanya bertemu di waktu yang tertentu. Tetapi meski begitu ia menyempatkan untuk berjumpa dan berkumpul bersama keluarganya. Seperti pada momen lebaran, Adipati bertemu dengan ayahnya dan kakak-kakaknya. Sedangkan ibunya berada di Mesir jadi jika ia ingin bertemu dengan ibunya ia hanya bercakap-cakap lewat telepon. Adipati juga mempunyai kakak tiri yang selama ini selalu mendukung karirnya, ia bernama Nina. Menurut Adipati, Nina adalah orang yang pengertian maka dari itu ia senang jika bercerita dengan kakaknya. Bagi Adipati, bertemu ayahnya dan bercakap lewat telepon dengan ibunya sudah membuatnya cukup bersyukur.
3.    Adipati Dolken lebih memfokuskan dunia perfilman yang telah membesarkan namanya daripada dunia pendidikan. Tetapi meski begitu, ia tidak akan main-main jika ingin berkuliah dan ia ingin mengambil kuliah di jurusan IT komputer dan berkuliah di luar negeri.
4.    Adipati Dolken mengawali karirnya sebagai seorang aktor dengan terjun di dunia casting pada saat ia berusia 16 tahun. Walaupun sebenarnya ia tidak suka dan lebih memilih untuk menjadi pesepak bola tetapi akhirnya ia menyetujuinya karena kakaknya mengiming-imingi dengan tambahan uang jajan untuknya. Adipati menjalani dunia casting selama 2 bulan untuk menjadi seorang aktor.
5.    Pada saat Adipati berumur 17 tahun barulah ia benar-benar memulai karirnya, Adipati akhirnya mendapatkan peran di salah satu sinetron yang berjudul “Kepompong” sebagai Virgo, ketua OSIS yang cool pada tahun 2008. Berkat sinetron “Kepompong” itu akhirnya ia berhasil jadi pendatang baru favorit.
6.    Akhirnya nama Adipati makin melambung, Adi banyak sekali mendapat tawaran sebagai pemain sinetron bahkan pemain film. Pada tahun 2009 Adi bermain dalam sinetron stripping “Cinta Puteri” dan “Kejora dan Bintang”. Lalu Adi juga bermain sinetron yang berjudul “Beliau Jantung Hatiku” (2010), “Aliya” (2011), “Cahaya dan Gemilang” (2012), Adi juga mendapatkan peran mutlak pada sinetron “Heart Series 2” (2012) bersama Yuki Kato, “Get Married The Series 2”, “Jangan Mau Mau” dan “Alphabet” pada tahun 2016.
7.    Pada tahun 2012, Adipati yang merupakan penggemar game online ini pernah menjadi sorotan media massa akibat kasus foto nakal bersama model Chika Kinsky. Adi dan Chika memang pernah berpacaran selama 3 tahun. Dan kini hubungan mereka telah kandas. Walau begitu, Adipati kerap diberitakan mengalami cinta lokasi dengan lawan mainnya seperti Maudy Ayunda dan Eva Celia.
8.    Walaupun Adi pernah menjadi sorotan media massa karena kasus foto nakal tetapi nama Adipati semakin melambung karena Adi berhasil menggebrak dunia seni peran dengan aktingnya di beberapa film. Film yang pernah Adi bintangi antara lain, “Puith Abu-Abu” (2009), “Pocong Keliling” (2010), “18+ True Love Never Dies” (2010), “Perahu Kertas”, “Perahu Kertas 2” (2012), “Malaikat Tanpa Sayap” (2012), “Adriana” (2013), “Operation Wedding” (2013), “Aku, Kau dan KUA” (2014), “Marmut Merah Jambu” (2014), “Jendral Soedirman” (2015) dan masih banyak lagi. Adipati termasuk salah satu aktor berbakat diumurnya yang masih muda. Kebanyakan dari film yang Adipati bintangi, hampir semua filmnya sangat terkenal dan membuat namanya makin melambung terutama di dunia kaum hawa yang sangat banyak mengidolakannya.
9.    Selain bermain film dan sinetron stripping, Adipati juga bermain dalam dunia FTV, FTV yang Adi mainkan juga cukup banyak yaitu, Lucky 18x, Guru Gue Jago Kung fu, Cinta Lompat Tembok, Upik Abu Cinderella, Den Bagus, 22 Hari Mengerjar Cinta Seleb, Ada Cinta Diatas Bakwan, dan Ketika Rama Ketemu Sinta. Dengan bermain FTV, membuat kiprah Adi di dunia seni peran semakin melambung tinggi.  
10. Di usianya yang masih terbilang muda nama Adipati Dolken telah melambung tinggi dengan segudang prestasi. Pada tahun 2013, Adipati mendapatkan penghargaan Pemeran Pendukung Pria Terbaik FFI berkat filnya yang berjudul “Sang Kiai”, Selebriti Pria Paling Memikat Infotaiment Award 2014, Aktor Favorit Indonesia Kids Choice Award 2014. Ia juga mendapatkan Asia New Star Model Award dalam ajang Asia Festival Model Award pada tahun 2014 yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan. Berkat prestasi yang telah Adipati raih Adi semakin populer dikalangan masyarakat.
11. Adipati adalah aktor yang sangat berbakat maka dari itu ia pantas untuk diidolakan. Adipati adalah sosok yang baik di mata para fans, Adi jarang menolak jika diminta foto para fansnya. Para fans Adiati kebanyakan adalah para remaja. Maka dari itu, banyak fans Adipati yang selalu menunggu kabar dari sang aktor melalui akun social media dari Adipati seperti Instagram, Twitter. 

Daftar Pustaka :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar